YoWhatsapp

YoWhatsapp – Di dunia digital yang serba canggih seperti sekarang ini, segala jenis aktivitas sudah dapat dilakukan dengan mudah termasuk komunikasi. Kini kegiatan komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa terbatas ruang dan waktu, karena pengguna sudah dapat menjalin komunikasi dengan pengguna lainnya di belahan dunia yang berbeda melalui aplikasi perpesanan yang terhubung dengan internet. Salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer serta banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia adalah Whatsapp (WA).

Sejak tahun 2014, Whatsapp akhirnya berhasil diakuisisi oleh Facebook (sekarang dikenal sebagai Meta Platforms). Secara umum, aplikasi perpesanan yang satu ini dikenal sebagai sebuah aplikasi perpesanan yang menyediakan banyak sekali fitur. Untuk versi resminya, aplikasi WA terdiri dari 2 jenis aplikasi yang dibedakan berdasarkan fokus kegunaannya, yakni Whatsapp reguler dan Whatsapp Business. Sesuai dengan namanya, aplikasi Whatsapp versi reguler memang berfokus pada penggunaan komunikasi reguler sehari-hari, sedangkan Whatsapp versi business berfokus pada kegiatan bisnis untuk para penggunanya.

Meski versi resmi Whatsapp hanya terdiri dari 2 jenis, namun nyatanya saat ini sudah ada banyak ratusan versi lainnya yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Ragam versi WA lainnya ini kerap dikenal dengan julukan Whatsapp Mod (modification) dan menawarkan berbagai macam fitur lengkap serta tampilan menarik yang tidak bisa didapatkan melalui versi originalnya. Oleh sebab itu, versi modifikasi dari WA ini tidak dapat ditemukan melalui layanan distribusi digital resmi (Google Play Store atau App Store) melainkan hanya melalui situs tertentu saja. Selain itu, pembaruan berkala untuk WA versi mod juga hanya dapat dilakukan secara manual melalui situs yang tersedia.

Salah satu versi Whatsapp Mod yang paling populer saat ini adalah YoWhatsapp. Sebenarnya, sudah banyak orang yang pernah mendengar tentang versi mod yang satu ini, namun belum mengetahui seluk beluk lengkap mengenai YoWhatsapp. Oleh karena itu, yuk kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Aplikasi YoWhatsapp

YoWhatsapp merupakan sebuah mod dari Whatsapp yang dikembangkan oleh seorang programmer bernama Yousef Al Basha. Aplikasi yang satu ini merupakan mod atau bentuk modifikasi dari aplikasi WA versi asli dengan tambahan berbagai macam fitur menarik yang tidak terdapat pada versi aslinya. Dalam perkembangannya, Yousef Al Basha menyerahkan proyek mod ini ke programmer lainnya bernama Fouad Mokdad sehingga hasil modifikasinya dikenal dengan nama FouadYoWa.

Fitur YoWhatsapp

Fitur YoWhatsapp

Soal fitur, aplikasi YoWhatsapp memang sudah tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Justru versi mod Whatsapp yang satu ini sudah banyak dikenal karena fitur menarik yang sangat lengkap serta jarang ditemukan di versi mod lainnya. Seperti apakah fitur-fitur menarik yang ditawarkannya? Berikut telah kami sajikan ulasan lengkap mengenai fitur YoWhatsapp:

1. Mengirimkan file berukuran besar

Salah satu fitur unggulan yang dihadirkan melalui YoWhatsapp adalah fitur kirim file berukuran besar. Seperti yang kita ketahui, Whatsapp versi resmi (original) memiliki batas ukuran dalam pengiriman file yakni sebesar 15 mb saja. Apabila pengguna hendak mengirimkan file yang ukurannya lebih besar dari itu, maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox. Tentu hal ini cukup menyulitkan terutama bagi pengguna yang sering mengirimkan file berukuran besar seperti video atau dokumen.

Hal inilah yang membuat YoWhatsapp cukup unggul. Pasalnya, melalui modifikasi ini pengguna sudah dapat melakukan transfer file berukuran besar bahkan yang ukurannya mencapai ratusan mb sekalipun. Oleh sebab itu, kini pengguna YoWhatsapp dapat mengirimkan file berukuran besar tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga sehingga dapat dilakukan secara lebih cepat dan mudah.

2. Ragam tema menarik

Mekipun versi original Whatsapp memiliki beragam keunggulan, namun terdapat sebuah kelemahan yang sering kali menjadi fokus perhatian yakni keterbatasan tema. Secara umum, aplikasi Whatsapp versi asli memang memiliki tema yang cukup monoton, sehingga pengguna tidak dapat menggantinya ke tema percakapan yang lebih menarik dan berwarna. Kelemahan yang satu ini mungkin bisa jadi cukup mengganggu terutama bagi para pengguna yang menyukai tampilan aplikasi yang estetik dan fresh.

Oleh sebab itu, YoWhatsapp memberikan jawaban atas permasalahan ini. Melalui mod ini, pengguna sudah dapat menggunakan ragam tema percakapan yang menarik sehingga tidak monoton. Bahkan, pengguna sudah dapat menyesuaikan tema dengan gambar yang diinginkan. Sangat menarik bukan?

3. Media berkualitas HD

Bagi para pengguna aplikasi Whatsapp versi original, pasti menyadari bahwa ketika melakukan kegiatan transfer file media seperti gambar atau video, pasti hasil yang dikirimkan akan berkurang kualitasnya. Hal ini sebenarnya terjadi karena proses kompresi file sehingga ukurannya menjadi tidak terlalu besar. Meskipun demikian, hal ini sangat mempengaruhi kualitas media sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal.

Dengan menggunakan mod YoWhatsapp, pengguna sudah tidak perlu khawatir mengenai kualitas media yang dikirimkan karena sudah dapat melakukan transfer file media berkualitas HD. Hal ini didukung dengan sistem pengiriman file pada YoWhatsapp yang tidak terbatas ukurannya. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan kualitas serta ukuran file media yang akan dikirimkan, yakni kualitas original dan juga HD (High Definitive).

4. Pilihan emoji yang unik dan berbeda

Emoji sendiri merupakan piktogram yang merepresentasikan raut wajah serta simbol-simbol umum lainnya. Biasanya, para pengguna memakai emoji untuk membuat pesan yang dikirimkan menjadi lebih ekspresif, ataupun membantu dalam menggambarkan suatu hal yang sulit untuk diungkapkan menggunakan kata-kata. Saat ini jumlah emoji yang dapat dipakai pada aplikasi Whatsapp versi original memang cukup banyak namun terkesan itu-itu saja karena tidak ada perubahan.

YoWhatsapp menawarkan fitur yang sangat menarik yakni tambahan pilihan emoji yang unik dan berbeda. Bahkan, pilihan emoji ini tak banyak ditemukan melalui mod lainnya. Pengguna juga sudah tidak perlu khawatir karena penerima pesan dapat melihat emoji yang dikirimkan. Fitur yang satu ini tentu membuat pengalaman berbagi pesan menjadi lebih menyenangkan.

yo whatsapp apk

5. Fitur multi akun

Sesuai dengan namanya, fitur yang satu ini memang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa akun Whatsapp yang berbeda hanya melalui satu aplikasi saja. Pada aplikasi WA versi original, setiap pengguna hanya dapat menggunakan 1 akun untuk 1 aplikasi. Hal ini tentu cukup merepotkan terutama bagi pengguna yang memiliki beberapa akun, sehingga ada sebagian orang yang melakukan clone aplikasi WA ataupun terpaksa menggunakan device yang berbeda.

Oleh karena itu, YoWhatsapp menyediakan fitur yang cukup membantu yakni multi account. Kini pengguna sudah tidak perlu lagi repot dalam cloning aplikasi, ataupun menggunakan perangkat yang berbeda karena sudah dapat berganti (switch) akun Whatsapp melalui satu aplikasi saja. Bahkan, pengguna sudah dapat masuk menggunakan beberapa akun sekaligus sehingga sangat efisien.

6. Durasi Whatsapp Status yang lebih panjang

Bagi para pengguna setia aplikasi Whatsapp versi asli, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Whatsapp Status. Ya, fitur yang satu ini sekilas memang mirip dengan Snapchat yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto atau video dalam bentuk story berdurasi singkat. Fitur Whatsapp Status memang sangat cocok terutama bagi pengguna yang gemar membagikan momen keseharian mereka. Namun, fitur ini memiliki kelemahan yakni durasinya yang cukup singkat yakni maksimal 30 detik, sehingga apabila pengguna hendak membagikan status video berdurasi lebih dari itu harus memotongnya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian.

Melalui aplikasi YoWhatsapp, pengguna sudah tidak perlu lagi repot dalam memotong durasi video status yang berdurasi lama. Hal ini terjadi karena mod yang satu ini menetapkan durasi maksimal untuk Whatsapp Status yakni selama 5 menit. Durasi ini tentu cukup panjang, sehingga dapat menampilkan momen dan video menarik secara utuh tanpa dibagi ke dalam potongan yang berbeda.

7. Airplane Mode

Dalam ragam fitur ponsel pintar (smartphone), kita pasti sudah mengenal istilah Airplane Mode, atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai mode pesawat. Fitur yang satu ini dapat digunakan untuk memutus koneksi jaringan keseluruhan ponsel. Hal ini tentu sesuai dengan nama fiturnya, karena pada saat di pesawat pengguna selalu dianjurkan untuk menonaktifkan jaringan ponsel dan hanya melakukan koneksi ke Wifi pesawat jika tersedia.

Fitur Airplane Mode memang tidak tersedia pada aplikasi Whatsapp versi original, sehingga apabila pengguna hendak memutus jaringan pada aplikasi WA harus menggunakan fitur mode pesawat di HP yang akan menonaktifkan jaringan secara keseluruhan. YoWhatsapp menyediakan fitur Airplane Mod yang cukup canggih, di mana pengguna dapat menonaktifkan koneksi hanya pada aplikasi Whatsapp saja. Hal ini tentu sangat membantu terutama ketika pengguna tidak ingin terganggu oleh banyaknya pesan WA yang masuk.

BACA JUGA :  Sound of Text WhatsApp

8. Fitur App Lock

Sesuai dengan namanya, fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk memasang keamanan berupa kunci pada aplikasi tertentu yang terdapat di ponsel mereka. Biasanya, pengguna dapat memasang fitur app lock ini secara manual melalui aplikasi pihak ketiga ataupun menu setting di HP. Fitur App Lock memang tidak dimiliki oleh aplikasi Whatsapp versi original, sehingga pengguna harus keluar aplikasi terlebih dahulu dan memasangnya melalui aplikasi pihak ketiga ataupun mengaturnya di pengaturan (setting).

Dengan menggunakan mod YoWhatsapp, pengguna sudah tidak perlu repot lagi karena tersedia fitur App Lock bawaan. Melalui fitur ini, pengguna dapat memasang kunci keamanan hanya pada aplikasi Whatsapp saja dengan sangt mudah tanpa harus mengunduh aplikasi yang berbeda ataupun mengaturnya melalui menu setting. Selain itu, fitur ini juga sangat menjamin keamanan dan privasi penggunanya.

mengenal aplikasi yowhatsapp

9. Membuka status yang sudah dihapus oleh pengguna lain

Pada umumnya, di aplikasi Whatsapp original pengguna hanya dapat melihat status dari pengguna lain yang terdapat di feed story ketika status tersebut belum dihapus, atau masih dalam masa 1 hari (24 jam). Apabila status ini sudah terhapus atau melewati masa yang berlaku yakni 1 hari, maka kita tidak akan bisa melihatnya kembali. Satu-satunya cara untuk melihat kembali status yang dibagikan oleh pengguna lain adalah dengan memintanya untuk mengirimkan status tersebut secara langsung melalui chat.

Hal ini memang cukup berbeda pada aplikasi YoWhatsapp, karena pengguna dapat melihat status milik pengguna lain bahkan apabila status tersebut sudah terhapus. Fitur ini memang cukup berguna terutama apabila pengguna hendak melihat status yang sifatnya penting. Selain itu, pengguna juga tidak perlu lagi meminta pengguna lain untuk mengirimkannya secara langsung sehingga lebih mudah dan tidak merepotkan.

10. Menyembunyikan keterangan “sedang mengetik…” atau “typing…”

Pada aplikasi Whatsapp versi asli, kita tentu mengenal akan adanya keterangan “sedang mengetik…” (dalam pengaturan Bahasa Indonesia) atau “typing…” (dalam pengaturan Bahasa Inggris) ketika pengguna lain sedang mengetikkan pesan. Pengguna lain juga dapat melihat keterangan semacam ini ketika kita sedang mengetikkan pesan di chat. Keterangan semacam ini mungkin saja dapat mengganggu bagi sebagian orang terutama ketika hendak mengirimkan pesan yang panjang atau menjaga privasi.

Kini, pengguna sudah tidak perlu khawatir karena pada mod YoWhatsapp terdapat pengaturan untuk menonaktifkan atau menyembunyikan keterangan sedang mengetik. Apabila hendak mengaktifkannya kembali, pengguna hanya perlu mengaturnya melalui menu setting. Fitur semacam ini memang sangat membantu terutama bagi pengguna yang hendak mengirimkan pesan panjang ataupun menjaga privasi.

11. Fitur kirim pesan tanpa simpan kontak

Ketika menggunakan aplikasi Whatsapp versi original, pengguna hanya dapat mengirimkan pesan apabila menyimpan atau save kontak terlebih dahulu. Pengguna bisa saja mengirimkan pesan kepada kontak yang belum tersimpan, misalnya sesama pengguna di grup yang sama. Namun, nama mereka tidak dapat terlihat sebelum kita benar-benar menyimpan kontaknya.

Melalui mod YoWhatsapp, pengguna WA sudah dapat mengirimkan pesan ke pengguna lain tanpa harus menyimpan kontaknya terlebih dahulu. Dalam hal ini, pengguna hanya perlu mengetikkan nomor tujuan yang akan dikirimkan, sama halnya ketika hendak mengirim pesan SMS.

Ragam Perbedaan Whatsapp Versi Original dengan YoWhatsapp

Ragam Perbedaan Whatsapp Versi Original dengan YoWhatsapp

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu terlihat jelas bahwa terdapat beberapa perbedaan antara Whatsapp versi original dengan YoWhatsapp terutama dalam segi fitur. Dari ragam fitur yang ditawarkan, YoWhatsapp memang lebih unggul jika dibandingkan dengan WA versi original karena fiturnya lebih banyak dan variatif. Selain itu, fitur-fitur yang terdapat pada YoWhatsapp juga dihadirkan untuk mengurangi kelemahan pada fitur WA versi aslinya, serta menambahkan beberapa fitur menarik yang tentu sangat membantu.

Perbedaan pertama terletak pada tema chat. Pada WA versi original, pengguna hanya dapat menggunakan theme (tema) yang monoton dan tidak bisa menggantinya ke tema sesuai pilihannya. Namun pada YoWhatsapp tersedia berbagai macam tema yang menarik, serta dapat disesuaikan dengan gambar pilihan pengguna.

Perbedaan kedua terletak pada fitur status di kedua aplikasi. Di WA versi asli, pengguna tidak dapat melakukan repost atau copy status pengguna lainnya. Namun pada YoWhatsapp, pengguna dapat dengan mudah mengcopy status pengguna lain. Perbedaan lainnya yang masih berkaitan dengan status adalah durasi, di mana pada YoWhatsapp maksimal durasi video status sangatlah panjang yakni mencapai 5 menit sehingga video tidak perlu dipotong menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya, terdapat perbedaan yang berkaitan dengan keterangan online, di mana pada YoWhatsapp pengguna bisa memilih keterangan online setiap saat, sehingga tidak hanya terlihat online ketika membuka aplikasi saja. Selain itu, perbedaan juga terdapat pada perpesanan, yakni pada YoWhatsapp pengguna dapat mengirimkan pesan kosong yang tentu cukup menarik. Selain itu, pengguna YoWhatsapp  juga dapat menerapkan fitur anti menghapus chat. Fitur yang satu ini tidak tersedia pada aplikasi Whatsapp versi original.

Pertanyaan seputar YoWhatsapp

Pertanyaan seputar YoWhatsapp

Setelah membaca ulasan di atas, pasti sudah banyak orang yang tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi mod yang satu ini. Namun semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba, maka semakin banyak pula pertanyaan yang akan muncul. Oleh sebab itu, berikut telah kami rangkum beberapa pertanyaan serta jawaban yang kerap diajukan berkaitan dengan aplikasi modifikasi WA yang satu ini:

1. Bagaimanakah cara update YoWhatsapp?

Untuk selalu mendapatkan fitur yang lengkap serta menghindari resiko banned, pengguna dapat secara rutin melakukan update atau pembaruan pada aplikasi YoWhatsapp. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  1. Pertama-tama, pilihlah ikon titik tiga yang terdapat pada halaman utama aplikasi, kemudian pilih menu “YoMods”.
  2. Setelah itu, pilihlah opsi “pembaruan” atau “update”
  3. Jika sudah ada informasi mengenai update terbaru, maka akan terdapat tulisan “update”, pengguna sudah dapat memulai proses pembaruan dengan memilih opsi “Unduhan Web”.
  4. Setelah itu, proses pengunduhan dan instalasi dapat berjalan seperti biasa

2. Bagaimanakah cara login di aplikasi YoWhatsapp

Sebenarnya, langkah-langkah login ke aplikasi YoWhatsapp tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi WA versi original. Caranya juga tergolong mudah, yaitu:

  1. Pertama-tama, setelah melakukan instalasi, masukkanlah nomor HP ke kolom yang tersedia
  2. Jika sudah memasukkan nomor HP, selanjutnya Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi. Kode tersebut akan dikirimkan ke nomor Anda melalui SMS. Jika sudah SMS yang berisi kode sudah masuk, ketikkanlah kode yang sesuai
  3. Selanjutnya Anda dapat melakukan pengaturan lain seperti foto profil ataupun nama
  4. Jika semuanya sudah dilakukan, maka aplikasi YoWhatsApp sudah siap digunakan untuk mengirim pesan
BACA JUGA :  Fouad WhatsApp

3. Apakah Aplikasi YoWhatsapp tergolong aman?

Saat ini, YoWhatsapp sudah dilengkapi dengan fitur Anti Banned sehingga pengguna dapat terhindar dari resiko ban yang sering dilakukan oleh pihak Whatsapp saat melakukan razia pengguna yang menggunakan mod. Namun, pengguna harus rutin melakukan pembaruan atau update aplikasi agar fitur ini dapat berjalan dengan baik.

4. Bagaimanakah cara menjaga keamanan akun WA di YoWhatsapp?

Untuk pengguna yang sudah memiliki akun WA sebelumnya, ada baiknya untuk membuat lagi akun lain yang masih baru ketika hendak menggunakan YoWhatsapp. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif mengingat aplikasi ini merupakan bentuk modifikasi pihak ketiga yang tidak resmi.

Cara Menginstall YoWhatsapp

Cara Menginstall YoWhatsapp

  1. Pertama-tama, masuk ke menu pengaturan (setting) pada ponsel Anda, dan masuklah ke menu keamanan atau security settings. Setelah itu, centanglah pada tulisan Allow Installation from Unknown Source (izinkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal).
  2. Selanjutnya, unduh aplikasi YoWhatsapp melalui situs penyedia yang aman seperti: https://www.mediafire.com/file/b125lxz4tf0oknw/YOWA.v8.85_By.SamMods.apk/file

Mulailah unduhan dan tunggu prosesnya hingga selesai

  1. Jika unduhan sudah berhasil dilakukan, tahap selanjutnya adalah mengakses folder unduhan aplikasi, melalui file manager atau file explorer, dan carilah file YoWhatsapp.apk
  2. Setelah itu, install aplikasi dengan memilih menu install, dan tunggu proses instalasi selesai dan aplikasi siap digunakan.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan singkat, ragam fitur menarik, perbedaannya, ragam pertanyaan, serta cara instalasi aplikasi YoWhatsapp. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mod yang satu ini memang menawarkan berbagai fitur lengkap dan menarik yang tidak ditemukan pada aplikasi WA versi aslinya. Namun, perlu diingat bahwa biar bagaimanapun aplikasi ini tetaplah merupakan mod yang dikembangkan oleh pihak ketiga serta tidak diunduh resmi, sehingga pengguna tetap harus memperhatikan segi keamanan masing-masing agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan sekaligus dapat menikmati fitur yang tersedia dengan lebih aman dan nyaman.

Untuk informasi maupun gambar menarik seputar social security, aplikasi, dan media sosial, Anda dapat mengecek tautan di bawah ini.

Leave a Comment

/* */