Transfer Dana ke Ovo

Transfer Dana ke Ovo – Sekarang ini masyarakat sudah terbiasa dengan dunia serba digital, termasuk dalam hal pendanaan. Salah satu pendanaan yang sering digunakan adalah dompet elektronik (e-wallet) yang pastinya sudah sering kita dengarkan di masa sekarang ini. Dompet digital ini sudah menyebar di hampir semua aspek kehidupan masyarakat, baik di pusat perbelanjaan, kuliner, pembayaran tiket,dan lain sebagainya. Dompet digital yang banyak digunakan adalah DANA, OVO, dan lain-lain.

Berbicara mengenai dompet digital, pastinya tidak jauh dari proses transaksi antar dompet digital itu sendiri. DANA sebagai dompet digital, memiliki fitur transfer ke dompet digital lain seperti OVO, ShopeePay, dan Gopay sehingga bisa mempermudah transaksi. Seperti halnya transaksi antara saldo dompet digital DANA dan OVO yang kini sudah tidak gratis lagi, namun masih sudah banyak informasi mengenai hal ini namun kebanyakan membahas cara-cara transfer yang belum update dan belum dicoba sendiri, sehingga masih menyediakan informasi yang sedikit samar. Hal ini dibuktikan dengan artikel yang memuat cara melakukan transfer DANA ke OVO melalui Bank National Debu yang biasanya memakai nomor rekening awal angka 9 kemudian diikuti nomor akun OVO yang digunakan.

Cara ini tentunya sudah tidak bisa dilakukan lagi karena sudah mengalami perubahan yang masih banyak belum diketahui oleh orang banyak. Hal ini terjadi dimulai pada saat DANA memiliki tambahan fitur yaitu Saldo Digital. Artikel kali ini akan memuat mengenai cara top up saldo OVO lewat aplikasi DANA terupdate supaya mempermudah pembaca dalam melakukan transfer antar kedua dompet digital tersebut.

Syarat Top Up Ovo melalui DANA dan sebaliknya

Syarat Top Up Ovo melalui DANA dan sebaliknya

Melakukan transfer antar media pembayaran berbeda memang akan mempermudah transaksi antar pengguna. Cara ini memerlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar transaksi lewat aplikasi DANA dan OVO dan sebaliknya bisa dilakukan. Untuk mempermudah pemahaman anda, simak hal berikut:

  1. transfer dari DANA ke OVO
  2. Akun pada aplikasi DANA anda harus sudah premium. Hal ini dapat anda peroleh dengan cara melakukan verifikasi menggunakan KTP anda pribadi.
  3. Anda harus memiliki saldo minimal 10.999 rupiah. Biaya admin yang dikenakan berdasarkan informasi terbaru adalah 999 rupiah yang dikenakan setiap kali anda melakukan transfer berapapun nominalnya.
  4. transfer dari OVO ke DANA
  5. Sebaliknya, ketika anda melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi OVO, akun anda juga harus melakukan verifikasi dengan menggunakan KTP pribadi.
  6. Saldo minimal yang harus ada pada OVO saat melakukan transfer pada DANA adalah 12.500 rupiah. Saldo ini sudah termasuk biaya admin yang dikenakan dari OVO untuk proses transfer ke aplikasi DANA.

Melakukan transaksi antar kedua aplikasi tersebut memiliki kemiripan yaitu sama-sama harus terverifikasi menggunakan KTP terlebih dahulu untuk menunjukkan keaslian dompet digital tersebut apakah sesuai dengan orang yang menggunakannya. Namun, ketika anda hanya menerima transferan dari DANA ke OVO atau sebaliknya, akun anda tidak perlu diverifikasi menggunakan KTP karena dianggap tidak merugikan.

BACA JUGA :  Playstore Apk Download

Cara melakukan transfer saldo dari DANA ke OVO

Cara melakukan transfer saldo dari DANA ke OVO

Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, akun anda sudah siap melakukan transfer antar dompet digital DANA dan OVO. Berikut cara yang bisa anda gunakan sebagai acuan pada saat transfer saldo DANA ke OVO melalui menu kirim atau dengan saldo digital. Menu tersebut kami bahas dikarenakan terdapat akun DANA yang tidak memiliki menu saldo digital sehingga harus terlebih dahulu menggunakan menu kirim. Tepatnya, terdapat beberapa akun DANA yang memiliki menu yang berbeda sehingga pada artikel ini dibahas menggunakan menu kirim dan juga menu saldo digital agar akun DANA yang berbeda tetap bisa melakukan transaksi transfer atau top up OVO.

1. Menggunakan menu saldo digital

Cara yang pertama melakukan transfer saldo dari DANA ke OVO adalah dengan menggunakan menu Saldo Digital. Berikut langkah-langkah yang bisa anda simak:

  1. Bukalah aplikasi DANA anda.
  2. Anda bisa menu Lihat Semua dengan lambang empat titik yang yang membentuk kotak.
  3. Akan muncul kotak sub menu top up, kemudian pilihlah menu Saldo Digital.
  4. Setelah itu, akan muncul jenis-jenis saldo digital yang bisa di top up, anda bisa memilih OVO.
  5. Lalu anda harus memasukkan nomor akun OVO tujuan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan transfer.
  6. Isilah nominal yang akan anda transfer pada kotak nominal top up. Saldo minimal yang harus ditransfer adalah 10.000 rupiah, pastikan saldo anda mencukupi. Kemudian, pilih Lanjutkan.
  7. Sebelum mengakhiri proses transfer, anda harus melakukan recheck untuk memastikan data akun OVO dan nominal transfer sudah benar. Jika anda sudah yakin, anda bisa memilih Konfirmasi untuk menyelesaikan transfer anda.
  8. Jika sudah yakin semuanya benar, anda bisa memilih tap Bayar pada layar gadget anda.
  9. Jika pembayaran anda berhasil dilakukan, maka notifikasi dari OVO akan muncul yang menandakan saldo sudah masuk pada akun yang anda tuju.
  10. Silahkan melakukan pengecekan pada saldo DANA dan OVO anda. Selain adanya biaya administrasi dari DANA, anda juga akan terkena biaya admin dari OVO sebesar 1000 rupiah yang dipotong dari jumlah saldo yang di top up ke akun OVO.

Tetapi, bagaimana jika akun DANA anda tidak memiliki menu Saldo Digital? Caranya adalah dengan menggunakan menu transfer uang ke rekening bank untuk top up saldo akun OVO. Cara ini akan dikenai biaya administrasi yang sama seperti cara pada menu Saldo Digital di atas. Agar anda bisa memahaminya lebih jelas, simak info berikut ini.

BACA JUGA :  Memblokir Akun FB

2. Menggunakan menu Kirim

Pada akun-akun DANA tertentu, ada yang tidak memiliki menu Saldo Digital sehingga harus menggunakan cara lain untuk melakukan transfer ke OVO. Cara ini juga bisa digunakan oleh semua akun DANA untuk mempermudah transaksi top up ke akun OVO. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca cara-cara berikut dengan seksama:

  1. Bukalah aplikasi DANA anda pada gadget yang anda punya
  2. Pilih menu Kirim, yang ditandai dengan gambar Rp dibawah nominal saldo DANA
  3. Lalu anda pilih Kirim ke Bank
  4. Pilih menu Tambah rekening bank baru
  5. Lalu, pada Informasi Rekening Bank, pilihlah CIMB NIAGA BANK
  6. Pada pilihan Nomor Rekening Bank, masukkan kode transfer saldo DANA ke OVO melalui bank CIMB Niaga yang diawali dengan angka 8099 kemudian diikuti dengan nomor akun OVO. Misalnya nomor akun OVO anda adalah 083111223344, maka pada Nomor Rekening Bank anda masukkan kode transfer dan diikuti nomor akun OVO menjadi 8099083111223344. Setelah itu, anda bisa memilih Lanjut.
  7. Setelah melewati proses tersebut, akan muncul kotak pesan “Ambil jalan pintas yuk!” kemudian pilih Coba Pakai Sekarang. Hal ini harus dilakukan agar transfer saldo DANA ke akun OVO bisa berjalan.
  8. Lakukan pengecekan kembali untuk memastikan apakah data yang anda masukkan sudah benar atau tidak. Jika sudah yakin benar, maka tekan Konfirmasi.
  9. Pada layar transaksi DANA anda akan terlihat ada biaya administrasi sebesar 999 rupiah.
  10. Setelah itu, anda bisa mengkonfirmasi transfer dengan mengklik Bayar dan masukkan pin DANA anda dan transaksi selesai dilakukan.
  11. Jika transfer antar DANA ke OVO berhasil dilakukan maka akan muncul notifikasi OVO yang mengatakan bahwa saldo yang anda kirim sudah masuk sesuai dengan nominal yang anda masukkan.

Cara ini sebenarnya sama saja dengan melakukan transfer menggunakan menu Saldo Digital, perbedaannya terletak pada menu yang dipilih yaitu menu Kirim dengan menggunakan kode-kode bank tertentu. Jadi pada dasarnya, menu Kirim ini menggunakan rekening bank terlebih dahulu sebelum transfer ke akun OVO sehingga sedikit lebih rumit.

Batas maksimal dan minimal transfer dari DANA ke OVO

Biaya transfer DANA dulu adalah gratis atau tanpa dipungut biaya apapun. Namun sekarang ini, transfer DANA ke OVO sudah menggunakan biaya administrasi sebesar 999 rupiah. Nominal yang masuk ke saldo OVO juga dipotong sebesar 1000 rupiah yang merupakan biaya administrasi OVO. Misalnya, anda ingin mengirim saldo OVO dari DANA sebesar 20.000 rupiah, maka saldo DANA yang anda butuhkan adalah 20.999 rupiah dan saldo total yang masuk ke akun OVO anda adalah 19.000 rupiah karena dipotong 1000 rupiah sebagai biaya admin dari pihak OVO.

Lain halnya ketika anda menggunakan jasa pihak ketiga dalam transaksi transfer anda. Misalnya anda bisa menggunakan bank lain yang bisa melakukan transfer tanpa dipungut biaya sepeserpun, alias gratis, contohnya Bank Neo+ yang melayani transfer ke dompet digital secara gratis. Namun, pada saat transfer ke akun OVO, tetap saja akan dipotong 1000 rupiah dari nominal saldo sebagai biaya administrasinya. Transfer dari DANA ke Bank Neo+ bisa saja tidak dikenakan biaya administrasi jika nominal yang anda transfer 50.000 rupiah ke atas karena  DANA menyediakan biaya gratis transfer sebanyak 10 kali.

Cara Termudah Transfer Saldo OVO ke DANA

Cara Termudah Transfer Saldo OVO ke DANA

Anda bisa juga melakukan transaksi dari OVO ke DANA dengan cara melakukan transfer ke rekening virtual yang anda tuju. Salah satu rekening virtual yang bisa anda gunakan untuk melakukan transfer saldo OVO ke DANA adalah Bank Permata. Tidak disarankan melakukan transfer melalui Bank CIMB Niaga karena sudah tidak bisa lagi melakukan transfer dari OVO ke aplikasi DANA.

Pada saat menggunakan rekening virtual (VA) CIMB Niaga anda bisa menggunakan kode 8099 diikuti dengan nomor akun DANA yang dituju, biasanya tidak berhasil yang ditandai dengan kotak dialog “Tidak Berhasil OV300028-External Server Error” sehingga anda bisa memanfaatkan cara ini:

  1. Bukalah aplikasi OVO anda kemudian pilih Transfer
  2. Kemudian pilih Ke Rekening Bank
  3. Pada kotak pilihan bank tujuan pilihlah PERMATA BANK
  4. Pada nomor rekening, isilah kode transfer OVO ke akun DANA melalui Bank Permata yaitu 8528 dan diikuti dengan nomor HP pada akun DANA anda. Misalnya nomor DANA anda 083111223344, anda bisa memasukkan angka 8528083111223344.
  5. Lalu masukkan nominal yang ingin anda transfer dengan minimal jumlahnya 10.000 rupiah lalu ketik Lanjutkan.
  6. Lakukan pemeriksaan kembali dengan seksama apakah nominal transfer dan nomor DANA tujuan sudah benar. Jika anda sudah yakin, klik Konfirmasi.
  7. Masukkan PIN OVO anda ke dalam kotak permintaan PIN.
  8. Jika transaksi transfer OVO sudah berhasil maka akan ada notifikasi bahwa saldo DANA anda bertambah sesuai dengan nominal yang anda kirim.

Akhir Kata

Cara-cara tersebut bisa anda gunakan untuk melakukan transfer dari DANA ke OVO dan juga sebaliknya. Pastikan akun anda sudah premium dengan menggunakan verifikasi menggunakan KTP dan memiliki jumlah nominal saldo yang bisa dikirim ditambah biaya administrasinya. Transaksi ini sungguh membantu para peminat cashless untuk mempermudah transaksi di mana saja. Semoga bermanfaat!

Apabila Anda memerlukan gambar maupun informasi menarik lainnya mengenai ovo, Anda dapat mencoba tautan di bawah ini.

Leave a Comment

/* */