TCG Terpopuler

TCG Terpopuler – Trading Card Game atau TCG merupakan salah satu permainan kartu dan adu strategi yang dapat dimainkan secara kompetitif maupun sekedar koleksi. Terdapat banyak sekali jenis TCG yang sudah meluncur di pasaran namun tidak semuanya dapat berjalan secara panjang dan mengambil hati para pemainnya. Kali ini Milesia akan membahas mengenai TCG Terpopuler di dunia yang masih bertahan dan meraup keuntungan hingga saat ini. Kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap TCG berikut.

Magic: The Gathering

Magic: The Gathering

Magic: The Gathering merupakan salah satu franchise TCG yang paling terkenal dan menghadirkan kompetisi paling puncak dalam sejarah TCG. Kerumitan dan strategi yang ditawarkan dalam MTG membuat pemainnya tetap bertahan dan memainkan kompetisinya melawan player profesional. Kelebihan dari MTG dibandingkan dengan TCG lainnya adalah adanya mana dan juga sequence dalam permainan yang dimana setiap player bermain pada gilirannya masing-masing namun dapat merspon setiap gerakan lawan.

Tentunya MTG menyiapkan side deck yang mana sangat membantu untuk mengcounter beberapa pemain lawan lainnya sehingga level kompetisinya sangatlah tinggi. MTG tidak terlalu cocok untuk player TCG baru karena kerumitan dan sequence yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya. Adanya format-format legacy, expanded, dan standard juga membuat Anda lebih mudah untuk masuk di lini mana.

Yu-Gi-Oh!

Yu-Gi-Oh!

Game yang terkenal karena film yang mungkin kita selalu tonton di hari minggu ini juga merupakan salah satu TCG terbesar dan terfavori saat ini. Meskipun mekanisme yang ditawarkan oleh Yugioh saat ini sangatlah rumit dengan berbagai macam aturan baru seperti link summon, pendulum, namun fanbase dan kompetisi pada game ini tetaplah besar.

Text yang terlalu banyak yang membuat sulitnya menambah player baru di Indonesia maupun adanya combo yang telalu lama atau bergantung pada beberapa kartu tertentu untuk meresponya, maupun ketergantungan terhadap beberapa handtrap membuat game ini dapat dimainkan dalam satu dua giliran, meski begitu adanya side deck menjadi salah satu hal positif yang terpenting dalam memainkan game ini. Kadang kala hasil dari permainan pada kompetisi tertingginya juga bergantung dari siapa yang mendapatkan giliran pertama maupun siapa yg diuntungkan untuk memainkannya pada giliran kedua maupuan  membawa side deck yang tepat karena berhasil membaca meta yang benar.

Keuntungan memainkan yugioh adalah tidak adanya rotasi dalam kartunya selama tidak terkena banned atau ban list. Dan secara harga bergantung dari jenis TCG atau OCG juga cukup friendly di dompet.

BACA JUGA :  Game FPS PC

Pokemon Trading Card Game

Pokemon Trading Card Game

TCG terpopuler selanjutnya adalah Pokemon TCG. Franchise yang terkenal karena anime dan video gamenya ini memiliki fans dengan jumlah yang besar juga. Kelebihan dari game pokemon ini adalah adanya sequence yang tidak terlalu rumit untuk player baru. Hal inilah yang membuat banyaknya pemain baik dari anak kecil hingga dewasa pada kompetisi-kompetisinya. Keunggulan lainnya dari TCG yang satu ini adalah kartunya yang dapat dikoleksi seperti ensiklopedia dengan masing-masing pokemonnya, tentunya TCG lainnya juga memiliki value untuk koleksi, tapi Anda dapat melihat sendiri berapa banyak orang yang memainkan pokemon dibandingkan dengan orang yang hanya berinvestasi maupun mengkoleksi pokemonnya saja.

Kekurangannya adalah pokemon tidak dapat merespon apa yang dilakukan lawan saat giliran lawan serta tidak adanya side deck sehingga dalam kompetisi terbesar pokemon membawa deck dengan chance menang yang besar terhadap semua deck lainnya serta beberapa kartu tech yang bagus adalah hal terpentingnya. Kadang kala Anda membawa deck yang bagus namun menemukan counternya pada 1 2 game pertama sehingga tidak dapat meraih kemenangan karena tidak beruntung.

Cardfight!! Vanguard

Cardfight!! Vanguard

Yang terakhir adalah Vanguard. Animenya juga sangat terkenal dikalangan pemain di Indonesia maupun di dunia. Vanguard menyajikan gaya atau art anime yang memiliki field atau arena yang sedikit berbeda dibandingkan TCG lainnya. Kekurangan dari TCG yang satu ini adalah adanya mekanisme dimana ketika menyerang dan harus mengecek trigger di topdeck kita dan beberapa keberuntungan seperti critical trigger atau heal trigger pada saat yang tepat dapat mengalahkan pemain lawan dengan cepat. Meskipun demikian, masih banyak pemain muda dan juga dewasa yang masih memainkan TCG ini dan tetap menjadi TCG andalan Bushiroad di dunia. Cukup friendly dan tidak memakan terlalu budget untuk Anda yang ingin belajar bermain TCG.

BACA JUGA :  Game PSP Terbaik

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai beberapa TCG Terpopuler di dunia serta kelebihan dan kekurangannya. Kembali lagi jika Anda ingi bermain TCG, pada lini mana yang Anda sukai dan kadang juga bergantung dari komunitas di kota Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget secara bijak karena bermain TCG pasti memerlukan uang untuk membuat decknya. Apabila Anda ingin belajar secara online, terdapat beberapa platform seperti PTCGO, Magic Arena, Yugioh Duel Master dll sebelum membeli deck atau terjun langsung ke dalam gamenya. Sekian dari Milesia semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Untuk informasi menarik lainnya seputar tcg, Anda dapat mencoba rekomendasi kami berikut.

Leave a Comment

/* */