Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital – Bagaimana cara membuat tanda tangan digital yang mudah ? Sejak adanya pembatasan sosial akibat pandemi maka segala aktivitas termasuk urusan pekerjaan juga menjadi terganggu.

Terutama untuk orang yang memiliki pekerjaan kantoran dan membutuhkan tanda tangan dari orang terkait. Beruntung saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju, sehingga anda bisa tetap melakukan tanda tangan tanpa perlu tatap muka.

Cukup gunakan tanda tangan elektronik dari jarak jauh sehingga pembuatan dokumen bisa tetap jalan dan juga bisa hemat kertas. Saat ini sudah ada beberapa macam cara membuat tanda tangan digital yang bisa anda pilih salah satunya.

Beberapa situs yang akan kita bahas ini diharap bisa membantu anda untuk membuat tanda tangan digital yang mudah.

Cara membuat tanda tangan digital secara online

1. Signaturely

Signaturely

Web pertama yang bisa anda kunjungi untuk membuat tanda tangan elektronik secara online yaitu https://signaturely.com/. Situs ini bisa anda akses melalui web browser modern dari perangkat yang sudah mendukung layar sentuh tentunya.

Gunakan perangkat seperti smartphone, laptop, atau tablet yang sudah mendukung touchscreen agar bisa membuat goresan tanda tangan.

Dan jika perangkat yang anda gunakan masih belum mendukung layar sentuh maka jangan khawatir karena masih bisa menggunakan ketikkan biasa.

Web Signaturely ini memiliki tiga fitur yang bisa anda pilih salah satunya yaitu membuat tanda tangan dengan cara mengetik, membuat goresan atau upload gambar.

Cara menggunakan Signaturely sangatlah mudah, namun sebelum itu anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk keperluan login. Platform pembuat tanda tangan elektronik ini bisa anda pakai secara gratis selama tiga bulan pertama.

Dan setelah lewat tiga bulan jika ingin masih pakai maka bisa memulai berlangganan dengan biaya sekitar 20 USD per bulan. Setelah buat akun anda bisa login dan memilih menu yang bernama Create your signature -> draw it in.

Silahkan buat goresan tanda tangan yang anda inginkan, Signaturely juga memiliki pilihan warna dan ketebalan yang bisa anda atur sendiri menyesuaikan kebutuhan.

2. signwell

signwell

Signwell juga bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa anda pakai untuk membuat tanda tangan elektronik gratis. Gunakan browser modern seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox untuk membuka situs https://www.signwell.com/.

Untuk bisa menggunakan fitur pembuatan tanda tangan digital ini anda juga harus melakukan registrasi dahulu secara gratis. Atau jika tidak ingin repot daftar saja dengan menggunakan akun google yang telah tersedia pada halaman web utamanya.

Barulah setelah itu anda bisa melakukan login untuk masuk ke dashboard signwell dengan pilihan menu yang lebih banyak. Silahkan cari menu Draw Signature lalu mulailah membuat goresan untuk membuat tanda tangan sesuai dengan yang anda inginkan.

Apabila terjadi salah coret maka klik saja tombol clear untuk menghapus goresan yang ada dan mengulang dari awal. Fitur warnanya juga bisa anda pakai untuk membuat goresan lebih menarik dan unik.

Jika sudah merasa cocok dengan pola tanda tangan yang baru saja anda buat maka klik tombol save untuk menyimpannya. Selanjutnya anda juga bisa mengubah nya menjadi transparan dengan menekan tombol transparent.

Dan sebagai langkah akhir klik tombol download untuk menyimpan file tanda tangan elektronik yang baru saja anda buat, selesai.

3. CreateMySignature

CreateMySignature

Melalui website CreateMySignature.com anda juga bisa membuat tanda tangan digital secara mudah dan gratis. Buka HP anda lalu jalankan browser seperti google chrome dan ketik url https://createmysignature.com/.

Anda bisa secara bebas menggunakan perangkat seperti HP, tablet, laptop, atau bahkan desktop PC. Hingga sekarang layanan web ini bisa langsung anda pakai untuk membuat sebuah tanda tangan digital.

Tidak perlu membuat akun dahulu seperti layanan pembuat tanda tangan elektronik lainnya. Melalui situs CreateMySignature anda bisa langsung membuat tanda tangan dan jika sudah selesai bisa langsung tekan tombol download.

Format default nya menggunakan png, sehingga mendukung fitur transparan yang bisa mempermudah anda untuk memindahkan file ini ke berbagai dokumen.

Contohnya seperti faktur online, email, tanda terima dan lainnya. Selain mendukung format PNG, situs CreateMySignature sebenarnya juga mendukung format PDF.

Caranya yaitu tinggal klik saja tombol sign pdf lalu upload file nya yang maksimal ukurannya tidak lebih dari 10 MB. Setelah upload lalu buat goresan tanda tangan dan klik save.

Geser tanda tangan ke posisi halaman pdf sesuai yang anda inginkan dan jika sudah klik tombol save and download, selesai.

Cara membuat tanda tangan digital di MS Word

microsoft word

Pertama siapkan kertas putih dan buat tanda tangan yang bisa menggunakan pensil, pulpen, atau spidol. Setelah itu foto dengan kamera HP dan simpan filenya ke komputer lokal.

Berikutnya buka MS Word anda lalu masukkan hasil foto tanda tangan tadi ke halaman word. Jika ingin crop gambar maka klik tab format lalu crop, klik kanan simpan sebagai gambar terpisah.

Jika sudah buang juga background kertas putihnya agar yang terlihat hanya tanda tangan anda saja. Caranya yaitu dengan klik tab format -> remove background.

Klik kanan gambar -> wrap text -> behind text untuk menempatkan posisi di belakang teks.

Setelah itu tinggal geser ke posisi yang anda inginkan, selesai.

Keuntungan membuat tanda tangan digital

Keuntungan membuat tanda tangan digital

Tuntutan pekerjaan di zaman modern ini membuat semua orang harus sudah familiar dengan menggunakan teknologi. Apalagi sejak adanya wabah covid yang hingga kini juga belum berakhir.

Bekerja dari rumah terpaksa harus dilakukan oleh pekerja kantoran agar tugas-tugas tetap dapat selesai tepat waktu. Apabila anda bekerja di bagian administrasi tentunya akan terasa sekali sebab selalu membutuhkan tanda tangan agar dokumen bisa resmi sah.

Kehadiran berbagai layanan web dan software tanda tangan elektronik ini tentunya sangat membantu sekali untuk bekerja lebih cepat.

Keuntungan juga terasa saat membuat tanda tangan secara digital karena bisa lebih hemat kertas dan tidak perlu tatap muka karena bisa dikirim lewat email atau platform lainnya.

Selain itu keuntungan juga makin terasa jika dalam pembuatan tanda tangan elektronik sampai salah gores maka sangat mudah untuk menghapusnya.

Hal ini tentu berbeda jika terjadi sampai salah gores pada dokumen konvensional yang masih menggunakan cetak kertas dengan tanda tangan manual.

Akhir kata

Dokumen elektronik sudah menjadi hal yang umum untuk kebutuhan modern pekerjaan saat ini. Maka dari itu tanda tangannya juga harus bisa digital yang bisa menggunakan beberapa web yang sudah kita bahas tadi.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara membuat tanda tangan digital yang bisa langsung anda coba sendiri secara mudah. Apapun perangkatnya baik itu HP, laptop atau tablet sama-sama bisa membuat tanda tangan elektronik yang mudah.

Terlebih jika perangkat anda juga sudah satu set dengan stylus pen yang lebih memudahkan untuk membuat tanda tangan.

Leave a Comment