SSD NVME

SSD NVME – SSD atau Solid State Drive merupakan suatu perangkat yang menjadi salah satu bagian dari komputer. Pada dasarnya, SSD berfungsi untuk menyimpan data seperti hard disk. Namun, SSD bekerja lebih cepat dari hard disk karena bagian piringan data yang ingin dibaca atau ditulis tidak perlu kita tunggu untuk sampai ke pusat pengendali data. Pada SSD, yang diperlukan hanyalah mengirim perintah dan bit-bit data dalam bentuk listrik ke chip penyimpanan yang kemudian dimanipulasi atau dikirimkan balik dengan keadaan yang ada di dalam dirinya sudah sesuai perintah yang diberikan.

Seiring dengan berkembangnya bidang teknologi, media penyimpanan pun ikut mengalami peningkatan. Salah satu produk dari perkembangan media penyimpanan ini adalah NVME atau Non-Volatile Memory Express. Meskipun sempat diragukan kualitasnya, tetapi realita yang terjadi menyatakan bahwa produk ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam era digital sekarang.

NVME merupakan terobosan baru di bidang SSD karena produk ini mampu untuk menghubungkan hard drive melalui Port PCIe yang berfungsi sebagai pembangun kecepatan dengan data yang maksimum. Perangkat ini memiliki jenis memori yang mirip dengan RAM, hanya saja data di dalamnya tidak akan terhapus ketika anda mematikan perangkat komputer atau laptop. Berikut merupakan sedikit ulasan yang dapat memberikan pengetahuan baru kepada ana mengenai hal tersebut.

Keunggulan SSD NVME

SSD NVME

1. SSD NVME Memiliki Kemampuan Tranfer Data yang Lebih Cepat

Teknologi PLCe memungkinkan NVMe untuk memiliki kecepatan lima kali lipat dibanding lebih tinggi dibanding SSD dalam proses transfer data. Hal ini dapat menjadi solusi bagi anda yang seringkali mendapatkan masalah dalam proses transfer data.

2. Jumlah Command yang Diproses SSD NVME Lebih Besar

Perbedaan NVME dengan SSD biasa terlihat pada proses jumlah antrian command-nya. Dalam seri regular, satu jalur antri hanya mampu menampung 32 perintah. Namun, SSD NVME mempunyai kapasitas tampungan yang bisa bertambah hingga menjadi 64 ribu per Q.

Peningkatan besaran kapasitas dari SSD ini membuatnya sangat cocok untuk hardisk yang harus memutar piringannya dalam pencarian suatu data. Selain itu, adanya peningkatan kecepatan ini membuat performa peangkat anda menjadi lebih baik sebab perintah yang diterima dapat dikerjakan secara optimal

3. Sistem Pengaturan Antrian yang Baik

SSD NVME mampu mengelola banyaknya antrian yang ada dengan baik. Tidak hanya itu, teknologi ini dapat menerima perintah dari inti prosessor juga menyusun prioritas permintaan. Dengan pengaturan sistem antrian yang baik, maka sebanyak apapun bentuk perintah yang diminta akan tetap terkoordinasi dengan teratur.

4. Mempunyai Serial Bus dengan Kecepatan Diatas Rata-Rata

Adanya sokongan dari teknologi PLCe membuat NVME memiliki serial bus yang lebih cepat ketimbang dari SSD pada umumnya. Produk ini memiliki kemampuan untuk menembus speed tinggi hingga mencapai 3500 MB per detik dengan menggunakan konektor M.2 PCle x 4. Kecepatan tersebut merupakan solusi dari permasalahan kecepatan yang dimiliki oleh SSD seri-seri sebelumnya.

5. Harga yang Ditawarkan Sesuai dengan Kualitasnya

NVME mempunyai kisaran harga yang lebih besar ketimbang SSD lainnya. Kendati demikian, SSD NVME memiliki kualitas yang dapat anda peroleh dengan harga yang sepadan. Teknologi ini biasa dijual mulai dari 600 ribu Rupiah sampai 2 juta Rupiah tergantung pada merek dan kapasitasnya.

Rekomendasi SSD NVME

1. Samsung Seri 970 Pro

Samsung Seri 970 Pro

Spesifikasi:

  • Kecepatan membaca datanya mencapai 3500 MB per detik dan kecepatan menulis datanya adalah 2700 MB per detik
  • Suhu operasi akan berjalan dengan optimal dan mampu meminimalisir penurunan kinerja.
  • Tersedia dalam kapasitas mulai dari 512 GB hingga 2 TB.

2. Samsung Seri 970 Evo

Samsung Seri 970 Evo

  • Kemampuan membaca data berada di angka 3400 MB per detik dan kecepatan menulis data mencapai 2500 MB per detik
  • Teknologi Intellegent TurboWrite yang ada membuatnya sanggup digunakan untuk pengeditan grafis dengan kualitas 4K dan 3D serta kebutuhan gaming berat.
  • Tersedia oleh berbagai varian ukuran hingga 2 TB

3. Samsung Seri 960 Pro

Samsung Seri 960 Pro

SSD dari produsen yang bernaung di Korea Selatan ini menawarkan arsitektur berbasis cutting-edge 48 layer Samsung V-NAND yang menghasilkan kinerja optimal. Selain itu, SSD ini mempunyai kemampuan untuk mengontrol panas dengan sangat baik.

Spesifikasi:

  • Produk ini memiliki kecepatan membaca data hingga 3500 MB per detik dan kecepatan menulis data hingga 2100 MB per detik
  • Produk ini hadir dengan beberapa pilihan kapasitas mulai dari 512 GB hingga 2 TB
  • Mempunyai kemampuan untuk mengontrol panas dengan baik

4. Samsung Seri 960 Evo

Samsung Seri 960 Evo

Spesifikasi:

  • Memiliki kecepatan membaca data hingga 3200 MB/s dan kecepatan menulis datanya mencapai 1900 MB/s.
  • Produk ini dipasarkan dengan kapasitas sampai 1 TB.
  • Dilengkapi teknologi TurboWhite

5. Samsung Seri 950 Pro

Samsung Seri 950 Pro

Samsung 950 Pro lahir dengan teknologi V-NAND yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan produk ini serta menjanjikan usia pakai yang panjang dengan isolator yang dimiliki SSD ini. Untuk meningkatkan kinerja produk supaya lebih optimal, Samsung juga membekali produk ini dengan teknologi Dynamic Ther Throttling Protection. SSD NVME ini tersedia dalam dua pilihan, yakni 256 GB dan 512 GB.

6. Intel Seri Optane 905P

Spesifikasi:

  • Memiliki kemampuan membaca data sebesar 2700 MB per detik dan kemampuan menulis hingga 2200 MB per detik
  • Intel Optane 905P ini memiliki sistem interface PCIe 3.0 x4.
  • Terdiri dari beberapa pilihan kapasitas, yakni 380 GB, 480 GB, 960 GB serta 1 TB.

7. Intel Seri Optane 900P

Intel Seri Optane 905P

Spesifikasi:

  • Kecepatan membaca datanya mencapai 2500 MB per detik dan kecepatan menulis data mencapai 2000 MB per detik.
  • JIka memiliki laptop Interface PCIe 3.0 x4, maka SSD ini dapat menjadi penunjang yang baik bagi perangkat anda.
  • Menggunakan form factor U.2 15 mm atau HHHL.
  • Tersedia dalam dua pilihan kapasitas yakni 280 GB serta 480 GB.

8. WD Black 3D

WD Black 3D

Western Digital atau WD memproduksi SSD dengan performa yang tangguh SSD ini memiliki pengaturan daya yang inovatif dan mencegah suhu panas berlebih sehingga mampu menghasilkan kinerja yang optimal

Spesifikasi:

  • Kecapatan membaca data mencapai angka 3400 MB per detik dan kecepatan menulis hingga 2800 MB per detik
  • Tersedia dari tiga opsi kapasitas, yakni 256 GB, 512 GB dan 1 TB.
  • .Pengaturan daya lebih inovatif

9. Adata XPG SX8200 Pro

Spesifikasi:

  • Kecepatan membaca data mencapai angka 3500 MB per detik serta kecepatan menulis hingga 3000 MB per detik
  • Ditawarkan dalam beberapa pilihan ukuran mulai dari 256 GB hingga 1 TB.
  • Cocok untuk pengeditan video dan gaming

10. Intel Seri SSD 750

Intel Seri SSD 750

Spesifikasi:

  • Kecepatan membaca data produk ini adalah 2500 MB per detik dan kecepatan menulisnya dapat mencapai angka 1200 MB per detik
  • Produk SSD dari Intel ini hadir dalam beberapa kapasitas mulai dari 400 GB hingga 1,2 TB.

Akhir Kata

Demikian sedikit penjelasan mengenai keunggulan dan rekomendasi dari SSD NVEM. Keunggulannya yang sesuai dengan kebutuhan zaman dapat menjadi alasan utama anda untuk memakai SSD ini di perangkat komputer anda. Terima kasih karena telah membaca artikel kami, semoga Anda menikmati kunjungan Anda di website kami. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di Milesia.id

Leave a Comment