Sound of Text WhatsApp

Sound of Text WhatsApp – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya WhatsApp bukan? Nah, WhatsApp ini salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget smartphone di seluruh penjuru dunia, jadi bukan WeChat, LINE, KakaoTalk, dan sebagainya, tapi WhatsApp-lah yang popular dari masa ke masa.

Canggihnya fitur karena update dari masa ke masa akan memudahkan para pengguna termasuk halnya Anda untuk melakukan komunikasi lewat WhatsApp. Salah satu fitur yang menarik dari sekian fitur yang ada yaitu sound of text, di mana Anda dapat merubah teks yang ada menjadi pesan suara (voice note).

Sound of text adalah suatu situs di mana Anda dapat membuat suara pada Google yang Anda inginkan sebagai nada dering dalam aplikasi WhatsApp. Iya, intinya, teks yang ada dapat diubah secara mudah menjadi suara yang menarik dan unik pada format mp3, yang kemudian banyak diaplikasikan sebagai ringtone atau nada dering baik pada panggilan maupun pesan pada aplikasi tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan disampaikan secara khusus mengenai cara memakai sound of text dengan mudah. Cara ini sangat berguna terutama apabila Anda sedang ‘jatuh cinta’ dan ingin mengirimkan pesan yang memiliki ciri khas suara asal ‘Google Text’.

Review Sound of Text WhatsApp

Review Sound of Text WhatsApp

Sebenarnya, sound of text tidak hanya berlaku untuk aplikasi WhatsApp saja, akan tetapi, memang banyak orang yang sedang memanfaatkan fitur itu untuk membuat notifikasi pesan suara di dalam aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Intinya, fitur ini adalah fitur yang mengubah teks menjadi suara. Awalnya, suatu situs yang memiliki fungsi yang sama adalah freetts.com, namun tidak sepopuler yang ada di WhatsApp. Apalagi, fitur yang satu ini dapat dipakai secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Hal itulah yang menjadi keunggulan dari fitur WhatsApp yang satu ini, karena dengan inilah Anda dapat menyesuaikan antara teks dengan suara yang diinginkan.

Cara Membuat Notifikasi WhatsApp di Sound of Text WA

Cara Membuat Notifikasi WhatsApp di Sound of Text WA

Percayalah, Anda akan merasa lucu atau geli sendiri jika mendengar suatu nada dering yang dihadirkan dalam kemasan yang menarik, apalagi jika dikemas dengan kalimat-kalimat yang lucu, dan akan terdengar sangat gokil dibandingkan dengan nada yang biasa digunakan di ponsel Anda.

Nah, berikut ini cara membuat suatu audio notifikasi WhatsApp secara manual namun unik melalui situs https://soundoftext.com

  1. Kunjungi situs soundoftext.com
  2. Isi kolom ‘Text’ yang ada dengan satu atau beberapa kalimat yang ingin Anda ubah menjadi suara.
  3. Pilih Bahasa voice yang diinginkan, default-nya sih Bahasa Inggris, dan disesuaikan dengan teks yang ingin dijadikan suara.
  4. Lalu, klik ‘Submit’ jika merasa sudah fix akan keinginan Anda tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat, situs tersebut sedang memproses suara untuk Anda, dan jika sudah selesai, klik ‘Play’ untuk mendengarkan suara tersebut, siapa tahu sesuai dengan ekspektasi Anda, dan jika tertarik, Anda dapat langsung mengunduh file mp3 ini dengan cara klik ‘Download’.

Bagaimana, cukup seru bukan? Apakah Anda tertarik untuk mengganti teks yang ada menjadi suara yang unyu-unyu dan unik? Buruan coba situs tersebut dan rasakan sensasi dan keseruannya.

Daftar Sound of Text WhatsApp Terbaru 2022

Daftar Sound of Text WhatsApp Terbaru 2022

Apakah Anda penasaran tentang cara membuat nada dering dengan menggunakan suara Google tanpa harus memakai aplikasi apapun, sehingga Anda dapat menghemat memori baik itu PC maupun gadget smartphone Anda? Simaklah beberapa rekomendasi daftar sound of text yang dapat Anda coba hingga selesai.

1. Sound of Text BTS

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BTS bukan? Sejauh ini, dari masa ke masa, BTS yang merupakan boyband asal Korea Selatan ini sudah sangat terkenal seantero raya, terutama di kalangan pecinta budaya dan gaya K-Pop atau Korea seperti Anda. Bahkan, BTS sudah seringkali dijadikan brand ambassador start up lokal seperti misalnya Tokopedia.

Nah, Anda bisa lho, membuat nada dering memakai suara seperti layaknya orang-orang Korea atau bahkan artis BTS. Bagaimana cara membuat nada dering Korea yang demikian?

  1. Bukalah situs atau ketikkan situs soundoftext.com di laman browser Anda.
  2. Pilih Bahasa ‘Korea’ di bagian Voice, jangan sampai salah, karena BTS ini biasanya menyanyikan lagu atau berbicara dalam Bahasa Korea.
  3. Masukkan teks yang ingin diubah dalam Bahasa Indonesia menjadi suara artis BTS dalam Bahasa Korea, Indonesia, maupun Inggris, pada kolom ‘Text’ yang tersedia.
  4. Jika sudah, klik ‘Submit’, biarkan situs itu bekerja untuk Anda.
  5. Jika proses pengubahan teks menjadi suara Korea sudah selesai, putarlah suara tersebut dengan menekan tombol ‘Play’ pada bagian bawah kolom.
  6. Kalau Anda puas dengan hasil suara BTS-nya, langsung saja klik ‘Download’ untuk kemudian dipasang menjadi ringtone atau nada dering WhatsApp. Gampang, bukan? Selamat mencoba!

2. Bahasa Jawa

Nah, berhubung Indonesia sering didominasi oleh orang-orang Jawa, sepertinya tidak afdol jika Anda tidak mencoba untuk menjadikan suara-suara berbahasa Jawa untuk dijadikan nada dering WhatsApp. Untuk membuat sebuah suara “Google” yang berbahasa Jawa, Anda tidak dapat mengunduhnya secara langsung lewat situs soundoftext tersebut, dikarenakan adanya fitur “text to speeh generator” yang digunakan oleh Anda seperti “Google Translate” tidak menyediakan opsi untuk mengunduh audio Jawa tersebut.

Jadi, Anda memang harus membutuhkan bantuan tools dari pihak ketiga, agar rekaman suara Google berbahasa Jawa bisa dibuat, diunduh, dan dijadikan nada dering dengan baik.

  1. Buka “Google Translate Berbahasa Jawa” di laman browser Anda.
  2. Ketik tulisan pada Bahasa Jawa yang ingin Anda ubah kedalam bentuk ucapan suara/voice note.
  3. Lalu, bukalah alat merekam suara di situs berikut: https://online-voice-recorder.com lalu klik tombol ‘Record’/’Rekam’ dengan cara menekan ikon Mikrofon yang berwarna merah.
  4. Kemudian, tekan ‘Tombol Mic 2’ di kolom Bahasa Jawa dalam situs ‘Google Translate’ yang sudah Anda buka sebelumnya.
  5. Jika proses rekaman selesai dan memuaskan, unduh file mp3 dari tool website online-voice-recorder tersebut dengan cara mengeklik tombol ‘Save’. Simpanlah file itu dalam smartphone Anda untuk kemudian dipasang menjadi ringtone atau nada dering WhatsApp berbahasa Jawa, jika Anda sudah membuka WhatsApp nantinya. Gampang, bukan?

3. Naruto

Berikutnya, suara Google yang dapat Anda buat yaitu berasal dari tokoh-tokoh anime (umumnya sih dari Jepang, ya). Meskipun banyak orang yang ingin membuat suara anime Naruto dari teks, namun sayangnya, seperti halnya suara Bahasa Jawa tadi, tersedia pilihan-pilihan suara tokoh anime tersebut di situs soundoftext untuk saat ini.

Alhasil, sebagai alternatif, Anda dapat mencoba memakai suara tokoh anime atau kartun Jepang lainnya seperti Naruto secara online dan gratis. Agar Anda dapat membuat teks menjadi suara dengan tokoh-tokoh anime, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Bukalah situs https://vo.codes dengan mengetikkannya di laman browser Anda.
  2. Pilih “Anime and Cartoon” dari menu “DropDown” paling atas di situs tersebut.
  3. Lalu, dipersilahkan bagi Anda untuk memilih suara tokoh anime yang diinginkan, disarankan bagi Anda untuk memilih suara ‘Vageta’, apabila Anda ingin membuat suara yang mirip dengan Naruto.
  4. Ketiklah teks yang ingin Anda buat menjadi suara Naruto di dalam kolom paling bawah yang sudah disediakan.
  5. Rekamlah suara memakai https://online-voice-recorder.com seperti apa yang telah dipandu sebelumnya di suara-suara Korea tadi.
  6. Klik tombol ‘Mic’/’Speak’ untuk mendapatkan suara Naruto dari teks yang telah Anda masukkan di situs vo.codes itu tadi.
  7. Jika proses rekaman telah selesai dilaksanakan, dan Anda puas akan hasilnya, langsung saja Anda simpan file mp3 ini dengan cara mengunduhnya dari situs online-voice-recorder itu tadi. Selamat mencoba!

4. Pria

Satu cara lain yang sangat bisa dicoba untuk Anda yaitu membuat suara dari tulisan yang ada memakai robot yang bisa bersuara seperti pria dewasa pada umumnya. Cara ini dianggap sangat menarik, mengingat sebagian besar hanya suara wanita yang disajikan oleh Google pada umumnya. Lalu, bagaimana cara membuat suara Google ber-gender pria?

  1. Buka situs https://voicemaker.in
  2. Pilih Bahasa Indonesia di dalam kolom “Language and Regions”.
  3. Centanglah kotak yang ada jika ingin membuat suara pria, misalnya David ataupun Henry dengan atribut “Male” dalam kolom “Voices”. Atau jika Anda ingin mencoba fitur premium, Anda juga bisa memanfaatkan suara Andika sebagai pilihannya.
  4. Ketiklah tulisan atau copy paste teks yang ingin diubah menjadi bentuk suara
  5. Jangan lupa untuk mengatur pengaturan suara yang diinginkan seperti kecepatan, pause, emphasis, volume, dan pitch-nya jika diinginkan.
  6. Jika proses pengubahan sudah usai, dan Anda puas akan hasilnya, silahkan disimpan file mp3-nya pada gadget Anda untuk kemudian diatur menjadi ringtone/nada dering WhatsApp jika Anda sudah membuka aplikasinya kelak. Selamat mencoba!
BACA JUGA :  GB Whatsapp iOS

5. Wanita

Sebaliknya, jika Anda ingin membuat nada dering bersuara robot Google yang natural bergender wanita dan lebih menyerupai ucapan orang asli Indonesia, Anda dapat menggunakan cara yang satu ini, dengan bantuan situs botika online, hanya dengan “pengucapan yang cukup natural” didukung teknologi “neural network” yang dimiliki oleh Botika text to speech.

  1. Buka situs berikut https://botika.online/texttospeech/ dengan mengetikkannya di laman browser Anda.
  2. Masukkan teks berbahasa Indonesia di dalam kolom “Text to Speech” yang telah disediakan.
  3. Pilih gaya bicara perempuan yang diinginkan oleh Anda. Jika Anda memilih gaya bicara perempuan muda dengan nada/tone cepat, pilih opsi “Youngster Fast, Female 2”.
  4. Klik kotak “Catpcha” untuk memastikan bahwa Anda bukanlah seorang robot secara otomatis.
  5. Jika sudah, situs tersebut akan bekerja untuk Anda, dan jika proses pengubahan menjadi suara telah usai, silahkan klik ‘Play’ untuk mendengarkan suara hasil konversi tulisan di situs tersebut.
  6. Jika Anda puas akan hasilnya, klik ‘Download’ untuk mengunduh suara ini dalam format mp3.

Cara lain jika Anda ingin memanfaatkan tulisan berbahasa Indonesia yang bisa dijadikan suara wanita yaitu dengan memanfaatkan situs https://voicemaker.in itu tadi, lalu pilihlah suara Putri ataupun Anastasia.

6. iPhone

Nah, cara sound of text iPhone ini memang dikhususkan bagi Anda yang merasa tidak mampu untuk memiliki iOS (alias pengguna OS Android) dan menginginkan sound of text ala iOS/iPhone.

  1. Masuklah ke dalam situs https://soundoftext.com seperti biasanya.
  2. Pilih Bahasa Indonesia ataupun Inggris di menu kolom ‘Voice’.
  3. Lalu, masukkan teks ‘Ubah Suara iPhone’ ke dalam kolom ‘Text’ yang telah disediakan di situs tersebut.
  4. Jika sudah, klik menu ‘Submit’, dan jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, maka situs tersebut akan bekerja mengonversi teks menjadi suara sesuai keinginan Anda.
  5. Jika sudah selesai proses konversinya, klik menu ‘Play’ yang ada di bagian bawa menu untuk mengecek hasilnya.
  6. Lalu, jika Anda puas dengan hasil konversinya, langsung saja klik menu ‘Download’ untuk mendapatkan nada dering iPhone tersebut.

Cara Memasang Sound of Text dalam bentuk MP3 menjadi Notifikasi WA

Cara Memasang Sound of Text dalam bentuk MP3 menjadi Notifikasi WA

Nah, itulah tadi berbagai cara yang dapat diikuti oleh Anda untuk mendapatkan suara dengan variasi yang sangat unik dan lucu. Untuk memasangnya menjadi notifikasi WhatsApp, silahkan mengikuti panduan berikut ini, terutama jika Anda ingin menjadikan sound of text yang telah Anda unduh menjadi notifikasi WhatsApp.

  1. Bukalah menu ‘Settings’/Pengaturan di dalam smartphone masing-masing.
  2. Tambahkan file mp3 yang telah Anda simpan sebelumnya sebagai nada dering, dengan membuka menu ‘Sound and Vibration’ atau Bahasa Indonesianya ‘Suara dan Getaran’ > ‘Ringtone’ / ‘Nada Dering’ > ‘Icon’ > ‘File MP3’ dari hasil konversi sound of text itu tadi.
  3. Setelah file mp3 itu berhasil ditambahkan sebagai ringtone/nada dering di gadget Anda, buka aplikasi WhatsApp, lalu ke pengaturan lalu klik titik tiga di pojok kanan atas.
  4. Pilih menu ‘Notifications’ untuk mengganti model notifikasi, melalui opsi ‘Notifications Tone’ > ‘File MP3’ yang telah ditambahkan untuk ringtone tadi, agar juga dapat dijadikan nada dering untuk notifikasi WhatsApp Anda, terutama di bagian pesan masuk atau bahkan telepon masuk.
BACA JUGA :  Playstore Apk Download

Bagaimana, sangat mudah bukan? Dengan cara yang sama, Anda dapat membuat sound of text tentang nama Anda sendiri, sehingga jika ada notifikasi masuk, WhatsApp bisa seolah-olah memanggil nama Anda untuk membuka notifikasi WhatsApp tersebut.

Untuk alternatifnya, Anda bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, lalu klik ‘Pengaturan’ / ‘Settings’ melalui ikon titik tiga itu tadi, lalu klik ‘Notifikasi’, dan segera ganti file default WhatsApp dengan file audio yang telah diunduh sebelumnya. Selesai, deh.

Keunggulan Sound of Text WhatsApp

Nah, apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan sewaktu ingin mengonversi teks menjadi suara terutama di situs-situs terkait soundoftext?

  1. Tampilan situs Sound of Text yang friendly, sederhana namun tetap elegan dan tidak akan membingungkan Anda jika ingin memakai situs tersebut.
  2. Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengganti kalimat menjadi bentuk suara, alias prosesnya pun cepat dan tidak menyita banyak waktu hingga Anda berhasil mengunduh file suara itu dengan baik.
  3. Banyak sekali karakter suara yang disesuaikan dengan negara yang Anda pilih, sehingga Anda bisa mendapatkan beragam karakter suara yang beragam jika diinginkan.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan selengkapnya mengenai Sound of Text WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, khususnya pengguna aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Bagi Anda yang menginginkan gambar maupun suara sound lebih lengkap dapat cek di laman berikut.

Leave a Comment

/* */