Snap Camera

Snap Camera – Pesatnya arus globalisasi dan berkembangnya teknologi membuat perilaku manusia mengalami perubahan, terutama dalam perilaku berkomunikasi. Seperti yang dapat kita lihat di sekitar saat ini, untuk berkomunikasi kita tidak perlu bertemu tatap muka secara langsung, melainkan dengan cara virtual.

Komunikasi secara virtual tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel, laptop, iPad, PC, atau gadget lainnya, seperti aplikasi zoom, skype, google meet, dan snapchat.

Dengan adanya kemudahan dalam berkomunikasi yang telah disuguhkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut, membuat segala bentuk pertemuan bisa dilakukan tanpa harus bertemu secara fisik, ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak, tentunya peran dari teknologi ini sangat membantu mengatasi permasalahan komunikasi tersebut.

Mengenai Snap Camera

Mengenai Snap Camera

Begitu banyak cara untuk berkomunikasi secara virtual, seperti melalui text dengan menggunakan platform layanan pesan singkat atau yang biasa kita sebut sebagai SMS, voice call, dan video call. Namun, seperti yang kita ketahui, berkomunikasi melalui layanan pesan singkat (SMS) tersebut sangat terbatas karena kita tidak dapat mengetahui suara atau wajah lawan bicara kita.

Lalu jika kita berkomunikasi melalui voice call, kita hanya bisa mendengar suara dari lawan bicara kita dan tetap tidak dapat melihat wajahnya. Untungnya, saat ini penemuan teknologi semakin canggih sehingga kita dapat berkomunikasi jarak jauh tanpa mengenal batasan wilayah, terlebih lagi kita dapat melihat wajah lawan bicara kita melalui video call.

Saat ini video call menjadi sarana komunikasi yang paling digemari hampir semua kalangan masyarakat karena kita dapat berkomunikasi dengan lebih jelas.

Terlebih lagi, di masa pandemi saat ini kita tidak dapat bertemu dengan keluarga atau teman-teman secara langsung dan intens. Maka dari itulah, peran video call ini sangat membantu kita untuk tetap dapat berkomunikasi walaupun dari jarak yang berjauhan. Untuk melakukan video call tersebut, kita dapat menggunakan berbagai aplikasi, seperti Zoom Cloud Meeting, Google Meet, ataupun Skype.

Berkomunikasi melalui video call saat ini dirasa cukup membosankan karena fiturnya yang sangat monoton. Terlebih lagi, saat ini kita sering menggunakannya secara terus-menerus tanpa adanya hal baru yang menarik dari aplikasi video call.

Apalagi jika kita hendak melakukan video call dengan saudara atau teman sebaya, pastinya akan sangat membosankan jika tidak ada hiburan. Terlebih lagi, banyak anak-anak atau para remaja yang harus melakukan video call setiap hari untuk bersekolah di masa pandemi, pastinya akan sangat membosankan jika tidak ada hiburan dalam aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari.

Namun jangan khawatir, teknologi akan terus berkembang dan berinovasi untuk membantu memenuhi segala keinginan kita. Saat ini, terdapat aplikasi yang dapat menghibur para pengguna video call sehingga tidak perlu khawatir akan merasa jenuh saat menggunakannya.

Aplikasi tersebut berisi kumpulan efek dan filter tambahan yang dapat digunakan saat melakukan video call. Efek dan filternya pun sangat beragam sehingga kita tidak akan mudah bosan menggunakannya.

Aplikasi tersebut bernama Snap Camera, yaitu sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Snapchat. Snapchat sendiri merupakan sebuah aplikasi di mana penggunanya dapat mengambil foto atau merekam video, dan mengirimkannya kepada siapapun yang diinginkan pengguna.

Aplikasi Snapchat ini tentunya sudah banyak diketahui oleh masyarakat, khususnya di kalangan remaja. Namun tidak terkecuali, kalangan dewasa dan anak-anak pun gemar dengan fitur efek dan filter yang ada pada Snapchat ini, sehingga Snapchat tergerak untuk mengembangkan aplikasi Snap Camera yang dapat digunakan siapapun, kapanpun, dan di aplikasi mana pun untuk menambah pengalaman saat melakukan video call, yaitu dengan cara menyambungkan aplikasi Snap Camera tersebut dengan aplikasi video call seperti Zoom Cloud Meeting atau Google Meet.

Fitur Snap Camera

Fitur Snap Camera

Aplikasi Snap Camera sendiri berisi berbagai macam filter dan efek untuk wajah. Filter atau efek yang disuguhkan oleh aplikasi Snap Camera ini sangat beragam, misalnya filter wajah yang berhiasan karakter kartun, binatang, tumbuhan, ataupun karakter lainnya. Fitur dari aplikasi ini nyatanya membuat aktivitas video call menjadi sangat meriah. Bagaimana tidak, banyak beragam jenis filter dan efek lucu sehingga pengguna merasa terhibur, khususnya di kalangan anak-anak dan remaja.

Aplikasi ini rupanya tidak membutuhkan banyak memori sehingga dapat diunduh di berbagai jenis laptop atau PC tanpa perlu khawatir memori akan penuh. Dengan mengunduh aplikasi Snap Camera, kita akan mendapatkan banyak pengalaman yang menyenangkan saat melakukan video call dengan teman atau saudara, sehingga komunikasi tersebut tidak lagi terasa monoton dan membosankan.

Snap Camera menawarkan berbagai filter untuk webcam, siapapun dapat menggunakan aplikasi ini dengan hampir semua program di laptop atau PC. Dengan aplikasi ini, kita dapat memakai ‘Lensa’ saat merekam konten untuk platform di media sosial, seperti YouTube.

Selain itu, filter dapat diterapkan saat rapat atau konferensi secara virtual melalui aplikasi video call. Terlebih lagi, program ini terintegrasi dengan mulus dengan aplikasi khusus untuk video call yang sangat terkemuka seperti Zoom Cloud Meeting Google Meet, ataupun Microsoft Teams.

Dalam mengunduh Snap Camera, kita hanya perlu mengonfigurasi pengaturan platform yang akan digunakan untuk memilih kamera virtual program. Hal ini nyatanya cukup mudah untuk dilakukan oleh siapapun.

Cara Menggunakan Snap Camera

Cara Menggunakan Snap Camera

Cara menggunakan Snap Camera pada aplikasi video call cukup mudah dilakukan. Misalnya jika kita ingin menggunakan Snap Camera pada aplikasi Zoom Cloud Meeting, kita hanya perlu membuka aplikasi Snap Camera terlebih dahulu dan memilih efek atau filter yang kita inginkan, kemudian kita tinggal membuka aplikasi Zoom Cloud Meeting dan mengklik tanda panah di sebelah tombol ‘Start Video’ lalu klik tulisan ‘Video’, kemudian pilih ‘Snap Camera’ pada opsi ‘Camera’.

Jika kita ingin menggunakan Google Meet, opsi untuk menggunakan program ini tersedia di bawah tab ‘Video’. Setelah mengaktifkan Snap Camera, kita dapat menggunakan filter atau efek dalam rapat virtual.

Penting untuk diketahui bahwa Snap Camera memiliki sedikit perberbedaan dari aplikasi Snapchat yang ada di ponsel. Namun, program ini masih menawarkan pengalaman pengguna minimal dan langsung yang sama.

Setelah kita mengunduh aplikasi di laptop atau PC, jalankan program dari ikon desktop. Webcam harus dicolokkan ke laptop atau PC agar aplikasi dapat berfungsi. Ketika diluncurkan, kita dapat melihat aliran video di layar.

Kita tentu dapat mengikuti tren menggunakan filter atau efek dalam melakukan video call. Cukup dengan mengunduh aplikasi Snap Camera pada laptop atau PC kemudian menyambungkannya ke aplikasi video call Zoom Cloud Meeting. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini untuk memeriahkan video call:

  1. Unduh aplikasi Snap Camera melalui tautan berikut: snapcamera.snapchat.com di laptop atau PC. Sebelum mengunduhnya, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang terdapat pada tautan tadi terlebih dahulu.
  2. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi Snap Camera dan klik ‘Next’ dan ‘Finish’
  3. Kemudian pilih filter atau efek yang kita inginkan pada aplikasi tersebut, seperti filter karakter kartun, dan tentu saja filter tersebut dapat kita ganti sesuai keinginan kita.
  4. Kita tidak perlu menutup aplikasi tersebut, kita bisa langsung membuka aplikasi Zoom Cloud Meeting dan kedua aplikasi tersebut akan beroperasi secara bersamaan.
  5. Setelah membuka aplikasi Zoom Cloud Meeting, klik tombol panah yang ada di sebelah ‘Start Video’, selanjutnya klik tulisan ‘Video’, kemudian pilih ‘Snap Camera’ pada opsi ‘Camera’.
  6. Jika filter atau efek dari Snap Camera sudah dapat digunakan pada Zoom, kita bisa langsung ‘Start Video’ untuk memulai berkomunikasi.

Akhir Kata

Itulah Informasi mengenai Snap Camera yang telah dirangkum oleh Milesia, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di Milesia.id

Leave a Comment