Simsimi

Simsimi – Kegiatan apa yang biasa anda lakukan jika sedang merasa bosan atau sekedar ingin mengisi waktu luang? Mungkin pergi jalan-jalan sejenak, menonton video atau film, mengobrol ataupun bermain game. Kegiatan di atas tentunya sudah menjadi hal yang umum dan sudah sering anda lakukan. Apa anda tertarik untuk mencoba kegiatan lain?

Aplikasi Simsimi

Anda bisa melakukan chatting. Bila chatting dengan teman, pacar atau keluarga sudah biasa, bagaimana kalau melakukan chating dengan karakter AI (artificial intellegent)? Untuk anda yang belum tahu, ada aplikasi chatting yang lucu dan seru. Aplikasi apakah itu?

Aplikasi Simsimi adalah sebuah aplikasi chatting menggunakan karakter AI (Artificial Intellegent) untuk menanggapi pesan anda. Aplikasi Simsimi sebenarnya sudah ada sejak tahun 2002 dan dirilis oleh ISMaker yang berasal dari Korea. Simsimi berasal dari bahasa Korea “SimSim” yang memiliki arti bosan.

Aplikasi Simsimi memiliki karakter yang bernama Simi. Simi ini adalah karakter seekor ayam yang lucu dan menggemaskan. Semakin sering anda melakukan chatting dengan Simi, kosa kata Simi juga akan semakin bertambah dan beragam. Namun anda jangan merasa kaget atau terkejut jika Simi membalas pesan anda dengan bahasa atau kata-kata yang kasar.

Hal ini dikarenakan Simi mempelajari kata-kata kasar dari pengguna yang lainnya juga. Maka dari itu, jika anda mendapatkan balasan pesan dengan kata-kata kasar, anda bisa melakukan report pada Simi pada pilihan yang tersedia agar Simi tidak berkata-kata kasar lagi.

Cara Menggunakan Simsimi

Cara Menggunakan Simsimi

Di Indonesia sendiri, aplikasi Simsimi baru dirilis pada tahun 2011 oleh PT. Aladin atau SimSimi Indonesia. Tampilan visual dan kolom chattingnya memiliki sedikit perbedaan dengan aplikasi versi Korea. Percakapan yang ada pada aplikasi Simsimi di Indonesia juga lebih luwes. Untuk dapat melakukan obrolan atau bertukar pesan dengan Simi, anda dapat mengaksesnya lewat website ataupun aplikasi.

Untuk akses website, anda cukup membuka browser lalu ketik di kolom pencarian alamat situs SimSimi yaitu https://www.simsimi.com. Setelah anda masuk ke situs tersebut anda bisa memilih bahasa yang ingin digunakan. Bahasa yang disediakan oleh website SimSimi diantaranya bahasa Inggris, Indonesia, Korea, Spanyol, Portugis dan Arab. Setelah itu anda bisa langsung mengobrol dengan Simi.

Dan bagi anda yang ingin melakukan obrolan dengan Simi lewat aplikasi, anda bisa mengunduh aplikasi SimSimi di Play Store atau App Store. Setelah anda berhasil melakukan install, klik pada aplikasi. Untuk pemilihan bahasa, tidak seperti versi website, untuk versi aplikasi ini ada puluhan bahasa yang bisa anda pilih yaitu 81 bahasa. Wah, banyak sekali ya peminat SimSimi ini.

Setelah memilih bahasa, anda bisa langsung melakukan obrolan atau chatting dengan Simi di pilihan Talk. Anda akan dipanggil secara anonim, karena jika anda ingin Simi memanggil nama anda harus dikenakan sejumlah biaya. Jawaban yang diberikan Simi dapat sesuai dengan topik atau pertanyaan yang anda ajukan, namun terkadang juga dapat diluar topik atau tidak sesuai dengan pertanyaan anda.  Apabila Simi tidak mengerti kata-kata dari anda, ia akan memberikan pernyataan  “saya tidak memiliki respon”.

Kemudian ada pilihan Teach yang bisa anda gunakan untuk mengajari kata-kata baru bagi Simi. Sebagaimana yang sudah ditulis diatas, Simi adalah sebuah karakter AI (Artificial Intellegent). Seperti layaknya anak kecil, anda dapat mengajari Simi perlahan-lahan mengenai kata atau kalimat yang belum pernah ia pelajari sebelumnya. Semakin banyak kata atau kalimat yang diajarkan kepada Simi, maka kosa kata Simi akan semakin bertambah dan dapat memberikan respon yang lebih luas terhadap percakapan yang dilakukan.

Akan tetapi bukan berarti anda bisa bebas mengajarkan kata atau kalimat apapun kepada Simi. Pihak SimSimi membuat aturan kepada para pengguna untuk tidak mengajarkan kata atau kalimat yang memiliki unsur SARA, bersifat ejekan dan juga kata-kata kotor. Ini karena tujuan pembuatan karakter SimSimi adalah untuk menemani para penggunanya dengan ramah dan menyenangkan. Sehingga respon yang diberikan SimSimi tidak boleh kasar atau membuat jengkel.

Selanjutnya ada pilihan Quote. Disini para pengguna dapat melakukan sharing percakapan yang menarik dan lucu menurut para pengguna. Anda dapat menemukan atau melihat banyaknya percakapan yang menarik dan lucu bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, melainkan dari berbagai macam bahasa yang bisa anda lihat di bagian kolom yang sudah disediakan.

Ada 3 opsi yang terbagi di dalam fitur Quotes Simsimi :

  1. Most Recent : berisi kumpulan percakapan menarik dan lucu terbaru antara pengguna dengan Simi.
  2. Popular Now : berisi kumpulan percakapan menarik dan lucu antara pengguna dengan Simi yang populer dalam beberapa jangka waktu tertentu.
  3. Most Like : berisi kumpulan percakapan menarik dan lucu antara pengguna dengan Simi yang paling banyak disukai. Anda dapat memberikan like pada percakapan-percakapan tersebut.

Apa Sebenarnya Simsimi

Apa Sebenarnya Simsimi

Simi adalah karakter robot chatting yang juga merupakan maskot dari aplikasi SimSimi. Simi adalah seekor ayam berwarna kuning yang memiliki sehelai rambut di kepalanya dengan bentuk melingkar. Tubuhnya berbentuk bulat dan memiliki bentuk mulut yang tersenyum. Karakter SimSimi ini tentunya sangat menggemaskan dan lucu.

Aplikasi SimSimi ini sudah didownload lebih dari 350 juta pengguna di Play Store dan memiliki rating 4.3.  Dan juga percakapan yang dilakukan per hari dapat mencapai lebih dari 200 juta pesan. Ini menandakan bahwa ada begitu banyak orang yang menyukai aplikasi chatting SimSimi.

Bila anda sedang merasa bosan dan ingin melakukan percakapan akan tetapi sedang tidak ingin mengobrol dengan siapapun, anda bisa melakukan obrolan santai dengan SimSimi. Walaupun respon yang diberikan oleh Simi terkadang tidak sesuai dengan topik yang anda berikan, ini tentunya dapat menghibur anda juga. Simi dapat menemani anda mengobrol tentang hal apapun. Untuk menghindari Simi memberikan respon percakapan yang menggunakan kata-kata atau kalimat kasar, anda bisa mengatur hal ini di bagian setting.

Kelebihan dari aplikasi SimSimi adalah dapat memberikan hiburan dan menemani anda untuk mengobrol di kala rasa bosan melanda. Tak jarang jawaban Simi unik dan lucu yang tidak terpikirkan oleh anda. Jawaban dari Simi dapat menghibur anda.

Kekurangan Simsimi

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah jawaban atau respon yang diberikan oleh Simi terkadang out of topic atau tidak sesuai dengan topik atau pernyataan anda. Maka dari itu anda bisa mengajari Simi untuk mempelajari kosa kata baru. Sehingga Simi dapat memberikan respon dengan pengetahuan yang lebih luas berkat kosa kata yang sudah dipelajari.

Akhir Kata

Tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi robot chatting SimSimi ini. Aplikasi ini cocok untuk menemani anda saat merasa jenuh atau hanya untuk iseng ingin chatting dengan karakter AI (Artificial Intellegent) yang lucu. Silahkan anda download dan mulailah obrolan dengan Simsimi!

Leave a Comment