Reseller Tanpa Modal

Reseller Tanpa Modal – Apakah pernah terlintas di pikiran anda untuk memiliki usaha sendiri? Mungkin ide ini muncul di saat anda merasa lelah menjadi pegawai kantoran. Atau anda merasa gaji yang didapatkan setiap bulannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Akan tetapi, untuk memulai usaha sendiri tentunya tidak mudah.

Hal pertama yaitu modal. Untuk membuka usaha tentunya anda membutuhkan sejumlah uang sebagai modal. Kedua, anda harus mencari tempat atau lokasi yang akan anda gunakan sebagai tempat usaha. Lalu, anda juga perlu menentukan usaha apa yang ingin anda jalani. Sehingga anda bisa menghitung kira-kira berapa banyak modal yang anda butuhkan.

Setelah anda sudah memiliki rincian semua hal yang dibutuhkan, anda dapat mempertimbangkan kembali apakah anda benar-benar ingin memulai usaha sendiri. Karena memiliki bisnis artinya anda harus siap dengan jatuh bangunnya. Belum tentu bisnis akan berjalan lancar dan pasti mendapat untung. Apalagi jika anda baru memulai, tentunya tidak mudah.

Daripada anda pusing-pusing untuk memikirkan dan mengurus hal-hal diatas, terutama jika anda masih bingung untuk mengambil keputusan anda bisa mencoba opsi atau pilihan lain. Anda bisa memiliki usaha sampingan terlebih dulu. Sebagai permulaan, anda bisa menjadi reseller tanpa modal. Pilihan ini sudah cukup umum digunakan sebagai sumber pendapatan sampingan.

Reseller Tanpa Modal

reseller

Anda dapat menjadi reseller tanpa modal dengan cara mencari toko offline maupun online yang menerima reseller ataupun sistem dropship. Dengan menjadi reseller anda akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah dari harga penjualan normal. Apalagi jika anda dapat menjual produk dengan jumlah yang lebih banyak.

Simak tulisan di bawah ini untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu anda perhatikan untuk memulai usaha ini :

  1. Tentukan jenis produk atau barang yang ingin anda jual. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu permintaan pasar yang banyak diminati.
  2. Cari toko yang memiliki pelayanan yang bagus dan juga terpercaya.
  3. Anda bisa mencari toko online seperti di E-commerce ataupun Instagram.
  4. Buat akun toko anda misalnya di http://shopee.co.id atau di https://www.tokopedia.com dan https://www.instagram.com
  5. Upload foto produk dengan gaya menarik. Ini agar toko anda terlihat berbeda dengan toko lainnya.
  6. Tentukan harga yang cocok. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi karena ingin mengambil untung yang banyak. Juga jangan memasang harga terlalu rendah. Yang penting harga produk anda dapat bersaing dengan toko lainnya.
  7. Rajin mengupload foto atau info produk. Jadi orang yang melihat produk anda sudah dapat mengetahui info produk seperti harga dan kegunaannya tanpa harus repot bertanya.
  8. Anda bisa menggunakan akun instagram sebagai katalog produk dan promosi. Ajak konsumen untuk berkomunikasi lebih dekat seperti memberikan sneak peek atau tebak-menebak mengenai produk baru. Atau anda bisa memberikan fakta unik mengenai produk yang anda jual.
  9. Berikan pelayanan yang bagus, usahakan jangan terlalu lama untuk membalas chat/pertanyaan pembeli. Karena dengan respon yang lambat, bisa jadi pembeli memutuskan untuk membeli di tempat lain.
  10. Dengarkan saran dan kritik yang diajukan oleh pembeli. Dengan hal ini, anda dapat mendengarkan hal-hal yang perlu anda tingkatkan lagi untuk membuat usaha anda menjadi lebih maju.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu anda perlu perhatikan untuk memulai usaha sebagai reseller tanpa modal. Anda juga bisa membuka sistem PO, dengan ini anda bisa membuat ketentuan kepada pembeli untuk membayar full untuk dapat melakukan orderan tersebut. Dengan cara ini, anda tidak perlu keluar modal untuk menyetok barang. Jadi anda tidak perlu mengalami kerugian.

Reseller Online Tanpa Modal

Download Shopee Reseller

Untuk akun toko E-commerce, biasanya anda bisa memilih opsi dropshipper saat ingin menyelesaikan pembelian. Anda bisa pilih opsi tersebut lalu input nama toko anda. Sisanya biarkan toko tempat anda mengambil barang yang mengurusnya. Dari packing dan pengiriman hingga nomor resi, anda tinggal terima beres saja.

Namun jangan lupa untuk bertanya tentang stok produk yang diinginkan terlebih dahulu. Walaupun biasanya pada E-commerce stok produk akan dipotong secara otomatis, bisa jadi stok asli yang ada berbeda jumlah. Hal ini bisa jadi disebabkan toko tidak hanya mendaftar pada satu E-commerce saja. Sehingga stok produk pun bisa berubah dan tidak sesuai dengan keterangan.

Nah bagaimana? Mudah bukan langkah-langkah untuk menjadi reseller tanpa modal? Dengan cara ini anda bisa mendapatkan uang tambahan tanpa perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok produk, sewa tempat, bahan packing seperti kardus, bubble wrap dan lakban. Juga tidak perlu repot mengantarkan paket ke ekspedisi.

Kemudian anda tidak perlu khawatir mengalami kerugian, dan anda juga tidak perlu resign dari pekerjaan utama anda. Sehingga anda tetap mendapatkan gaji anda setiap bulannya, serta uang tambahan dari usaha samping milik anda dengan menjadi reseller.

Aplikasi yang sering digunakan untuk berbelanja yang sering digunakan dan disukai adalah Shopee, Tokopedia serta Instagram. Ketiga aplikasi tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu :

  • Shopee & Tokopedia
  • Dapat langsung melihat-lihat dan melakukan pembelian
  • Mudah digunakan
  • Dapat melihat review atau testimonial dari pembeli lain
  • Tampilan yang tidak estetik
  • Banyaknya opsi pembayaran yang bisa dipilih
  • Instagram
  • Sering digunakan untuk katalog produk dan promosi
  • Dapat membuat feed atau tampilan foto produk dengan rapi dan menarik
  • Masih ada sebagian toko yang tidak mengupload testimonial pembelinya
  • Tidak dapat langsung melakukan pembelian lewat aplikasi
  • Harus repot untuk mendaftarkan rekening terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran

Anda bisa menggunakan ketiga aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Maksimalkan akun instagram anda untuk promosi agar lebih banyak orang tahu toko anda. Cantumkan link akun toko E-commerce anda di bio Instagram. Sehingga bila ada pembeli yang berminat dengan produk anda dapat langsung melakukan pembelian lewat E-commerce tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan pada artikel ini dengan topik tentang menjadi reseller tanpa modal. Pada jaman sekarang, sudah semakin banyak orang yang memilih untuk belanja secara online. Hal ini dikarenakan lebih praktis dan tidak repot. Dan juga banyak produk-produk online yang jarang atau sulit ditemukan lewat toko offline.

Maka dari itu, tidak heran jika semakin banyak toko online yang hadir untuk memenuhi macam-macam kebutuhan anda. Mulai dari kebutuhan pokok seperti sembako, sabun cuci dan perabotan rumah hingga produk makanan dan kecantikan. Tidak ketinggalan ada juga produk-produk unik dan aneh. Oleh karenanya, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan uang tambahan dengan ikut berjualan.

Mencari tambahan uang dengan melakukan pekerjaan sampingan sudah menjadi hal yang lumrah dan banyak dilakukan orang-orang. Ada yang melakukannya karena suka berjualan, ada juga yang melakukannya karena ingin mendapatkan uang lebih. Semoga artikel kali ini dapat berguna dan menginspirasi untuk anda.

Leave a Comment