Rekomendasi PSU

Rekomendasi PSU – Rekomendasi PSU 500 watt yang bagus 2021Ini dia rekomendasi PSU 500 watt yang bagus 2021. Meskipun sekarang sudah ada berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, dan tablet, namun PC rakitan tetap memiliki daya tarik sendiri.

Terutama untuk para gamer antusias yang ingin merakit personal computer agar bisa memiliki performa terbaiknya. Sebab kita tahu bersama bahwa game sekelas assassin’s creed unity, watch dogs, dll membutuhkan hardware yang mumpuni.

Beberapa komponen penting seperti CPU dan GPU sangat menentukan sekali performa dari game yang akan dimainkan. Kebanyakan gamer pada umumnya selalu mengejar FPS tinggi agar tampilan visual grafiknya tidak blur saat bergerak cepat.

Dan untuk menghasilkan FPS tinggi maka rakitan PC harus tepat agar semua game berat bisa dimainkan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Selain RAM, prosesor dan VGA card, nyatanya masih ada satu lagi komponen penting yang justru banyak orang abaikan.

PSU atau power supply memegang peranan penting dalam sisi energi listrik dan juga yang menentukan keawetan dari PC rakitan itu sendiri.

Jangan sekali-kali gunakan PSU abal-abal atau power supply bawaan casing PC yang biasanya punya kualitas meragukan. Apabila anda berencana untuk merakit PC High End untuk gaming antusias maka wajib gunakan PSU pure 80 plus atau bahkan lebih tinggi lagi.

Tips memilih PSU 500 Watt yang bagus

Power supply atau PSU 500 Watt yang bagus sudah pasti memiliki harga jual yang lebih tinggi dari PSU abal-abal. Adapun ciri-ciri dari PSU abal-abal yaitu memiliki bobot yang sangat ringan dan bagian dalamnya terlihat kosong.

Sedangkan PSU pure 80 plus atau bahkan 90 plus memiliki bobot yang berat dan pada bagian dalamnya terlihat lebih berisi. PSU pure 80 plus memiliki arti bahwa 80 persen dari yang tertera di label maka bisa menghasilkan supply energi, dan sisanya yaitu 20 persen akan terbuang menjadi energi panas.

PSU dengan sertifikat 80 plus sudah termasuk kelas atas yang memiliki kualitas bagus. Hal ini sangat berbeda dengan PSU abal-abal bawaan casing murah atau merk yang tidak jelas karena tidak memiliki sertifikat pure 80 plus. Sebagai contoh, apabila PSU 500 watt dengan sertifikat pure 80 plus.

Itu artinya Power Supply tersebut mampu menyuplai energi maksimal 400 watt ke motherboard berikut beserta komponen lainnya (prosesor, fan, VGA card, SSD, dll).

Sedangkan PSU 500 watt abal-abal tanpa ada sertifikat pure 80 plus maka itu artinya power supply tersebut tidak jelas mampu menyuplai hingga berapa.

Biasanya PSU abal-abal dengan label 500 watt hanya mampu menyuplai tidak lebih dari 200 watt saja. Dan jika PC meminta energi lebih dari 200watt maka yang akan terjadi adalah keluar panas berlebih yang dapat menyebabkan komponen gosong atau rusak.

Nah, dari pada bingung mencari PSU yang bagus, lebih baik simak pembahasan berikut ini tentang beberapa Rekomendasi PSU 500 watt yang sudah punya sertifikat pure 80 plus-plus.

Rekomendasi PSU 500 watt yang bagus 2021

1. Seasonic S12II Bronze

Seasonic s12ii

Rekomendasi pertama ada power supply yang menggunakan brand ternama yaitu Seasonic seri S12II bronze. PSU Seasonic sudah tentu mengantongi sertifikat pure 80+ yang artinya memiliki efisiensi energi hingga 80 persen.

Sedangkan energi yang 20 persennya akan terbuang menjadi panas dan ini adalah hal yang wajar untuk PSU kelas premium. Seasonic S12II Bronze memiliki total 620 watt yang artinya dengan efisiensi 80 persen mampu memberikan suplai hingga 496 watt atau yang jika dibulatkan maka menjadi 500 watt.

PSU Seasonic bronze s12II ini sangat cocok untuk PC rakitan yang membutuhkan daya load tinggi. Terutama untuk vga card dari AMD yang terkenal boros listrik atau Nvidia kelas high end yang juga butuh banyak energi ketika full load.

Seasonic S12II bronze juga telah dibekali kipas pada bagian bawah PSU yang sanggup mendinginkan komponen bagian dalam, namun sama sekali tidak menimbulkan suara berisik.

Untuk slot kabel juga terbilang lengkap yang bisa menyesuaikan kebutuhan masing-masing perangkat. Apakah motherboard butuh tambahan 4 pin, 6 pin atau 8 pin pada bagian prosesor ?

Begitu juga dengan vga card kelas high end yang biasanya membutuhkan 6 pin hingga 8 pin. Kesemuanya itu sudah tersedia secara lengkap pada satu paket kabel power supply Seasonic S12II Bronze pure 80+.

2. Corsair cx500

Corsair cx500

PSU berikutnya yang sudah memiliki sertifikat pure 80 plus yaitu Corsair cx500. Pada label tertera Corsair cx500 memiliki daya berkelanjutan hingga 500 watt.Ini artinya dengan efisiensi hingga 80 persen maka PSU Corsair cx500 ini mampu memberikan suplai hingga 400 watt ke PC dalam keadaan maksimal-nya.

Jadi pastikan PC rakitan yang anda buat dalam keadaan full load tidak melebihi 400 watt. Sebab PSU corsair ini meskipun pada label tertera 500 watt namun hanya mampu mensuplai maksimal 400 watt saja karena persentase efisiensinya yang 80 persen.

Slot kabel yang tersedia juga lengkap seperti ATX 24 pin atau 20 pin, PCI-E 6 pin atau 8 pin, SATA, dan peripheral 4P. Salah satu kekurangan yang ada pada PSU Corsair cx500 yaitu belum support kabel modular. Jadi saat merakit atau memasang PSU ini ke dalam casing PC butuh “kerajinan tangan” yang cukup terampil agar kabelnya bisa tertata rapi.

PSU buatan Corsair ini juga sudah tentu memiliki kipas pendingin bawaan yang tidak berisik. Sehingga bisa menjaga suhu komponen PSU dalam kisaran 30 derajat Celsius atau suhu ruangan.

Dan suhu yang terbilang dingin tersebut dapat meningkatkan keawetan dari komponen PSU itu sendiri baik dalam kondisi idle maupun full load.

Pihak corsair sendiri secara resmi memberikan garansi hingga 3 tahun lamanya. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk soal performa dan keawetan dari PSU ini karena sudah pasti tidak akan mengecewakan.

Deepcool dn500

Deepcool DN500

Mendengar kata Deepcool pastinya sudah tidak asing lagi terutama bagi anda yang sudah lama melintang dalam dunia Overclock atau merakit berbagai PC gaming. Produk-produknya yang terkenal lebih murah dari brand lain, namun memiliki kualitas yang bagus membuat Deepcool menjadi brand favorit bagi kebanyakan orang.

Sebut saja Thermal paste, z3, z5, z9, atau HSF Gammax 400, ice edge mini hingga produk PSU yang bernama Deepcool dn500 telah menjadi favorit bagi banyak orang hingga saat ini.

Deepcool dn500 merupakan PSU yang juga sudah memiliki sertifikat 80 plus dengan garansi resmi hingga 5 tahun. Keunggulan yang dimiliki PSU Deepcool dn500 ini terletak pada kabel yang lebih panjang dari PSU lainnya.
Jadi meskipun belum support modular, namun Deepcool dn500 ini tetap mudah dalam menata kabel.

Sehingga dapat terlihat lebih rapi pada bagian dalam casing PC. Berbagai konektor juga telah tersedia seperti 24 Pin, PCI-E 6+2 Pin, ATX12V 4+4 Pin dan lainnya. Kapasitasnya mencapai 500 watt dengan efisiensi 80 plus yang artinya memiliki full load hingga 400 watt.

Akhir kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai rekomendasi PSU 500 watt yang bagus. Pada intinya carilah PSU yang telah memiliki sertifikat 80 plus. Atau lebih tinggi lagi lebih bagus.

Leave a Comment