Prosesor HP Terbaik

Prosesor HP Terbaik – Dalam industri smartphone, kehadiran prosesor menjadi tulang punggung industri tersebut. Hal tersebut karena kehadiran prosesor memang memiliki peranan vital bagi sebuah smartphone. Oleh sebab itu wajar jika ketika membeli smartphone, prosesor HP terbaik dipertimbangkan harus melengkapi smartphone tersebut.

Memang benar, tipe dan jenis prosesor yang menjadi otak smartphone sangat banyak macamnya. Di antara sekian banyak tipe prosesor tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi untuk Anda beberapa varian prosesor HP terbaik yang layak menjadi pilihan. Berikut daftarnya!

Prosesor HP Terbaik

Prosesor HP Terbaik

Prosesor merupakan salah satu komponen utama yang digunakan dalam laptop, komputer, hingga smartphone yang Anda gunakan. Komponen ini sangatlah penting bagi seluruh operasi perangkat komputer, karena bisa dibilang bahwa prosesor merupakan komponen yang berfungsi sebagai otak dan memberikan perintah komponen-komponen lainnya. Berikut merupakan deretan prosesor hp terbaik yang wajib Anda ketahui.

1. Apple A13 Bionic

Apple A13 Bionic

Prosesor HP terbaik yang satu ini merupakan prosesor besutan Apple yang dibangun oleh TMSC dengan dukungan teknologi 7 nm N7P yang di dalamnya mengandung lebih dari 8,5 milyar transistor yang menjadikan chipset ini pastinya memiliki performa yang tinggi akan tetapi tetap hemat daya.

Terdapat sebanyak enam prosesor inti berbasis ARMv8.4-A di balik prosesor ini dan di dalamnya terdapat dua prosesor untuk mendukung performa tinggi yang mampu memberikan kecepatan akses sampai dengan 2,65 Ghz. Apple A13 Bionic tentunya lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu Apple A12 Bionic dan memiliki empat buah prosesor lain yang merupakan prosesor hemat daya bernama Thunder.

Melalui prosesor ini akan Anda temukan dukungan performa sampai 20% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya jika dibandingkan dengan prosesor Apple yang hadir lebih dulu yaitu Apple A12 Bionic.

2. Snapdragon 865+ (Snapdragon 865 Plus)

Snapdragon 865

Prosesor Qualcomm Snapdragon 865+ banyak dipakai oleh berbagai vendor smartphone. Prosesor ini memiliki kegaharan dan kekencangan yang ekstra. Memiliki clock speed dan GPU yang tinggi pula di dalamnya. Juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang menjadikannya semakin kencang.

Akan Anda dapatkan tiga buah kluster prosesor di dalamnya, yang terdiri atas :

  • Kluster Kryo 585 empat core yang didukung kecepatan akses up to 1,8Ghz
  • Kluster tiga core dengan kecepatan akses 2,42 Ghz
  • Kluster prime satu core dengan kecepatan akses 3,1 Ghz yang mampu memberikan performa jauh lebih kencang dari kluster lainnya.

Prosesor HP terbaik yang juga banyak dipakai vendor smartphone ternama ini juga dilengkapi dengan dukungan fitur khusus untuk game sampai 144 fps. Fitur pendukung bernama true 10 bit HDR gaming juga akan Anda dapatkan.

Oleh sebab itu, dengan semua fitur pendukung yang dihadirkan sangat tampak kalau Snapdragon 865+ menjadi salah satu varian prosesor yang hadir untuk ponsel dengan kemampuan gaming yang baik.

3. Snapdragon 865

Snapdragon 865

Snapdragon 865 merupakan versi prosesor standar dari Snapdragon 865+. Chipset ini hadir lebih dulu sebelum Snapdragon 865+ diluncurkan. Teknologi chipset ini hampir sama sebenarnya termasuk mengenai kondisi atau tipe CPU dan GPU.

Hanya saja, pada snapdragon 865+ peningkatan clock dan fitur untuk memaksimalkan gaming jauh lebih baik daripada yang terdapat pada Snapdragon 865 ini. Pada prosesor snapdragon 865, sama halnya dengan snapdragon 865+ yang didukung tiga kluster, namun kecepatan aksesnya berbeda. Khususnya untuk kluster prime, Snapdragon 865 didukung kecepatan akses 2,84 Ghz bukan 3,1 Ghz.

Chipset ini juga didukung oleh GPU Adreno 650 yang memiliki kecepatan up to 10% lebih rendah jika dibandingkan dengan GPU Adreno 650 yang disematkan pada prosesor snapdragon 865+. Prosesor ini sudah dipakai oleh berbagai ponsel resmi di Indonesia seperti :

  • Oppo Find X2 Pro
  • Oppo Find X2
  • Xiaomi Mi 10
  • Black Shark 3
  • Poco F2 Pro

4. Exynos 990

Exynos 990

Exynos 990 menjadi sebuah chipset atau prosesor yang menjadi otak bagi Samsung Galaxy S20 series dan dibangun dengan proses EUV 7 nm oleh Samsung. Chipset ini diklaim oleh Samsung memiliki peningkatan up to 25% untuk kemampuan CPU dan sebesar 20% untuk kemampuan GPU jika dibandingkan dengan chipset kelas atas lainnya dari Samsung, termasuk varian Exynos 9825.

Prosesor ini hadir dengan dukungan empat core dan tiga kluster, terdiri atas :

  • 2 prosesor mongose sebesar 2,73 Ghz untuk mendukung kebutuhan performa yang sangat kencang
  • 2 prosesor cortex-A76 sebesar 2,50 Ghz
  • 4 prosesor cortex-A55 2,00 Ghz

Sementara yang menjadi pelengkap dukungan grafisnya adalah GPU ARM Mali-G77 dengan peningkatan performa grafis up to 20% dan dilengkapi efisiensi tenaga. Sama seperti prosesor snapdragon baik itu snapdragon 865 atau 865+ yang mendukung konektivitas jaringan 5G, chipset Exynos 990 ini pun demikian adanya.

5. Dimensity 1000 dan Dimensity 1000+

Dimensity 1000 dan Dimensity 1000+

Dimensity 1000 merupakan chipset besutan MediaTek yang kehadirannya cukup baik dan ditandemkan sebagai prosesor untuk kelas menengah ke atas. Dimensity 1000 juga mendukung konektivitas 5G yang terintegrasi.

Selain Dimensity 1000 juga ada versi plus yaitu Dimensity 1000+ dengan kecepatan akses yang lebih baik. Untuk Dimensity 1000 memiliki delapan core yang terbagi ke dalam dua cluster, di antaranya :

  • Kluster pertama adalah cluster empat core ARM Cortex-A77 dengan kecepatan akses 2,6 Ghz
  • Kluster kedua adalah cluster empat core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan akses up to 2 Ghz yang lebih hemat daya

Prosesor ini didukung sektor grafis menggunakan ARM Mali-G77 yang menjadikan kombinasinya tak boleh diremehkan. Beberapa pengujian pun menunjukkan kalau chipset ini didukung performa yang sangat baik terlebih karena dibekali kinerja AI (APU) versi 3.0 yang diklaim mampu menghasilkan dorongan kinerja secara signifikan sampai kisaran 4,5 TOPS.

Kemudian Dimensity 1000 ini juga memiliki varian lain seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya yaitu varian Dimensity 1000+ yang lebih baik dan lebih hemat daya jika dibandingkan dengan varian standar yaitu Dimensity 1000 yang kita telah bahas sebelumnya.

Hanya saja lebih banyak produk ponsel yang menggunakan Dimensity 1000 sebagai prosesor HP terbaik mereka dan belum banyak yang mendukung prosesor Dimensity 1000+ di baliknya. Jadi penggunaan versi Dimensity 1000+ ini bisa dikatakan masih sangat jarang.

6. Kirin 9000

Kirin 9000

Prosesor Kirin 9000 menjadi pionir dalam menghadirkan chipset berfabrikasi 5 nm. Chipset besutan Huawei yang diproduksi oleh TSMC ini diproduksi terbatas terlebih setelah muncul larangan penggunaan teknologi bagi Huawei oleh pemerintah Amerika Serikat.

Namun dibalik semua itu, Kirin 9000 tetap menjadi prosesor yang kencang dan mampu menawarkan performa yang sangat baik. Kehadirannya memiliki delapan core yang terbagi ke dalam tiga cluster, terdiri atas :

  • Kluster tiga core ARM Cortex-A77 dengan kecepatan akses 2,54 Ghz
  • Kluster satu core Cortex-A77 dengan kecepatan akses 3,13 Ghz untuk performa unggul yang jauh lebih kencang
  • Kluster empat core Cortex-A55 dengan kecepatan 2,04 Ghz yang lebih hemat daya

Akhir Kata

Itulah beberapa varian prosesor HP terbaik yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memilih Smartphone yang ingin Anda gunakan. Dapatkan pengalaman berselancar yang super kencang dengan menggunakan HP yang memiliki salah satu prosesor HP terbaik di atas.

Terima kasih telah membaca artikel Milesia.id, kami berharap artikel ini dapat membantu mengatasi masalah Anda dan memberikan informasi penting dan bermanfaat bagi Anda. Kami berharap Anda menikmat waktu membaca artikel di website kami. Jangan lupa untuk mengunjungi Milesia.id untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

Leave a Comment