Playstore Apk Download

Playstore Apk Download – PlayStore merupakan elemen terpenting dan keberadaanya tidak bisa dihilangkan dari sistem gawai pintar berbasis Android. Dengan adanya PlayStore maka Anda sebagai pengguna telepon pintar akan lebih mudah mengunduh berbagai aplikasi yang sebagian besar gratis mulai dari gim, e-commerce, dompet digital dan lain sebagainya. Aplikasi – aplikasi ini praktis mendukung dan menunjang performa gawai pintar Anda sehingga tidak heran semua hal dapat dilakukan hanya bermodalkan gawai pintar saja seperti mencari hiburan, berbelanja online, membayar tagihan bulanan, bermain gim daring dan lain –  lain. Berikut akan dipaparkan informasi lebih lanjut mengenai PlayStore komponen inti dari Android, mulai dari sejarah, fungsi, cara mengunduh hingga memasangnya (install) di gawai pintar kesayangan Anda.

Ringkasan Sejarah PlayStore

Ringkasan Sejarah PlayStore

Sudah menjadi rahasia umum antara Android dan PlayStore layaknya pasangan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain tetapi tidak banyak yang tahu bahwa kemunculan PlayStore tidak bersamaan dengan peluncuran Android. Sebelum adanya Play Store, untuk mengunduh atau download sebuah aplikasi pengguna gawai berbasis Android dilakukan melalui sebuah situs jaringan pengembangan lainnya. Seiring berjalannya waktu ternyata industri ponsel khususnya Android mendapat respon positif dari masyarakat dunia sehingga Google sebagai raksasa internet global menghadirkan suatu sistem demi menunjang  keamanan dan kenyamanan pengguna. Peranti tambahan yang Google hadirkan yaitu konten – konten digital yang diadopsi dalam bentuk aplikasi yang terkumpul dalam satu tempat bernama PlayStore.

Play Store dirilis tepatnya pada tahun 2012 yang mana awalnya aplikasi pendung ini bernama Google Play. Tidak sampai 10 tahun, PlayStore berkembang pesat dengan menjamurnya berbagai aplikasi yang terdapat dalam platform tersebut bahkan kini tersedia layanan reguler dan premium. Reguler merupakan kategori untuk aplikasi – aplikasi yang gratis saat Anda hendak mendownloadnya sementara premium yaitu aplikasi – aplikasi yang saat Anda ingin mengunduhkan di PlayStore harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan aplikasi tersebut atau dalam bahasa lain membeli aplikasi.

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa di PlayStore tidak hanya menyimpan ribuan aplikasi pendukung Android saja, namun terdapat pula buku – buku digital dan juga film. Sama halnya dengan aplikasi, PlayStore menyediakan buku dan film yang gratis maupun berbayar atau layanan premium dimana untuk buku dan film mayoritas berbayar sementara untuk aplikasi justru lebih dominan aplikasi yang gratis. Di samping itu, PlayStore dalam sebuah ponsel pintar juga digunakan sebagai fitur keamanan ponsel Anda. Selain itu, platform pengunduhan sejuta aplikasi ini menjadi indikasi sebuah telepon pintar apakah diperdagangkan secara resmi atau ilegal. Artinya jika Android Anda tidak terdapat PlayStore maka perlu dicurigai bahwa smartphone tersebut berasal dari black market.

Fungsi PlayStore Pada Android

Fungsi PlayStore Pada Android

1. Pengunduhan Gim dan Aplikasi Penunjang Android

Salah satu fungsi PlayStore yang paling familiar yaitu sebagai tempat pengunduhan berbagai aplikasi – aplikasi penyokong performa gawai pintar Anda yang  sehingga memudahkan dalam beraktivitas sehari – hari. Mulai dari gim untuk hiburan, aplikasi untuk kesehatan, produktivitas, mobile banking yang memudahkan dalam hal transaksi sehari-hari, dompet digital, berbelanja daring dan lain sebagainya. Di PlayStore Anda akan menemukan permainan versi terbaru secara gratis dan beberapa lainnya premium.

2. Tempat Membeli Buku Digital (E-book)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa PlayStore tidak hanya menyediakan aplikasi dan gim saja tetapi berperan juga sebagai toko buku elektronik. Di sini Anda akan menemukan buku – buku dari berbagai genre terbaru karya para penulis andal. Harga yang dibandrol pun lebih murah jika dibandingkan dengan buku fisik yang dijual di toko buku konvensional dan tidak jarang buku-buku di PlayStore mendapat potongan harga atau diskon yang diberikan oleh para penerbit buku.

3. Menonton Film

Bagi Anda yang malas untuk pergi ke bioskop untuk menonton sebuah film terbaru, Anda bisa memanfaatkan PlayStore untuk menonton film tersebut. Selain film – film terbaru di PlayStore tersedia banyak film dengan genre yang lengkap alhasil akan sangat memanjakan Anda saat berakhir pekan. Sama dengan sistem bioskop di sini Anda juga perlu membayar untuk satu film yang akan Anda tonton. Jadi sebelum menonton Anda perlu melakukan transfer ke pihak PlayStore kemudian baru bisa mendownload atau streaming film yang Anda kehendaki.

BACA JUGA :  Alight Motion Pro

4. Tempat Pembaharuan Aplikasi

Dalam rentan waktu tertentu pihak pengembang aplikasi umumnya akan melakukan progres atas setiap aplikasi buatan supaya kinerja dan pelayanan kian optimal. Sehingga agar fitur – fitur menarik dari aplikasi tersebut bisa Anda rasakan maka perlunya pembaharuan atau update aplikasi yang mana dapat Anda lakukan di PlayStore. Update ini bisa secara otomatis maupun manual tergantung pada setelan yang Anda pilih. Untuk melakukan pembaharuan cukup buka aplikasi PlayStore, klik bagian Aplikasi Saya disana akan terlihat mana saja aplikasi yang mesti diperbaharui yang ditandai dengan tulisan “update”.

5. Tempat Pembelian Konten Premium

Keberadaan PlayStore juga sebagai platform untuk membeli konten – konten premium yang terdapat dalam sebuah aplikasi permainan. Untuk pembayaran yaitu dengan menghubungkan akun PlayStore Anda dengan aplikasi dompet digital (e-wallet) maupun dari mobile banking. Selain itu untuk pembelian konten premium di PlayStore bisa juga menggunakan uang yang tersimpan di akun PlayStore Anda yang mana untuk top up bisa membeli voucher PlayStore di minimarket.

6. Sistem Keamanan Tambahan Ponsel Pintar

Selain sebagai tempat jual-beli aplikasi dan konten premium, PlayStore juga memiliki peranan mendasar untuk sebuah sistem Android yang terdapat pada gawai pintar Anda. Play Store berfungsi melakukan scanning untuk menjaga keamanan seluruh aplikasi yang terpasang pada gawai pintar Anda dari ancaman virus siber. Dimana umumnya, sebelum Anda menginstall aplikasi akan memasuki tahap scanning oleh anti-virus dari PlayStore guna memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak mengancam sistem telepon pintar Anda. Kondisi ini disebut juga sebagai malware yaitu virus yang menyebabkan masalah pada aplikasi atau melakukan pengumpulan data untuk membobol yang berpotensi sebagai hacker.

BACA JUGA :  Whatsapp Mod iOS

Link Pengunduhan PlayStore

Link Pengunduhan PlayStore

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa keberadaan PlayStore merupakan salah satu tanda sebuah ponsel pintar diproduksi dan diperdagangkan secara resmi atau tidak. Karena umumnya ponsel – ponsel yang dijual secara resmi dan bukan hasil produk abal – abal maupun hasil perdagangan black market, PlayStore sudah terpasang dari pabrikan gawai tersebut. Namun jika sudah terlanjur membelinya maka segera download PlayStore untuk memudahkan Anda mendownload berbagai aplikasi lainnya. Berikut adalah tautan untuk mengunduh PlayStore:

Nama Aplikasi Google Playstore
Versi 24.1.34-21.357836824
Ukuran 46
Link 1 Download 1
Link 2 Download 2

Langkah – langkah Download Playstore antara lain:

  • Klik tautan yang sudah tersedia.
  • Selanjutnya link akan membawa Anda ke situs untuk mengunduh Playstore. Pada website tersebut ketuk pada bagian “Unduh Sekarang” yang berwarna abu-abu.
  • Tunggu hingga proses download selesai dengan estimasi waktu 1 menit 22 detik.
  • Setelah itu, bukan file APK yang terunduh pada ponsel Anda.
  • Kemudian klik “pasang / install”.
  • Selesai proses install selesai Anda bisa langsung mengecek bagian Home ponsel Anda jika sudah terdapat ikon Playstore maka installing berhasil dan Anda sudah bisa mendownload berbagai aplikasi menarik di dalam Playstore tersebut.

Akhir Kata

Itulah informasi terkait google playstore apk, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di Milesia ya sobat!

Apabila Anda memerlukan berbagai macam informasi atau gambar mengenai playstore, Anda dapat mencoba link berikut.

Leave a Comment