P2P Lending

P2P Lending – Apa itu p2p lending ? pengertian dan cara kerjanya. Dengan berkembangnya teknologi seiring dengan berjalannya waktu membuat gaya hidup orang juga ikut berubah.

Zaman modern kini semua orang lebih bergantung pada teknologi dari berbagai aspek. Salah satunya yaitu masalah keuangan yang kini bisa anda akses berkat adanya koneksi internet yang cepat dan stabil.

Berbeda dengan dahulu yang harus pergi ke bank jika ingin meminjam uang. Sejak berkembangnya internet dan ponsel pintar kini tidak harus lagi mendatangi bank dahulu agar bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha atau keperluan lainnya.

Tidak mau ketinggalan, berbagai jasa keuangan kini hadir memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bisa menjangkau banyak orang lebih mudah.

Dengan demikian bagi anda yang sedang butuh pinjaman dengan segera maka kini bank bukan lagi satu-satunya opsi yang harus anda pilih.

Bahkan dengan syarat yang lebih mudah dan proses yang lebih cepat bisa anda manfaatkan untuk menghemat waktu mendapatkan dana pinjaman modal berkat adanya p2p lending.

Apa itu p2p lending ?

Apa itu p2p lending ?

P2P Lending adalah jasa keuangan yang bisa memberikan pinjaman kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Jadi singkatnya setiap orang yang ingin meminjam uang kini sudah bisa hanya dari ponsel dan koneksi internet saja tanpa perlu bertatap muka.

Hadirnya p2p lending ini mirip dengan marketplace yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Bedanya pada p2p lending hadir sebagai platform untuk mempertemukan antara peminjam dengan pemberi peminjaman.

Atau dengan bahasa yang lebih sederhana p2p lending berarti pasar digital yang aktivitasnya mencari pinjaman atau ingin memberi pinjaman.

Cara kerja p2p lending

Cara kerja p2p lending

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa p2p lending ini hampir mirip dengan marketplace yang bisa mempertemukan ke dua belah pihak.

Jadi baik itu peminjam atau pemberi pinjaman harus mendaftar dahulu ke salah satu plaftorm p2p lending dengan menggunakan HP atau komputer dan koneksi internet.

Sebagai tips aman sebaiknya pilih p2p lending yang sudah resmi terdaftar OJK. Anda bisa mengunjungi langsung situs OJK guna mengetahui platform p2p lending mana saja yang sudah terdaftar legal.

Para peminjam akan di analisa dahulu oleh pihak perantara yaitu p2p lending apakah layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika sudah kemudian para peminjam ini akan muncul di platform p2p lending yang bisa dilihat oleh para pemberi pinjaman.

Pemberi pinjaman bisa melihat dengan detail segala informasi tentang calon peminjam. Jadi para pemberi pinjaman ini bisa mengira-ngira dahulu apakah calon peminjam ini memiliki kredibilitas yang baik atau masih meragukan.

Jika sudah menemukan yang cocok maka investor atau si pemberi pinjaman ini akan mendanai langsung kepada orang atau peminjam melalui platform p2p lending.

Dan dengan batas waktu peminjaman yang sudah ditentukan kedua belah pihak maka si peminjam akan mengembalikan dana investor melalui platform p2p lending juga.

Setelah itu maka transaksi selesai dan begitulah cara kerja dari p2p lending ini.

Keuntungan penggunaan p2p lending

keuntungan penggunaan p2p lending

Ada banyak keuntungan jika anda menggunakan platform p2p lending. Kehadiran platform ini tentunya bisa memberikan solusi bagi anda yang sedang butuh dana pinjaman.

Demikian juga para investor yang sedang mencari-cari orang untuk mendapatkan pendanaan secara cepat. Dengan adanya platform seperti ini maka setiap orang bisa dengan mudah menemukan peminjam atau pemberi pinjaman tanpa perlu tatap muka terlebih dahulu.

Bagi pemberi pinjaman bisa mendapatkan keuntungan dengan bunga yang lebih tinggi per tahunnya. Dan juga pemberi pinjaman bisa menganalisa dahulu tentang profil dari si peminjam agar bisa memperhitungkan apakah orang ini sanggup membayar tepat waktu atau tidak.

Dan bagi peminjam tentunya juga akan mendapat banyak keuntungan dari menggunakan platform p2p lending. Ada banyak investor yang siap memberikan anda pendanaan untuk berbagai kegiatan modal usaha.

Jadi apabila satu pemberi pinjaman tidak tertarik dengan anda maka jangan khawatir karena masih ada pemberi pinjaman lainnya yang siap mendanai anda secara cepat.

Kerugian penggunaan p2p lending

Kelebihan Aplikasi Dana Mudah

Selain ada keuntungan ternyata p2p lending bisa menyebabkan kerugian apabila anda tidak hati-hati dalam penggunaan nya. Salah satu yang sering terjadi yaitu platform p2p yang bermasalah.

Untuk itu solusi terbaiknya adalah pilih platform yang sudah secara resmi diawasi oleh OJK. Dengan demikian platform tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai perantara yang sah antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Kerugian berikutnya juga bisa terjadi terutama untuk investor atau pemberi pinjaman. Resiko gagal bayar selalu membayang-bayangi pemberi pinjaman.

Oleh karena itu bagi para investor sebelum mengucurkan dana pinjaman sebaiknya analisa dahulu dengan lebih teliti.

Contoh Website / Jasa p2p Lending

Berikut ini beberapa contoh website p2p lending yang tentunya telah terdaftar resmi OJK dan bisa anda lihat sendiri pada situs OJK.

1. Koinworks

Koinworks

Melalui situs resminya yaitu koinworks.com anda bisa memanfaatkan platform p2p ini untuk meminjam dana atau memberi pinjaman. Platform yang sudah resmi terdaftar OJK ini menawarkan kepada para investor untuk bisa melakukan pendanaan mulai dari 100 ribu saja.

Jadi apabila anda mempunyai uang nganggur dan ingin melakukan investasi kecil-kecilan maka platform koinworks ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Keamanan dana investor juga menjadi perhatian penting bagi koinworks dan menjanjikan bunya yang tinggi hingga 23 persen. Jika anda tertarik maka bisa mengunduh langsung aplikasi koinworks dari google play store untuk pengguna HP Android.

2. Amartha

Amartha

Berikutnya ada Amartha yang juga merupakan platform terbaik p2p lending resmi terdaftar OJK. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 2010 ini menekuni bidang jasa keuangan yang terpercaya hingga kini.

Platform Amartha kini lebih fokus untuk memberikan modal pinjaman kepada UMKM yang masih berada di daerah pedesaan atau jauh dari kota.

Untuk anda yang ingin meminjam dana dari Amartha bisa mendapatkan hingga 15 juta dengan tenor maksimal 1 tahun. Aplikasi amartha bisa anda dapatkan dengan mudah baik melalui google play store atau app store.

Hingga saat ini persentase data peminjam yang gagal bayar terbilang sangat rendah. Dan hal ini tentunya juga bisa mengundang para investor yang ingin menanamkan modal dari plaform p2p lending yang bernama amartha ini.

3. Danamas

Danamas

Jika anda termasuk seorang pengusaha pastinya sudah tidak asing lagi dengan logo khas yang ada pada Danamas. Platform p2p lending ini masih bagian dari perusahaan sinar mas group yang tentunya memiliki kredibilitas tinggi.

Semua dana investor akan di asuransi-kan, jadi sudah pasti aman untuk anda pemodal yang ingin menggunakan platform ini. Begitu juga dengan calon peminjam bisa mendapatkan dana pinjaman dengan mudah karena syaratnya tidak muluk-muluk.

Akhir kata

Demikian pembahasan mengenai apa itu p2p lending berserta contoh-contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini maka para pembaca tidak bingung lagi dengan p2p lending.

Terima kasih karena telah mengunjungi Milesia.id, kami berharap informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya ya! Sampai bertemu di lain kesempatan.

Leave a Comment