Mouse Game Terbaik

Mouse Game Terbaik – Mouse atau tetikus merupakan salah satu hardware yang sangat penting untuk Anda miliki sebagai gamers. Berbagai macam mouse memiliki model tertentu maupun khusus untuk berbagai macam keperluan tertentu. Umumnya mouse dengan kualitas yang baik tidak hanya untuk keperluan game namun juga design grafis, engineering modeling, dan banyak hal lainnya. Namun mouse gaming yang optimal dan terdesign khusus biasanya diperuntukan untuk pemain profesional game FPS (First Person Shooter) dan juga pemain profesional untuk MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Hal ini karena kebutuhan akan sensivitas mouse yang penting untuk reflek dan keberlangsungan pertandingan mereka. Berikut merupakan deretan mouse game terbaik beserta informasi dan tips penting lainnya.

Tips Memilih Mouse

Sebelum Anda masuk ke dalam deretan mouse terbaik rekomendasi milesia.id, alangkah baiknya Anda untuk mengetahui jenis mouse seperti apa yang harus Anda seleksi sesuai kebutuhan Anda. Berikut beberapa perbandingan untuk menyeleksi mouse game terbaik Anda.

1. Wireless atau Dengan Kabel

Mouse Game Terbaik

Terdapat dua macam jenis mouse yang umumnya beredar di pasaran. Dua macam mouse tersebut adalah mouse wireless (tanpa kabel) dan mouse biasa yang masih menggunakan kabel. Kelebihan dari menggunakan mouse wireless adalah lebih mudah untuk Anda bawa dan atur karena tidak menggunakan kabel. Selain itu mouse wireless juga memiliki risiko rusak karena adanya aliran listrik atau kabel yang tertekuk karena menggunakan teknologi bluetooth.

Namun kekurangan utama dari mouse wireless adalah perlunya baterai yang harus Anda ganti atau cas setiap beberapa jam pemakaian. Selain itu akan ada delay antara sensitivitas mouse yang Anda gunakan apabila mouse wireless tersebut baterainya sudah akan habis maupun ketika Anda membeli mouse wireless yang abal-abal. Usahakan untuk membeli mouse dengan durasi pemakaian 30 jam dalam sekali pergantian baterai. Kemudian Anda perlu menyimpan dongle dengan baik karena kalau dongle biasanya berukuran kecil dan rawan hilang bila tidak tersimpan dengan baik.

Sedangkan jika Anda menggunakan mouse dengan kabel, Anda tidak perlu khawatir mengenai baterai yang akan habis. Namun kekurangan dari mouse kabel tentunya adanya risiko akan kabel yang tertekuk dan menyebabkan rusak. Selain itu jika Anda bukan orang yang rapi, maka Anda akan memerlukan penempatan mouse yang baik karena kabel akan mengganggu jika tidak tersetup dengan baik.

2. Laser atau Optik

Mouse Game Terbaik

Untuk masalah sensivitas mouse yang lebih detail, jenis mouse laser dan optik sama-sama memberikan pengalaman penggunaan yang cukup baik. Namun secara kualitas, mouse optik memiliki akurasi penggunaan dan sensivitas yang sedikit lebih baik daripada mouse laser. Sedangkan keunggulan dan kelebihan dari mouse laser adalah tipe dan design mousenya yang umumnya dapat digunakan lebih fleksibel dalam berbagai permukaan meja.

3. Tipe Pegangan Mouse

Mouse Game Terbaik

Terdapat tiga jenis tipe pegangan mouse yang beredar di pasaran. Yaitu palm, claw, dan fingertip grip. Dengan memilih tipe pegangan mouse, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan jenis tangan Anda dan seberapa besar ukurannya. Berikut penjelasan singkat mengenai ketiga jenis pegangan mouse ini.

  • Palm Grip : Tipe ini memiliki design permukaan tangan Anda berada di atas bagian belakang mouse, dan jari Anda berada pada bagian atas mouse.
  • Claw Grip : Tipe ini memiliki design pergelangan tangan Anda akan dapat berada pada daerah alas mouse. Telapak tangan Anda tidak akan menyentuh mouse, dan ujung jari akan mencekram bagian atas mouse seperti bentuk cakaran.
  • Fingertip Grip : Mouse jenis ini akan memberikan pergelangan tangan dan telapak tangan Anda terangkat di atas alas mouse dan bagian mouse. Kemudian cengkraman tangan pada ujung jari pada bagian atas mouse.
BACA JUGA :  Redeem Code Genshin Impact Terbaru 2021

4. DPI, CPI, dan IPS

DPI (Dots Per Inch) dan CPI (Counts Per Inch) merupakan aspek penting lainnya dalam mouse. DPI memberikan informasi pada jumlah titik di permukaan yang berhasil dipetakan oleh sensor mouse per inci per segi. Sedangkan CPI mengacu pada berapa kali sensor mouse dapat membaca permukaan alas mouse tiap inci gerakan, mirip dengan DPI, namun lebih akurat.

Memiliki jumlah DPI dan CPI yang besar bukan berarti mouse tersebut menjadi lebih baik, nilai dari DPI dan CPI ini harus berdampingan dengan IPS (Inch Per Second). IPS akan memberikan informasii kecepatan sensor memetakan permukaan di bawahnya. Semakin besar jumlah IPS dan CPI dari suatu mouse, semakin berkualitas sensor mouse tersebut.

Mouse Game Terbaik

Setelah Anda mengetahui mengenai detail dari jenis dan fitur yang ada dalam sebuah mouse, sekarang Anda dapat memilih mouse game yang Anda akan beli. Berikut merupakan deretan mouse game terbaik yang dapat Anda beli.

1. Logitech G102 (Wired)

Logitech G102

Logitech G102 merupakan salah satu mouse yang ekonomis dan memiliki design yang mirip dengan mouse gaming. Mouse ini tidak memiliki grip (pegangan) yang menyesuaikan bentuk tangan seperti mouse gaming mahal pada umumnya. Namun untuk memenuhi kebutuhan game, kualitasnya sudah cukup untuk memberikan pengalaman yang nyaman.

Selain itu mouse ini juga dilengkapi dengan software untuk mengatur sensitivitas dan fitur lainnya yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Mouse ini juga telah memiliki fitur RGB yang cocok untuk Anda yang menginginkan mouse simple dengan tampilan warna yang cukup memuaskan.

Keunggulan dari mouse game ini adalah tombolnya yang kokoh,  penggunaan software yang mudah, dan Tingkat DPI dari mouse ini juga sudah cukup tinggi. Kekurangan dari mouse ini adalah designya yang terlalu simpel dan kabelnya yang mudah kusut. Harga Mouse ini berkisar antara 220.000 – 250.000 rupiah.

2. Logitech G305 (Wireless)

Logitech G305

Mouse game terbaik berikutnya adalah Logitech G305. Tetikus yang satu ini diperuntukan bagi Anda yang menyukai game FPS dan menginginkan mouse yang wireless. Mouse yang satu ini memiliki low click latency yang sangat bagus untuk mouse jenis wireless. Untuk penggunaan gaming, mouse ini sangatlah ringan dan nyaman untuk digunakan untuk waktu yang lama.

Seluruh tombol pada bagian kiri juga dapat Anda program atau setting sesuai dengan preferensi Anda. Kekurangan dari mouse ini adalah ukurannya yang cukup kecil dan kemungkinan tidak cocok bagi Anda yang memiliki tangan yang terlalu besar, selain itu mouse ini tidak rechargable, yang berarti Anda harus mengganti baterainya jika sudah habis. Hargi mouse ini sendiri berada pada harga 900.000-an rupiah.

3. Logitech G402 (Wired)

Logitech G402

Mouse game yang selanjutnya adalah Logitech G402. Mouse ini menawarkan kecepatan yang tinggi dan sensivitas dengan kualitas yang sangat baik dan merupakan jenis  mouse kabel (wired). Utamanya Anda akan sangat nyaman memainkan game FPS dengan mouse ini. Namun karena sensivitasnya yang baik, memainkan game MOBA, serta game-game terbaru lainnya bukan menjadi masalah bagi Logitech G402. Dengan kecepatan maksimal 4000 DPI, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Kelebihan dari Logiitech G402 adalah memiliki 8 tombol yang dapat Anda atur. Kemudian mouse ini memiliki design yang cocok bagi para gamers, tingkat kecepatan maksimal 4000 DPI sangatlah baik untuk mouse gaming dibawah harga 1jtan, dalam pengertian lain, mouse ini sangat murah untuk fitur yang diberikan. Dalam berbagai macam artikel dan forum, kekurangan dari mouse ini adalah designya yang tidak nyaman digunakan oleh orang kidal. Anda dapat membeli mouse ini dengan harga sekitar 400.000 rupiah.

4. Logitech G502 (Wired dan Wireless)

Logitech G502

Mouse game Logitech G502 ini tersedia dalam jenis wired dan wireless. Harga mouse wired sekitar 800.000-an rupiah sedangkan wireless seharga 2 juta rupiah. Kualitas unggulan dari mouse ini tentunya tombolnya yang dapat Anda atur dan ubah sesuai kebutuhan Anda. Sedangkan kecepatan DPI mouse ini dapat mencapai 14.000, sangat besar dan kadang tidak Anda butuhkan, namun tenang saja karen Anda dapat mengatur DPI mouse ini sesuai preferensi Anda.

Mouse ini sangat cocok untuk Anda para gamers yang memainkan berbagai macam jenis game. Keunggulan dari mouse ini adalah fitur yang lengkap, presisi yang mudah Anda atur, dan grip atau pegangannya yang nyaman untuk kebanyakan orang.

BACA JUGA :  Fishing Spot Genshin Impact Terlengkap 2021

5. Logitech G703 (Wireless)

Logitech G703

Logitech G703 merupakan mouse jenis wireless. Mouse ini sangat cocok bagi Anda yang bekerja kantoran, multimedia, hingga game FPS dan MMO. Terdapat 6 tombol yang dapat kalian ubah sesuai kebutuhan, kemudian designya yang elegan namun simpel juga menjadi keunggulan dari logitech G703 ini.

Keunggulan dari mouse ini adalah nyaman dan dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama. Selain itu mouse ini memiliki low click latency untuk jenis mouse wireless. Kekurangan dari mouse ini adalah tidak adanya tempat storage untuk menyimpan donglenya, jika tidak hati-hati akan mudah hilang, kemudian bentuknya yang sedikit ‘bulky’ tidak cocok untuk jenis tangan tertentu, meskipun secara umum Logitech G703 nyaman digunakan untuk sebagian besar tipe tangan. Harga mouse ini berkisar pada 1,4 juta rupiah.

6. Logitech G Pro X Superlight (Wireless)

Logitech G Pro X

Logitech G Pro X Superlight, merupakan mouse dengan design yang futuristik dan berjenis wireless. Merupakan penerus dari Logitech G Pro Series, mouse ini memiliki berat yang lebih ringan. Kemudian mouse ini memiliki baterai yang tertanam di dalamnya, serta memiliki fitur rechargeable.

Logitech mengklaim bahwa mouse ini dapat Anda gunakan selama 70 jam dalam sekali pengecasan. Untuk mouse wireless, ini merupakan salah satu mouse terbaik dan juga dapat Anda gunakan untuk gaming. Selain itu mouse ini juga memiliki maksimal DPI sebesar 25.600. Harga Logitech G Pro X Superlight ini sekitar 1,8-2 juta rupiah.

7. Razer Viper Ultimate  (Wireless dan Wired)

Razer Viper Ultimate

Berikutnya kita masuk ke dalam Razer series. Razer Viper Ultimate ini sangat bagus Anda gunakan untuk Game FPS, selain itu keunggulan lainnya dari mouse yang satu ini adalah Anda dapat menggunakannya dengan kabel maupun tanpa kabel (wireless dan wired). Mouse ini memiliki latency yang sangat rendah, baik itu dalam mode wired maupun wireless.

Kemudian tombol-tombolnya juga mudah untuk Anda ubah, design dan buildnya juga universal untuk berbagai macam grip dan tipe tangan. Kekurangan dari mouse ini adalah ukurannya yang cocok untuk tangan kecil maupun medium. Untuk Anda yang berukuran tangan besar akan sedikit kesulitan menggunakan mouse ini. Harga Razer Viper Ultimate ini adalah 2,4 juta rupiah.

8. Razer Deathadder V2 (Wired)

razer deathadder v2

Razer Deathadder V2 disebut-sebut menjadi salah satu mouse gaming wired yang paling baik dengan berbagai macam kualitas dan keunggulan yang dimilikinya. Designya yang mengutamakan kenyamaan, DPI yang mencapai 20.000, dan sensor optik yang tahan lama menjadi nilai jual dari mouse razer ini.

Namun, mouse ini memiliki harga yang cukup mahal yaitu dalam rentang 2 juta rupiah. Mouse ini dilengkapi dengan thumb rest, dan karena mengutamakan kenyamanan, untuk kantor, design, hingga bermain game fps, moba, dan berbagai macam keperluan lainnya juga menjadi daya tarik dari mouse ini. Meskipun berkabel, mouse ini memiliki kabel yang tak mudah kusut dan tahan lama. Mouse game ini merupakan salah satu yang terbaik.

Leave a Comment