Microfinancing

Microfinancing – Mengenal Microfinancing atau keuangan mikro lebih dalam untuk anda yang ingin memulai bisnis dari awal. Dalam rangka meningkatkan perekonomian suatu negara, tentunya pemerintah harus punya kebijakan yang efektif.

Saat ini masih banyak masyarakat miskin di Indonesia yang tidak punya modal atau uang cukup untuk memulai sebuah usaha. Sebab kita tahu bahwa tanpa modal usaha maka pelaku usaha kecil sekalipun tidak akan bisa menjalankan bisnisnya dengan baik.

Terutama untuk daerah yang jauh dari perkotaan seperti pedesaan karena rata-rata penduduknya masih miskin. Maka dari itu dengan adanya lembaga keuangan mikro, masyarakat dapat memperoleh bantuan pinjaman uang.

Dalam rangka mengentaskan kemiskinan kini pemerintah mulai gencar untuk mendirikan lembaga keuangan di berbagai daerah. Dengan demikian masyarakat kelas bawah atau orang miskin juga punya kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha.

Jika anda adalah salah satu orang yang ingin mendirikan bisnis kecil-kecilan tapi tidak punya modal maka bisa manfaatkan lembaga keuangan mikro atau microfinancing ini.

Apa itu microfinancing ?

Apa Itu Microfinancing

Microfinancing adalah suatu lembaga keuangan yang bisa melayani masyarakat kelas bawah untuk membantu bisnis UMKM agar bisa berjalan dan berkembang dengan baik.

Misalkan saja anda sudah punya rencana membuka usaha laundry tetapi butuh dana untuk membeli peralatan pendukungnya atau perbaikan. Maka dengan memanfaatkan microfinancing anda bisa mendapatkan modal yang sedang dibutuhkan untuk bisnis tersebut.

Dengan kata lain semua pelaku usaha kecil yang butuh tambahan modal bisa memanfaatkan kredit mikro ini. Adapun produk yang ditawarkan dari microfinancing ini tidak terbatas pada pinjaman modal saja.

Para pelaku usaha juga bisa mendapatkan beberapa produk lain seperti rekening tabungan, hingga investasi dan asuransi yang menjanjikan.

Sebab kita tahu bahwa dalam menjalankan bisnis modern ini para pelaku usaha juga harus mempunyai akses rekening bank untuk keperluan pembayaran non tunai atau transaksi digital lainnya.

Pada prinsipnya pemerintah ingin membantu masyarakat kurang mampu agar usahanya bisa berkembang dengan cara meningkatkan akses pendanaan secara lebih mudah.

Keuntungan Penggunaan Microfinancing

Keuntungan Penggunaan Microfinancing

Pastinya ada beberapa keuntungan dalam penggunaan microfinancing atau keuangan mikro bagi para pelaku bisnis UMKM. Dan berikut ini beberapa keuntungan tersebut yang akan anda dapatkan dari kredit mikro.

1. Bunga rendah

Tidak perlu khawatir soal bunga pinjaman karena kredit mikro tidak sama dengan kredit makro yang punya bunga lebih tinggi. Yang jelas para pelaku usaha kelas mikro kecil dan menengah ini bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah.

Dengan begitu maka para pelaku usaha kecil ini bisa lebih fokus pada bisnisnya dan bisa mengembalikan dana pinjaman tepat waktu tanpa merasa terbebani.

2. Ada banyak pilihan kredit mikro

Beruntung saat ini tidak hanya lembaga keuangan milik pemerintah saja yang menyediakan layanan kredit mikro seperti Bank BRI.
Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi maka masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas p2p lending yang bisa menggunakan secara online.

Saat ini sudah ada banyak sekali jasa keuangan mikro yang bertebaran di internet dan bisa anda pakai untuk menjalankan bisnis sebaik mungkin.

Tidak perlu lagi datang ke bank dan bertemu secara langsung. Cukup gunakan saja HP yang sudah terkoneksi ke internet maka anda sudah bisa memanfaatkan microfinancing dengan baik.

3. Uang bisa cepat cair

Berkat adanya perpaduan antara jasa keuangan dan sistem elektronik yang canggih maka uang bisa cepat cair dengan mudah. Gunakan saja aplikasi atau website resmi dari penyedia program microfinance tersebut untuk memulai pengajuan pinjaman.

Kemudahan akses informasi dan komunikasi ini bisa anda manfaatkan untuk memperoleh pendanaan yang cepat. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran untuk pengajuan pinjaman hingga pencairan dana semuanya sudah bisa online.

Tidak perlu lagi repot-repot datang ke bank untuk bertatap muka yang bisa buang waktu untuk anda yang super sibuk.

Microfinancing Legal Di Indonesia

Microfinancing Legal Di Indonesia

Dengan semakin populernya microfinancing di indonesia maka supaya tidak bingung memilih, anda bisa pertimbangkan beberapa microfinancing legal berikut ini yang sudah resmi mendapat izin OJK.

1. BRI

KUR BRI ONLINE

Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk kredit mikro dari BRI yang sejatinya adalah bank resmi milik pemerintah. Bank rakyat Indonesia atau BRI juga melayani microfinancing untuk anda yang ingin mendapatkan modal usaha.

Tidak butuh syarat yang muluk-muluk untuk bisa dapat pinjaman modal dari BRI. Syarat yang pertama yaitu anda harus sudah menjalankan bisnis tersebut minimal setengah tahun dan masih aktif hingga kini.

Syarat kedua tentunya anda tidak sedang mempunyai pinjaman lembaga keuangan lain karena jika ada maka anda harus lunasi dahulu supaya tidak menumpuk.

Dan terakhir anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen saja seperti e-KTP, KK serta NPWP.

2. Amartha

Amartha

Jasa keuangan legal yang sudah terdaftar OJK berikutnya yaitu Amartha. Untuk anda yang ingin cepat mendapatkan pinjaman modal usaha bisa gunakan layanan fintech ini hanya dari aplikasi.

Perusahaan ini legal, jadi anda tidak perlu meragukan lagi karena aturan mainnya sudah jelas dan pastinya aman terpercaya.
Tidak peduli usaha mikro apa yang ingin anda jalankan karena Amartha hadir untuk mendanai kebutuhan-kebutuhan seperti itu.

Besarnya pinjaman serta lama waktu pelunasan juga bisa di sesuaikan dari awal. Dengan demikian anda bisa memperkirakan secara akurat bagaimana uang itu nantinya dikelola dengan sebaik mungkin.

3. Julo

julo logo

Melalui google play store, anda bisa download dan install aplikasi yang bernama JULO ini untuk mendapatkan pinjaman modal secara cepat dan praktis.

Kehadiran microfinancing seperti JULO ini sangat membantu sekali bagi masyarakat kelas bawah agar memperoleh kesempatan untuk mengembangkan usahanya secara efektif.

Tawaran bunga yang rendah, serta proses dana yang cepat cair membuat JULO yang telah terdaftar resmi OJK ini sangat layak untuk anda gunakan.

Cara Memilih Microfinancing Yang Bagus?

Tips cara memilih microfinancing yang bagus. Dengan trend yang terus meningkat tentang microfinancing di masyarakat membuat berbagai jasa keuangan juga terus bertambah dalam memberikan layanan yang serupa.

Tidak perlu bingung setiap anda menjumpai aplikasi pemberi pinjaman modal baik dari iklan maupun yang muncul dari play store. Sebab cara membedakan yang bagus dengan tidak sebenarnya cukup simpel.

Ciri pertama microfinancing yang bagus sudah pasti harus terdaftar OJK. Sebab jika tidak maka perusahaan tersebut dipastikan perusahaan ilegal. Jadi jangan hanya lihat dari situs microfinancing saja tetapi cek juga langsung dari situs OJK apakah benar sudah terdaftar atau belum.

Lalu yang kedua yaitu soal aturan main yang transparan dan keterbukaan informasi. Jangan coba pinjam apabila aturannya meragukan.

Peminjam yang bijak harus mengetahui aturan mainnya terlebih dahulu mulai dari bunga, batas waktu pelunasan beserta aturan lainnya.

Akhir kata

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan keuntungan dari Microfinancing. Semoga yang membaca artikel ini bisa lebih memahami keuangan mikro ini secara mendalam. Terima kasih karena telah membaca artikel di Milesia, Semoga Anda menikmati kunjungan Anda dan jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menariknya di website kami!

Leave a Comment