KUR BRI Online

KUR BRI Online – Dalam dunia perbankan, pemerintah membentuk sebuah program yang dinamakan Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disebut KUR. Program ini bertujuan untuk memberikan suntikan finansial kepada badan usaha atau calon pekerja yang memiliki potensi yang baik, tetapi belum memenuhi syarat untuk melakukan pinjaman ke program perbankan secara langsung. Dengan demikian, diharapkan para penerima modal dapat mendapatkan hasil usaha yang jauh lebih maksimal dibanding waktu sebelumnya. Pemerintah menggandeng beberapa lembaga keuangan dalam melaksanakan program ini, salah satunya adalah bank.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang dipercaya untuk menjadi penyalur KUR. Bank BRI merupakan lembaga keuangan yang sudah erat kaitannya di kehidupan masyarakat karena kualitasnya yang baik. Hal tersebut terbukti pada tahun 2021, Bank BRI dinobatkan menjadi Bank terbaik di Indonesia versi The Asian Banker. Maka dari itu, BRI dapat menjadi jawaban untuk anda yang sedang berencana untuk mengajukan program KUR ini.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat BRI tidak hanya melayani pengajuan KUR secara offline saja, tetapi juga dapat memproses pengajuan yang dilakukan secara online. Program KUR BRI Online yang diluncurkan pada tahun 2020 ini menjadi salah satu bentuk partisipasi aktif dari BRI untuk bisa berkontribusi dalam peningkatan kualitas usaha kecil menengah di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, BRI mendapat dukungan dari platform e-commerce besar yaitu Shopee dan Tokopedia dan juga dari pihak perusahaan ride hailing kenamaan yakni Grab dan Gojek. Maka dari itu, mari kita ulas program ini lebih jauh.

Jenis dan Syarat Pengajuan KUR BRI Online

KUR BRI ONLINE

Dilansir dari laman resmi BRI, berikut merupakan jenis KUR yang ada serta persyaratan yang perlu dipenuhi oleh debitur, yaitu:

1. KUR Mikro Bank BRI

Jenis KUR ini bertujuan untuk memberikan modal kerja atau investasi kepada debitur dengan batas pinjaman sebesar 50 juta rupiah. Suku bunga yang ditawarkan sebesar 6% dengan keuntungan lainnnya yakni bebas biaya administrasi dan provisi.

Jenis pinjaman:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan batas waktu pinjaman 3 tahun
  • Kredit Investasi (KI) dengan batas waktu pinjaman 5 tahun

Persyaratan:

  1. Diajukan oleh perseorangan (individu)
  2. Memiliki usaha yang sudah dijalankan secara produktif minimal 6 bulan
  3. Usaha yang dijalankan terdaftar di salah satu e-commerce (Tokopedia, Shopee, dan lain-lain) dan/atau terdaftar di perusahaan ride hailing (Grab atau Gojek)
  4. Debitur yang sedang menerima kredit konsumtif seperti Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pemilikan Rumah, atau Kartu Kredit, diperbolehkan untuk melakukan pengajuan KUR. Namun diluar itu, debitur tidak diperkenankan untuk menerima jenis kredit lain dari badan perbankan.
  5. Menyiapkan persyaratan administrasi, antara lain Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan surat izin usaha yang dapat berupa surat keterangan dari e-commerce atau ride hailing terkait.

2. KUR Kecil Bank BRI

Jenis KUR ini bertujuan untuk memberikan modal kerja atau investasi kepada debitur dengan batas pinjaman sebesar 50-500 juta Rupiah. Suku bunga yang diajukan hanya sebesar 6% dan disertai keuntungan bebas biaya administrasi dan provisi. Namun, KUR ini memiliki agunan yang disesuaikan dengan peraturan bank.

Jenis Pinjaman

  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan batas masa pinjaman 4 tahun
  • Kredit Investasi (KI) dengan batas masa pinjaman 5 tahun

Persyaratan:

  1. Debitur mempunyai usaha yang produktif
  2. Apabila debitur yang tengah menerima kredit konsumtif seperti Kartu Kredit Kredit Pemilikan Rumah, dan Kredit Kendaraan Bermotor, diperbolehkan untuk mengajukan KUR. Akan tetapi diluar tiga hal tersebut, tidak diperkenankan
  3. Usaha yang dijalankan sudah aktif selama minimal 6 bulan
  4. Memiliki IUMK atau Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil. Apabila tidak memilikinya, debitur dapat menggantinya dengan surat keterangan dari otoritas terkait.

3. KUR TKI Bank BRI

Jenis KUR ini diberikan untuk membiayai keberangkatan Tenaga Kerja Indonesia ke negara penempatan dengan batas pinjaman 25 juta Rupiah atau sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah. Negara penempatan yang dimaksud yakni Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan. Batas waktu dari kredit ini adalah 3 tahun atau berdasarkan dengan kontrak kerja yang ada. Besaran bunga yang diajukan pun sama sepertinya jenis KUR sebelumnya, yakni 6% disertai bebas biaya administrasi dan provisi.

Persyaratan:

  • Debitur merupakan individu yang akan berangkat ke negara penempatan sebagai TKI
  • Menyiapkan persyaratan administrasi seperti identitas diri yang berupa KTP dan Kartu Keluarga, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, paspor, visa, dan persyaratan lainnya.

Cara Melakukan Pengajuan di KUR BRI Online

kur bri online

Untuk mendaftarkan diri dalam program KUR BRI Online, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan gadget atau komputer anda untuk mengunjungi laman kur.bri.co.id
  2. Pilih ikon “Ajukan Pinjaman”
  3. Jika sudah memiliki akun, lakukan login menggunakan alamat surel dan masukkan kata sandi yang sudah terdaftar. Namun, jika anda belum memiliki akun di laman tersebut, pilih ikon “Daftar”.
  4. Terdapat pernyataan yang diajukan oleh BRI. Apabila sudah membacanya dengan baik, Klik “Setuju”
  5. Isi formulir pengajuan yang tentang profil pribadi anda, profil usaha yang sedang dijalankan, unggah dokumen, dan juga data pengajuan.

Keunggulan Program KUR BRI Online

KUR BRI ONLINE

KUR BRI Online tentu menyajikan berbagai keuntungan bagi para nasabahnya, antara lain:

1. Jumlah Dana KUR yang Besar

Dibandingkan lembaga penyalur KUR lainya, BRI mempunyai kucuran dana yang lebih kuat. Di tahun 2021 ini saja, besaran dana KUR BRI berada di angka 170 triliun Rupiah. Maka dari itu, kemungkinan pengajuan KUR anda disetujui akan jauh lebih besar dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

2. Produk KUR yang Variatif

Produk KUR BRI Online yang variatif membuat anda bisa lebih spesifik dalam menemukan hal yang benar-benar anda butuhkan, sehingga anda tidak perlu lagi merasa bingung dalam menentukan jenis KUR yang akan diajukan.

3. Suku Bunga yang Rendah

Suku bunga dari KUR BRI Online relatif lebih rendah dibandingkan lembaga penyalur lainnya. Kabar baiknya, anda juga akan mendapatkan subsidi bunga sebesar 3% sampai akhir tahun 2021. Hal ini tentu para penerima KUR menjadi lebih untung.

4. Cara Pengajuan Bisa Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja

Anda hanya perlu menyiapkan data yang dibutuhkan tanpa harus mengantri ke Bank BRI terdekat. Dengan menggunakan media teknologi seperti gadget atau laptop, anda bisa melakukan pengajuan KUR tanpa harus terbatas ruang dan waktu. Hal ini tentu membuat waktu anda menjadi lebih efisien dan membantu anda untuk mengurangi mobilitas keluar rumah.

Akhir Kata

Demikian sekilas informasi tentang KUR BRI Online. Program pengajuan dana usaha yang mudah ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan modal usaha anda. Jika masih ragu atau ingin mengenal program KUR BRI Online ini secara lebih mendetail, anda dapat menghubungi kontak yang ada di laman resmi BRI .

Terima kasih telah membaca artikel Milesia.id, semoga Anda menikmati kunjungan di website kami. Jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di Milesia.id.

Leave a Comment