Jaringan 5G

Jaringan 5G –  Saat terhubung dengan internet, kekuatan sinyal sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet. Kekuatan sinyal ini atau dapat dikatakan sebagai jaringan ini ditampilkan di telepon seluler dengan tampilan jaringan 2G, 3G, 4G dan baru-baru ini muncul jaringan baru, yaitu 5G.

Mengapa G? Karena G merupakan singkatan dari generasi (generation). Setiap generasi mempunyai standart tertentu dimana standart jaringan tersebut akan disesuaikan dengan sistem telepon pada saat itu. Setiap generasi juga memiliki kriteria tertentu yaitu memiliki kecepatan jaringan yang semakin tinggi, adanya frekuensi baru serta teknologi transmisi terbaru juga.

5G adalah generasi kelima dari jaringan seluler. Jaringan 5G memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dari 4G. Jaringan 5G ini menciptakan peluang yang sangat baik di era sekarang ini dimana jaman digital semakin maju.

Seperti yang sudah diketahui, di Indonesia jaringan 5G sudah bisa digunakan sejak tahun 2020 tetapi belum semua jaringan memiliki fitur 5G ini, sedangkan pada beberapa negara maju jaringan 5G sudah bisa digunakan.

Jaringan 5G ini memiliki kecepatan koneksi lebih cepat dari generasi-generasi sebelumya, dengan menggabungkan teknologi jaringan yang canggih serta penelitian-penelitian terbaru, 5G mampu menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada koneksi yang ada saat ini tanpa adanya kendala atau masalah apapun dalam hal kecepatan dan konektifitasnya.

Meskipun 5G sudah diluncurkan dipasaran Indonesia (tetapi belum sepenuhnya dapat menjangkau jaringan ini) yang dimana nantinya jaringan ini memiliki potensi serta pengaruh besar pada pengembangan kualitas internet di masa depan khsusnya di Indonesia. Investor-inovator teknologi tentunya akan terus meningkatkan teknologi jaringan ini hingga jaringan tak terbatas. Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan cara yang lebih efisien, efektif dan praktis.

Apabila melihat dari kapasitasinya, khususnya pada tempat atau lokasi di Indonesia yang padat penduduknya, jaringan 5G memiliki kecepatan lebih baik daripada jaringan 4G. Jaringan 5G ini memiliki kecepatan rata-rata hingga 500 Mbps. Pada jaringan 4G memiliki kecepatan maksimum mencapai 100 Mbps, sedangkan pada jaringan 5G mencapai 10 Gbps.

Bagaimana jaringan 5G bekerja?

Bagaimana jaringan 5G bekerja?

Jaringan nirkabel terdiri dari situs-situs jaringan yang dibagi menjadi sektor-sektor yang mengirim data melalui gelombang radio. Pada perkembangan teknologi generasi keempat ini (4G) menyediakan dasar untuk jaringan 5G.

Tidak seperti jaringan 4G yang membutuhkan menara jaringan (tower) berkekuatan tinggi dan besar untuk memancarkan sinyal dalam jarak yang lebih jauh, jaringan 5G memiliki sinyal nirkabel yang dikirimkan melalui sejumlah besar stasiun jaringan-jaringan kecil yang berlokasi di tempat-tempat seperti tiang lampu atau atap bangunan.

Pada jaringan sebelum 5G yaitu 4G telah diketahui bahwa menggunakan teknologi nirkabel, dimana pita frekuensi spektrum yang digunakan lebih rendah daripada jaringan 5G.

Untuk mengimbangi tantangan berkaitan dengan jarak dan gangguan gelombang MM (gangguan gelombang terkait dengan masalah jaringan internet), industri nirkabel juga mempertimbangkan penggunaan spektrum frekuensi rendah untuk jaringan 5G sehingga operator jaringan bisa menggunakan spektrum untuk membangun jaringan baru mereka dengan tujuan untuk menghidari adanya masalah gangguan jaringan.

Gelombang MM dapat digunakan di daerah padat penduduk seperti di daerah-daerah ibukota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang), sementara titik tengah dan rendah dapat digunakan di daerah kurang padat (seperti pada daerah pedalaman yang minim dengan sinyal internet).

Manfaat menggunakan jaringan 5G?

Manfaat menggunakan jaringan 5G?

Meskipun sisi negatif 5G jelas ketika mempertimbangkan betapa mudahnya gelombang MM dapat diblokir, atau adanya batasan pemaparan frekuensi radio (RF), tetapi 5G masih memiliki banyak manfaat yang layak, seperti berikut:

  1. Dapat menghasilkan frekuensi yang lebih tinggi (lebih cepat)
  2. Memiliki bandwidth tinggi (kapasitas jaringan yang tinggi)
  3. Peningkatan frekuensi ponsel
  4. Tingkat data yang lebih tinggi
  5. Potensi untuk memiliki jaringan ponsel 5G terdiri dari beberapa frekuensi

Pada jaringan 4G sudah tersedia di berbagai tempat di Indonesia (4G sudah tersedia dimana saja) tetapi jaringan 4G ini memiliki kelemahan yaitu untuk daerah pedalaman atau daerah pedesaan masih sulit mendapatkan sinyal untuk jaringan 4G ini, dengan kata lain jangkauan jaringan 4G sulit tersedia pada daerah terpencil . Sedangkan untuk jaringan 5G tidak hanya memberikan jangkauan di kota-kota besar saja, tetapi hingga daerah-daerah terpencil juga.

Jaringan 5G akan digunakan dalam jangka waktu kedepan untuk memberikan peningkatan terhadap kualitas internet di perangkat telepon. Jadi jaringan 5G diharapkan untuk memberikan berbagai aplikasi terbaru dan kasus bisnis tertentu.

Apa jenis 5G layanan nirkabel akan tersedia?

Apa jenis 5G layanan nirkabel akan tersedia?

Operator jaringan sedang mengembangkan dua jenis layanan 5G, diantaranya adalah :

  • Jaringan 5G merupakan layanan tetap jaringan broadband nirkabel yang memberikan akses internet ke rumah dan bisnis tanpa koneksi kabel ke tempat.
  • Untuk itu, para operator jaringan mengerahkan NRs dalam situs-situs jaringan kecil di dekat gedung-gedung untuk mengirimkan sinyal ke penerima di atap atau di bingkai jendela yang diperkuat di dalam gedung.
  • Layanan tetap broadband diharapkan mengurangi biaya bagi para operator untuk memberikan layanan broadband ke rumah-rumah dan bisnis karena pendekatan ini meniadakan kebutuhan untuk menggulung garis serat optik ke setiap rumah.
  • Sebaliknya, operator hanya perlu menginstal serat optik ke situs sel, dan pelanggan menerima layanan layanan broadband melalui modem nirkabel yang berlokasi di tempat tinggal atau bisnis mereka.
  • Layanan seluler 5G menyediakan akses pengguna ke jaringan seluler 5G operator. Layanan ini mulai dibuka pada tahun 2019 ketika perangkat 5g-(atau yang sesuai) pertama tersedia secara komersial.

Perbedaan jaringan 5G dan 4G

Setiap generasi teknologi seluler berbeda dalam kecepatan transmisi datanya dan metode pengkodean, yang membutuhkan pengguna akhir untuk mengupgrade perangkat keras mereka. 4G dapat menyokong 2 sektor dan secara perlahan terus meningkatkan kecepatan. Jaringan 4G memberikan kecepatan rata-rata sampai 500 kali lebih cepat dari jaringan 3G. Sedangkan, jaringan 5G memberikan kecepatan jaringan hingga sampai 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Salah satu perbedaan utama antara 4G dan 5G adalah tingkat latensi, dimana 5G akan memiliki tingkat klatensi jauh lebih sedikit. 5G akan menggunakan frekuensi pengkodean ortogonal multiplexing (OFDM), mirip dengan 4G LTE. 4G akan menggunakan 20 saluran MHz, yang terhubung dengan 160 MHz. dalam 100 dan 800 saluran MHz, membutuhkan gelombang udara yang tergolong sangat besar daripada gelombang udara dari 4G.

Selain kasus diatas, Samsung saat ini sedang meneliti 6G. Tidak terlalu banyak yang diketahui tentang seberapa cepat 6G dan bagaimana jaringan tersebut akan bekerja. Namun, 6G mungkin akan bekerja dalam perbedaan yang sama besarnya seperti antara 4G dan 5G. Beberapa berpendapat atau berpikir bahwa 6G dapat menggunakan gelombang MM pada spektrum radio dan mungkin satu dekade lagi.

Akhir Kata

Itulah informasi dan penjelasan penting mengenai 5G yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda, terima kasih telah berkunjung di Milesia.id. Jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di website kami ya!

Leave a Comment