Headset Bluetooth

Headset Bluetooth – Apa itu headset? Sebelum mengenal lebih jauh yuk kita berkenalan dulu dengan headphone, headset, earphone, dan earbuds. Keempat istilah tersebut seringkali dianggap mirip, karena yang penting Anda bisa mendengarkan musik dengan nyaman.

Headphone adalah suatu benda yang memiliki dua speaker mini yang disangga oleh bahan plastik atau lempengan alumunium yang ditaruh di atas kepala, ditutupi di seluruh bagian telinga, dan dilengkapi peredam gangguan suara atau noise sehingga dapat memberikan kualitas suara terbaik yang Anda bisa dengarkan. Headset terlihat mirip dengan headphone, perbedaannya hanya pada fungsinya dimana headset bisa digunakan untuk berkomunikasi, tidak hanya untuk mendengar musik, berbeda halnya dengan headphone yang hanya digunakan untuk mendengar suara. Benda tersebut sangat cocok jika Anda ingin mengadakan meeting dan ingin fokus mendengarkan suara-suara dan kemudian berkomunikasi dengan orang lain.

Earphone adalah suatu benda yang didesain lebih kecil, yaitu hanya menutupi lubang telinga saja dan didesain menjadi aksesoris perangkat pintar Anda. Namun, meskipun demikian, terdapat lubang mikrofon yang mendukung Anda untuk berkomunikasi, meski suaranya tidak sebagus headset. Earbuds juga dirancang untuk muat digunakan di lubang telinga, namun jika digunakan dalam waktu lama, telinga Anda bisa terasa sakit karena bodi plastiknya yang langsung bersentuhan dengan kulit.

Biasanya, headset dan sebagainya memiliki kabel yang dihubungkan langsung ke perangkat. Tetapi, ada pula jenis lain yaitu headset Bluetooth, yang mana tidak memerlukan pemasangan langsung, melainkan memakai aplikasi Bluetooth agar headset tersebut bisa langsung dipakai oleh Anda. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai headset kece yang satu ini.

Kelebihan Headset Bluetooth

kelebihan headset bluetooth

Secara umum, berikut ini kelebihan dari headset yang dilengkapi fitur Bluetooth.

  1. Hands-free. Headset ini nirkabel alias tidak memiliki kabel, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan berbagai macam kegiatan sambil mendengarkan segala sesuatu dari perangkat Anda. Beda halnya dengan headset biasa, yang mana kabel yang terpasang perlu diatur agar tidak mengganggu aktivitas Anda.
  2. Menjaga produktivitas. Misalkan ketika Anda sedang melakukan pekerjaan dan tiba-tiba ada yang menelepon Anda, maka Anda bisa mengangkatnya tanpa perlu menyentuh telepon Anda.
  3. Membuat Anda tetap fokus, karena Anda tidak perlu repot-repot mengambil ponsel jika terjadi sesuatu yang dapat membuyarkan konsentrasi Anda
  4. Keamanan terjamin, misalnya ketika Anda sedang berkendara, tidak perlu khawatir jika ingin menerima panggilan penting ketika berkendara karena tidak perlu memegang ponsel Anda.
  5. User-friendly karena penggunaannya tidak ribet.
  6. Risiko penyakit seperti sakit kepala dan kanker otak dapat dikurangi.
  7. Tampil lebih keren karena desain yang dapat mendukung gaya Anda di mana saja.
  8. Dapat digunakan sembari berolahraga terutama dengan headset yang memiliki desain sporty
  9. Menjaga daya tahan baterai ponsel karena headset nirkabel ini tidak memerlukan lebih banyak daya listrik dan daya sinyal.
  10. Meminimalisir gangguan sinyal karena terdapat teknologi frequency-hopping spread spectrum yang terdapat pada Bluetooth.

Tips Memilih Headset Bluetooth

Tips Memilih Headset Bluetooth

Mungkin Anda bakal bertanya-tanya, bagaimana cara memilih headset berfitur Bluetooth yang baik dan sesuai dengan Apa yang anda butuhkan? Berikut ini tips yang dapat dibagikan teruntuk Anda yang masih bingung.

1. Spesifikasi, Tipe, dan Fitur Penting

Mungkin hal pertama yang Anda harus cek adalah spesifikasi dari barang-barang elektronik termasuk pula headset tanpa kabel. Ketahuilah tipe Bluetooth yang dipakai dan sesuaikan dengan perangkat Anda. Selain itu, perhatikan pula fitur-fitur penting lainnya seperti noise cancelling, sensitivitas, isolasi suara, dan drivers.

2. Kuailtas Suara

Hal yang paling penting di sini adalah cek kualitas suara yang dikeluarkan sebelum Anda membelinya. Jika Anda membeli secara online, Anda bisa membaca review atau menanyakan hal tersebut kepada teman Anda yang pernah membeli barang itu sebelumnya. Tetapi jika Anda membeli secara langsung, Anda bisa mencobanya secara langsung. Setiap merk headset memiliki kualitas suara yang berbeda, jadi piliihlah yang terbaik namun tetap nyaman di telinga Anda.

3. Kompatibilitas

Perhatikan pula kesesuaian codec dengan perangkat yang Anda gunakan agar kualitas suara yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk iOS, biasanya jenis codec yang dipakai adalah Advance Audio Coding (AAC), sedangkan di Android adalah apt-X.

4. Material

Headset berbahan busa (foam) akan memberikan kualitas suara yang lebih baik karena kemampuannya dalam meredam suara dan adaptasi dengan bentuk telinga yang lebih baik dibandingkan silikon.

5. Tipe dan Bentuk Headset

Sebenarnya tipe dan bentuk headset berfitur Bluetooth bermacam-macam, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera Anda. Misalnya jika Anda senang berolahraga, Anda bisa memilih headset neck type di mana kedua sisi headset-nya saling terhubung dengan kabel yang melingkar di leher. Lalu jika Anda sering menerima telepon dari berbagai pihak, maka dari sisi kepraktisan, one ear type cocok bagi Anda karena hanya dipakai di satu sisi telinga saja sudah menghasilkan kualitas suara yang jernih.

headset bluetooth

6. Daya Tahan Baterai

Headset nirkabel ini tentu saja membutuhkan baterai agar dapat digunakan. Jika Anda bertipe orang yang sering menggunakan headset, maka carilah headset dengan kapasitas baterai yang besar.

7. Kenyamanan

Sesuaikan bentuk headset-nya dengan lubang telinga Anda, dan juga perhatikan tipenya agar ke depannya Anda bisa nyaman dalam menggunakan headset tersebut.

8. Garansi

Perhatikan pula garansi resmi dari headset yang akan Anda beli, seperti apa garansinya dan berapa lama garansinya, sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing jika tiba-tiba terjadi masalah pada headset-mu.

9. Budget

Selain memerhatikan spesifikasinya, perhatikan pula budget yang Anda miliki untuk membeli aksesoris tersebut. Biasanya jika Anda ingin headset dengan kualitas terbaik, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya.

Oh ya, satu hal lagi, belilah headset nirkabel Bluetooth dari toko resmi agar dapat terjamin jika barang tersebut benar-benar asli dan bergaransi. Hindari membeli headset dari toko yang tidak jelas asal-usulnya.

Cara Memasang Headset Bluetooth di Perangkat

Cara Memasang Headset Bluetooth di Perangkat

1. Aktifkan headset Bluetooth

Untuk mulai menggunakan perangkat keren ini, Anda harus menyalakannya terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Headset dikatakan aktif jika memperlihatkan warna yang berkelap-kelip

2. Aktifkan mode pairing

Caranya yaitu tekan dan tahan tombol multifungsi selama beberapa detik. Jika lampu tersebut menunjukkan warna merah-biru, berarti cara tersebut telah sukses dilakukan. Namun biasanya perangkat akan secara otomatis melakukan pairing di kanan-kiri sekaligus, terutama jika Anda membeli headset versi lengkap.

3. Nyalakan Bluetooth di ponsel/perangkat Anda

Jika Anda menggunakan ponsel pintar, silakan mengunjungi bagian Setting/Pengaturan, biasanya Anda akan menemukan pengaturan Bluetooth di dalamnya. Hidupkan Bluetooth, lalu tunggu proses scan hingga headset terdeteksi pada ponsel Anda.

4. Hubungkan kedua perangkat tersebut

Jika headset ditemukan di perangkat Anda, coba langsung koneksikan di antara keduanya. Biasanya untuk headset yang canggih tidak memerlukan PIN apa pun jadi, sehingga akan langsung terhubung secara otomatis. Jika sudah muncul pesan “connect”, maka headset Anda sudah siap untuk digunakan. Nah, jika misalnya Anda ingin kembali memakainya untuk kedua kalinya dan seterusnya, biasanya akan langsung gampang terhubung dan bisa langsung dipakai.

Namun, lebih penting dari itu semua, biasanya perangkat headset akan menyediakan buku panduan, jadi silahkan dibaca petunjuknya sampai tuntas, hingga Anda dapat memastikan headset tersebut siap untuk digunakan.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai headset nirkabel berfitur Bluetooth yang terbilang canggih di zaman sekarang. Terima kasih telah berkunjung di website kami, dan kami berharap Anda menikmati kunjungan Anda di Milesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di Milesia.id.

Leave a Comment