Google Meet

Google Meet – Google Meet yang dikembangkan oleh Google merupakan sebuah layanan video conference atau layanan komunikasi berbasis video yang disediakan. Aplikasi yang satu ini termasuk salah satu dari dua aplikasi yang nantinya akan menggantikan Google Hangouts dan Google Chat.

Kehadiran Google Meet diperkenalkan oleh Google pertama kali pada tahun 2017 dan kehadirannya sampai detik ini semakin banyak digunakan terlebih sejak maraknya pertemuan atau meeting daring sejak pandemi covid-19 yang melanda banyak negara. Selengkapnya tentang Google Meet bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Bagaimana Cara Menggunakan Google Meet?

Bagaimana cara menggunakan google meet

Cara menggunakan Google Meet sangat mudah tentunya. Terlebih karena aplikasi conference video yang satu ini bisa dipakai di berbagai macam platform baik di HP atau pun di laptop. G Suite yang dapat mendukung pengguna untuk secara langsung bergabung dari Kalender atau pun undangan yang dikirim dari email sudah tergabung dengan Google Meet.

The Indian Express melansir juga bahwa aplikasi ini telah mengembangkan fiturnya berupa filter video, efek dan topeng augmented reality. Semua fitur tersebut dapat digunakan melalui iOS atau pun android. Dengan aneka ragam fitur baru tersebut, Google Meet tak hanya bisa dipakai untuk keperluan perusahaan atau pun bisnis saja melainkan juga bisa dipakai semua golongan termasuk pelajar, mahasiswa, dosen, guru dan sebagainya.

Ada banyak fitur yang bisa kita temukan di Google Meet, di antaranya :

1. Fitur mute mikrofon, menyematkan video, dan mengirim pertanyaan

Google Meet memang hadir dengan berbagai macam fitur. Salah satunya adalah fitur mematikan mikrofon atau video. Hal ini berguna untuk membuat suasana virtual meeting atau pembelajaran dan diskusi via Google Meet jadi jauh lebih kondusif.
Biasanya fitur ini dipakai ketika ada anggota yang melakukan presentasi, atau untuk pelajar dipakai ketika guru sedang menjelaskan materi sehingga suara penjelasan guru tidak terkontaminasi dengan suara lainnya.

Jika fitur ini ingin Anda manfaatkan, untuk mematikan mikrofon atau video caranya bisa dilakukan dengan klik icon mikrofon atau video yang berada di bagian sebelah kiri bawah tampilan utama Google Meet sampai berubah menjadi warna merah.
Jika mikrofon atau video Anda terganggu atau Anda ingin menanyakan sesuatu kepada guru, Anda dapat klik icon chat yang letaknya berada di bagian toolbar pojok kanan bawah dari tampilan utama Google Meet ketika mikrofon sedang dalam kondisi mute atau mati.

2. Memburamkan latar belakang video

Fitur selanjutnya adalah fitur untuk memburamkan latar belakang video yang bisa diaktifkan dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda klik ikon titik tiga yang terdapat di bagian tengah bawah tampilan utama Google Meet
  • Setelah itu Anda pilih menu Change Background
  • Selanjutnya pilih opsi blue your background pada jendela pop up yang telah muncul

3. Menggunakan papan tulis dan presentasi materi

Fitur selanjutnya adalah whiteboard and present. Fitur yang satu ini berguna untuk memunculkan papan tulis virtual yang bisa dipakai dalam menulis atau memeragakan sesuatu pada bagian atas papan tulis.

Sementara present dipakai dalam mempresentasikan layar komputer atau sebuah materi yang bentuknya presentasi powerpoint, makalah dalam bentuk word, gambar dan sebagainya.

Cara untuk mengakses fitur whiteboard yaitu dengan klik icon activities atau icon titik tiga di bagian tengah bawah toolbar apps.
Adapun fitur Present dapat Anda akses melalui icon layar dengan tanda panah tepat di bagian sebelah kiri icon titik tiga tadi. Setelah fitur tersebut Anda klik, pilih layar apa yang akan ditampilkan. Beberapa pilihannya yaitu :

  • Your entire screen
  • A window
  • A tab

Pilih saja sesuai selera. Pilih your entire screen jika ingin ditampilkan pada seluruh layar komputer Anda. Pilih a window jika ingin ditampilkan pada sebuah jendela aplikasi. Pilih a tab jika ingin dimunculkan dari sebuah browser internet.

4. Menghemat kuota

Tak hanya video call, kegiatan conference video juga termasuk salah satu aktivitas daring yang menyedot kuota besar. Namun menggunakan Google Meet tak perlu ada yang terlalu Anda khawatirkan karena aplikasi ini sudah dibekali dengan fitur menghemat kuota.

Jika Anda ingin menghemat kuota, caranya Anda masuk pada bagian tengah tampilan utama dari Google Meet kemudian klik icon titik tiga. Setelah itu pilih opsi ‘Settings’ dan klik icon ‘Video’ pada jendela pop up yang muncul.

Setelahnya ganti pengaturan ‘send resolution’ dan ‘receive resolution’ dari auto menjadi standard definition (360 p). Send resolution sendiri pengaturannya merujuk pada quality of video yang nantinya akan Anda kirimkan ke server google. Sementara receive resolution adalah kualitas video guru atau siswa lain yang Anda lihat atau Anda terima.

Dengan menggantinya ke resolusi 360p, kualitas video yang ditampilkan pada Google Meet akan terlihat lebih rendah sebenarnya dari 720p akan tetapi dengan penurunan resolusi yang dilakukan, Anda bisa lebih menghemat kuota karena kuota yang akan tersedot juga lebih kecil.

Selain fitur utama di atas, Google Meet juga memiliki beberapa fitur baru lainnya yang bisa digunakan, terdiri atas :

  • Fitur tambahkan teks ke streaming langsung
  • Fitur pengaturan admin baru untuk bergabung ke rapat
  • Fitur pembaruan baru untuk hand raise di desktop dan laptop

Download Google Meet untuk Laptop Gratis

Download Google Meet untuk Laptop Gratis

Sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa Google Meet bisa dipakai di berbagai platform, termasuk laptop. Cara download untuk laptop gratis yang bisa Anda terapkan sebagai berikut :

  1. Pertama – tama Anda masuk ke situs https://meet.google.com/ (Anda bisa masuk ke situs tersebut dengan menggunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari atau Microsoft Edge. Sesuaikan saja dengan selera Anda)
  2. Klik ‘Join or Start a Meeting’
  3. Tulis segera kode rapat atau meeting Anda supaya tidak ada partisipan lain yang salah join (Anda juga bisa mengosongkannya jika memang tidak dibutuhkan)
  4. Selanjutnya situs akan segera meminta izin akses kamera dan mikrofon. Klik pada opsi ‘Join Now’ secara langsung jika sudah diberi izin untuk membuat suatu ruang meeting virtual atau Present dan melakukan presentasi melalui tampilan layar personal komputer Anda.
  5. Jika memang ruang meeting virtual telah siap, Anda bisa segera undang partisipan meeting lain dengan cara klik copy paste link video conference atau bisa Anda tambahkan orang dengan menggunakan alamat email Anda.
    Tunggu sampai semua target bergabung dalam conference yang Anda selenggarakan

Selain menggunakan laptop, pastinya Google Meet juga bisa diakses gratis menggunakan HP. Caranya bagaimana?

Download Google Meet untuk HP Gratis

Download Google Meet untuk HP Gratis

Untuk menggunakan Google Meet di HP, Anda tentu harus melakukan download untuk HP gratis. Tata caranya sebagai berikut :

  1. Pertama – tama Anda download Google Meet di PlayStore atau AppStore
  2. Jika Anda sudah selesai download, nantinya Anda akan diminta untuk sign up dengan email gmail
  3. Setelah Anda lakukan sign up, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan percakapan kelompok baik itu melalui group chat atau video conference. Caranya dengan Anda klik icon (+) pada bagian pojok kanan bawah kemudian pilih ‘New Video Call’
  4. Setelah itu Anda akan diminta untuk menambahkan partisipan chat dengan nomor HP atau melalui email. Jika Anda ingin tambahkan partisipan chat dengan nomor HP, undangan conference akan segera dikirim melalui SMS. Sementara jika Anda menggunakan undangan email maka undangan akan masuk ke inbox emailnya.
  5. Tunggu sampai semua orang yang diundang masuk ke dalam conference
  6. Jika Anda adalah partisipan yang diundang oleh penyelenggara dalam meeting virtual, Anda cukup klik link yang dikirim melalui email atau pun SMS. Setelahnya Anda akan secara otomatis bisa bergabung dalam video conference tersebut.

Dalam penggunaan aplikasi ini untuk keperluan meeting atau conference, sebagai catatan bahwa orang yang tidak diundang ke dalam conference atau tidak memiliki akun G Suite, ketika ingin bergabung harus mendapatkan persetujuan dulu dari partisipan yang telah bergabung. Hal ini dilakukan demi menghindari adanya penyusup pada meeting yang sedang diselenggarakan.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang Anda harus tahu tentang Google Meet dan segala fiturnya termasuk cara downloadnya juga. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat bagi Anda.

Leave a Comment