Dropship Tanpa Modal

Dropship Tanpa Modal – Seiring dengan perkembangan teknologi digital, saat ini ada banyak sekali ragam aktivitas yang dapat dilakukan dengan mudah secara online. Salah satu aktivitas online yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat adalah jual beli online. Kini, banyak orang yang sudah beralih ke platform jual beli online karena dianggap lebih mudah dan aman. Selain itu, ada banyak sekali promo menarik yang pastinya membuat pengalaman berbelanja online semakin menyenangkan.

Karena banyaknya orang yang beralih untuk melakukan kegiatan belanja online, kini bisnis berjualan secara online semakin dilirik oleh masyarakat. Berjualan secara online dinilai memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan berjualan secara langsung, terutama karena penjual tidak perlu menyewa lapak berjualan. Melalui platform jual beli online, penjual dapat membuka tokonya, mengatur etalase serta melakukan kegiatan jual beli secara mudah tanpa harus menyewa tempat.

Semakin berkembangnya bisnis jual beli online pada akhirnya membuat pedagang online semakin banyak. Tentu hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi para pedagang online pemula, berkaitan dengan pemilihan produk, inventarisasi, pemasaran, sampai dengan distribusi. Oleh sebab itu, terciptalah model bisnis online baru yaitu Dropship. Berikut telah kami rangkum ulasan lengkap mengenai sistem jual beli online yang satu ini.

Mengenal Sistem Dropship

Cara Menjadi Dropshipper Pemula Yang Sukses

Dropship adalah jenis metode penjualan online, di mana pihak penjual (dropshipper) melakukan pemesanan produk dari supplier pihak ketiga ataupun platform supplier saat pelanggan melakukan pemesanan, sehingga pihak penjual tidak perlu melakukan inventarisasi atau penyetokan produk dagangannya. Produk yang dipesan kemudian akan dikirim langsung ke konsumen atas nama penjual sehingga mereka tidak harus menangani produk secara langsung.

Sistem penjualan dropship bisa dibilang sangat cocok bagi pengusaha pemula. Hal ini terjadi karena sistem penjualan ini tidak menuntut modal operasional yang besar. Penjual tidak perlu membuka toko fisik, mempekerjakan karyawan, atau menyimpan produk. Penjual hanya perlu menyusun dan mengatur etalase online sesuai produk yang dijualnya, serta memesan produk yang dibutuhkan oleh pembeli melalui platform tertentu ataupun supplier sebagai produsen.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

Keuntungan menjadi dropship

Sama seperti jenis bisnis lainnya, bisnis dropship ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan dalam beberapa aspek. Oleh sebab itu, kelebihan serta kekurangan ini dapat dijadikan bahan acuan sebelum memulai bisnis, agar proses penjualan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Berikut adalah daftar lengkap kelebihan serta kekurangan bisnis jual beli online metode dropshipping:

Kelebihan Bisnis Dropship

1. Modal awal yang rendah

Saat ini, banyak sekali pebisnis pemula yang mengandalkan model bisnis dropship karena tidak dibutuhkan modal yang besar. Bahkan, kini dropshipper dapat memulai bisnis secara gratis tanpa modal sedikitpun. Oleh sebab itu, model bisnis online ini sangat dilirik oleh masyarakat, terutama bagi mereka dengan keterbatasan modal utama.

2. Proses awal yang mudah

Untuk dapat mulai menjalankan bisnis dropship, prosesnya sangat mudah. Calon dropshipper hanya perlu mendaftarkan diri pada platform dropship yang tersedia, serta memilih platform penjualan baik di aplikasi, website, ataupun media sosial yang disesuaikan dengan produk yang dijual. Tak hanya itu, kini beberapa platform juga sudah banyak yang menyediakan kelas bisnis online, sehingga semakin menambah pengetahuan dalam berbisnis secara online.

3. Proses penjualan yang sederhana

Hal yang satu ini tentu menjadi salah satu daya tarik utama dari sistem bisnis dropship. Melalui sistem dropship, pihak penjual dapat menerima keuntungan dengan memasarkan produk tanpa perlu mengatur produksi, stok barang, pengemasan, sampai dengan pengiriman kepada konsumen. Semua proses tersebut akan dijalankan oleh supplier ataupun pihak platform dropship, sehingga penjual dapat menerima keuntungan dengan mudah tanpa perlu memusingkan proses penjualan yang rumit.

Kekurangan Bisnis Dropship

1. Kustomisasi dan branding terbatas

Tidak seperti produk yang dibuat khusus atau diproduksi sesuai permintaan, sistem dropshipping tidak memberikan banyak kendali atas produk yang dipasarkan. Biasanya, produk dropship didesain dan diberi merek oleh supplier.

Secara garis besar, pihak supplier memiliki kendali paling besar atas produk itu sendiri. Setiap perubahan atau penambahan produk biasanya memerlukan jumlah pesanan minimum serta biaya khusus yang ditetapkan.

2. Margin yang tipis

Kelemahan selanjutnya terletak pada margin yang cukup tipis. Biasanya, hal ini terjadi karena banyak sekali dropshipper yang menawarkan produk yang sama, sehingga masing-masing dari mereka berlomba-lomba untuk menawarkan produk dengan harga termurah. Meski demikian, biasanya hal ini hanya terjadi di awal, karena ketika produk sudah dikenal dan laris di pasaran, maka jumlah pembelian akan sebanding dengan keuntungan yang besar.

Rekomendasi Dropship Tanpa Modal

apa itu dropshipping

Saat ini, ada banyak sekali orang yang tertarik untuk memulai bisnis dan menjadi dropshipper. Hal ini tentu didukung oleh salah satu keunggulan utama dari sistem dropship, yakni modal yang kecil. Meski demikian, masih ada sejumlah orang yang tidak ingin mengambil resiko, dan lebih memilih untuk memulai bisnis dropship tanpa modal.

Oleh sebab itu, kini banyak platform dropship yang memungkinkan penjual untuk memulai bisnis tanpa modal sama sekali alias gratis. Biasanya, platform ini berasal langsung dari produsen, ataupun hanya mengambil keuntungan dari selisih harga yang dipasarkan oleh produsen atau supplier. Apa sajakah platform dropship tanpa modal ini? Berikut telah kami rangkum daftar lengkapnya:

1. Evermos

Evermos merupakan salah satu platform dropship tanpa modal yang cukup terkenal saat ini. Ada banyak sekali produk bermerek yang tersedia di Evermos, seperti sprei, busana Muslim, skin care, peralatan dapur, dan masih banyak lagi. Untuk dapat mendaftar sebagai member, biayanya gratis namun terbatas jumlahnya. Oleh sebab itu, Anda dapat segera mengakses situs Evermos di https://evermos.id.

2. Setatamuda

Setatamuda merupakan sebuah brand busana Muslim yang menyediakan ragam busana Muslim yang cocok bagi anak muda. Brand yang satu ini menawarkan kesempatan dropship bagi para calon dropshipper yang ingin menawarkan produk mereka dengan harga khusus. Salah satu keuntungan menjadi member di Setatamuda adalah biaya pendaftarannya yang gratis. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses situs resminya di  https://setatamuda.com.

3. Toserbanya

Toserbanya merupakan sebuah platform komunitas supplier dan dropshipper yang menyediakan berbagai macam produk yang lengkap, mulai dari produk kecantikan, busana wanita, busana pria, jam tangan, parfum, tas, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat menjadi member Toserbanya, Anda hanya perlu mengakses https://linktr.ee/toserbanyaid tanpa dikenakan biaya pendaftaran. Setelah mendaftar, member akan bergabung pada grup sosial media Toserbanya untuk melakukan pemesanan produk serta mengakses informasi lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan lengkap mengenai sistem penjualan dropship, kelebihan dan kekurangan, serta rekomendasi platform dropship tanpa modal yang pastinya sangat menguntungkan terutama bagi dropshipper pemula. Untuk itu, apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis model ini, Anda dapat mengakses situs resmi platform dropship gratis di atas untuk mendapatkan update terbaru serta informasi lebih lanjut.

Leave a Comment