Daftar Fintech Legal

Daftar Fintech Legal – Ini dia daftar fintech legal 2021 terbaik yang bisa anda pakai untuk mendapatkan pendanaan secara mudah dan cepat. Seiring dengan berkembangnya teknologi, berbagai industri juga ikut mengalami perkembangan karena adanya inovasi dari kehadiran teknologi tersebut. Koneksi internet yang semakin cepat dan stabil menjadi salah satu pendukung lahirnya perusahaan baru yang memanfaatkan big data.

Kemudahan transaksi pembayaran non tunai juga sudah sangat memanjakan sekali banyak pengguna, karena selain praktis juga lebih aman dari pembayaran tunai. Salah satu bidang industri yang sudah memanfaatkan teknologi ini dengan baik yaitu jasa keuangan. Jika dahulu orang yang membutuhkan pendanaan hanya punya sedikit opsi, yaitu dengan pergi ke bank.

Maka kini semua orang bisa mendapatkan pendanaan dari sumber lain selain bank. Berkat jaringan internet serta perangkat yang memadai maka anda sudah bisa terhubung ke pihak jasa keuangan. Kehadiran Financial technology atau fintech semakin populer di kalangan berbagai lapisan masyarakat. Dan berkat hadirnya inovasi fintech yang semakin terkenal ini membuat kegunaannya juga semakin meluas.

Apa itu fintech

Kata Fintech berasal dari singkatan bahasa inggris yang berarti Financial Technology. Istilah ini bisa muncul karena adanya penggabungan antara bidang ekonomi dan bidang teknologi yang saling bersinergi guna meningkatkan layanan supaya lebih baik lagi. Jasa keuangan saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi guna membangun sebuah sistem untuk bisa bertransaksi secara online.

Setiap orang kini bisa dengan mudah mendapatkan pendanaan secara cepat tanpa harus pergi ke bank lagi. Dan karena sudah menjadi trend seluruh dunia maka fintech saat ini juga mempunyai arti yang luas. Secara umum fintech dapat dikategorikan menjadi crowfunding, microfinancing, p2p lending, dan digital payment system. Adapun masing-masing kategori tersebut memiliki tujuan pendanaan yang spesifik.

Contohnya saja fintech kategori digital payment system yang kini bisa membantu banyak sekali orang terutama yang tidak punya rekening bank sama sekali. Zaman sekarang jika ingin mau bayar tagihan air, beli pulsa atau isi token listrik sudah tidak perlu repot antri lagi di loket.

Atau anda butuh pinjaman dana untuk kebutuhan tertentu yang sifatnya mendesak dan harus ada saat itu juga ? Sebab jika pergi ke bank pasti prosesnya lama, dan butuh banyak syarat agar dana bisa cair. Berkat adanya fintech ini anda juga bisa menggunakan pinjaman online yang bisa lebih cepat cairnya dari pada pinjam menggunakan jasa bank.

Semua ini berkat adanya fintech yang membuat segala sesuatunya bisa lebih praktis dan pastinya tergolong aman. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis fintech yang bisa membuat anda cukup bingung memilih nya. Dan perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua fintech itu bagus. Beberapa ada yang ilegal dan juga memiliki aturan tersembunyi yang dapat merugikan calon penggunanya.

Oleh karena itu supaya tidak sampai salah pilih maka berikut ini ada beberapa sedikit tips tentang bagaimana cara memilih fintech yang baik.

Cara memilih fintech yang baik

Karena begitu banyaknya perusahaan fintech sekarang maka untuk memilihnya juga butuh ketelitian dan kehati-hatian agar tidak salah memilih yang buruk atau ilegal.

Tips pertama yang harus anda ingat yaitu jangan sekali-sekali mencoba fintech yang belum terdaftar OJK. Tetapi pilih fintech yang sudah terdaftar OJK agar tidak terdapat aturan menjebak yang dapat merugikan anda nantinya.

FIntech yang sudah terdaftar OJK biasanya punya aturan main yang jelas seperti besarnya suku bunga, cara menagih, hingga masalah denda yang hitung-hitungannya jelas. Sebab OJK tentu tidak akan meloloskan perusahaan fintech yang memiliki sistem tidak transparan. Fintech ilegal bisa sangat merugikan banyak orang karena sistem yang tidak transparan, sehingga anda harus menghindarinya sejauh mungkin.

Untuk mengetahui cara memilih fintech yang baik anda juga bisa melihat review dari orang-orang sebelum anda yang telah menggunakan fintech tersebut.

Silahkan lihat melalui play store untuk Android atau app store untuk iOS apakah review dari fintech yang anda minati tersebut baik atau buruk. Dengan demikian nantinya anda bisa menilai sendiri apakah fintech tersebut apakah layak digunakan atau tidak.

Daftar fintech ojk legal 2021

Apabila anda sedang mencari fintech yang telah terdaftar OJK secara legal terbaru 2021 maka berikut ini beberapa rekomendasi terbaiknya.

1. Julo

julo logo

Julo merupakan salah satu fintech yang telah secara resmi terdaftar OJK. Platform ini bisa anda dapatkan dengan mudah melalui play store dan anda install aplikasinya ke HP android.

Melalui fintech Julo, anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan jumlah tertentu secara cepat. Aturan main dari fintech ini juga jelas dan terbuka, anda bisa baca dahulu dengan teliti melalui situs resmi Julo.

Bunga pinjaman, jatuh tempo, dan lain-lain bisa anda akses info detailnya langsung dari web resminya yaitu https://www.julo.co.id/.

Keunggulan juga terlihat pada aplikasi Julo dengan beragam fitur menarik lainnya. Melalui aplikasi Julo anda juga bisa membeli token listrik, pulsa, paket internet dan lainnya.

2. RupiahCepat

Rupiah Cepat

Berikutnya ada RupiahCepat yang juga menyediakan layanan fintech khusus pinjaman online. Melalui RupiahCepat anda bisa mendapatkan talangan dana hingga 10 juta rupiah secara cepat.

Suku bunga rendah, jangka waktu panjang dan pastinya RupiahCepat sudah terdaftar resmi OJK. Adapun saat ini aplikasi RupiahCepat sudah tersedia melalui google play store yang bisa anda unduh dan install.

3. Crowdo

Crowdo

Ingin punya usaha kecil tapi belum punya modal ? Gunakan saja Crowdo sebagai pemberi pinjaman modal resmi karena telah terdaftar OJK.

Layanan pinjaman uang berbasis teknologi ini bertujuan untuk membantu orang yang ingin memulai bisnis usaha kecil menengah. Entah itu usaha salon, cafe, laundry, atau usaha lainnya bisa ajukan pinjaman dari crowdo sebagai modal usaha.

Daftar fintech ojk ilegal 2021

Untuk bisa mengetahui apakah fintech itu legal atau ilegal sebenarnya sangat mudah sekali membedakannya. Fintech yang tidak terdaftar OJK itulah sudah pasti ilegal.

Sebab tidak mungkin ada perusahaan fintech yang mengaku ilegal. Semuanya pasti mengaku legal, dan untuk membuktikannya maka anda harus mengecek nya dengan teliti.

Apakah Fintech tersebut sudah benar-benar terdaftar OJK atau belum ? Saat ini sudah ada banyak sekali fintech baru bermunculan yang bisa anda temukan melalui internet.

Jadi agar tidak bingung setiap kali menemukan fintech baru maka cek saja melalui situs resmi OJK yaitu www.ojk.go.id. Apabila sudah terdaftar ya berarti fintech tersebut legal, dan sebaliknya apabila tidak ditemukan ya berarti ilegal.

Akhir kata

Demikian pembahasan mengenai cara memilih fintech yang baik beserta beberapa rekomendasi daftar fintech legal terbaru 2021. Silahkan pertimbangkan dengan masak-masak terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa fintech guna menghindari terjadinya gagal bayar.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang dapat membantu anda untuk memilih fintech yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Leave a Comment