Crowdfunding

Crowdfunding – Mari mengenal lebih dalam apa itu crowdfunding. Apakah anda punya ide bisnis cemerlang tapi terhambat karena tidak ada modal sama sekali ?

Kita tahu bahwa dalam dunia bisnis, modal atau dana mempunyai peranan yang sangat penting sekali. Sebab tanpa ada dana yang cukup maka bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik. Segala ide bisnis yang inovatif sekalipun tetap tidak akan bisa berjalan sama sekali apabila tidak ada dana sebagai penggerak utamanya.

Trend Crowdfunding sebenarnya menjadi populer seiring dengan kemunculan berbagai macam startup dengan ide-ide cemerlangnya. Jika dahulu cara mendapatkan sumber dana bisa dengan pinjaman atau investor maka kini sudah muncul pendanaan model baru yang bernama crowfunding.

Apa itu crowdfunding ?

Crowdfunding

Perlu anda ketahui bahwa meskipun memiliki kesamaan dalam memberikan pendanaan, namun crowfunding tidaklah sama dengan investor atau pinjaman dana dari bank.

Kita tahu bahwa pinjaman dana dari bank pasti ada bunga dan jatuh tempo yang harus dibayar. Dan itupun harus juga dengan jaminan tertentu agar pihak bank mau memberikan sejumlah dana yang anda butuhkan.

Prosedur seperti ini membuat beberapa pengusaha atau startup menjadi tidak bisa mendapat pinjaman uang dari bank dengan mudah.

Untuk itulah ada investor yang bisa memberikan pendanaan juga yang bebas bunga dan jatuh tempo. Sebab dana dari investor bukanlah pinjaman, sehingga anda tidak perlu mengembalikan uang tersebut.

Hanya saja pihak investor tentu menginginkan timbal balik lain seperti bagi hasil atau hal lain sesuai perjanjian awal. Nah, crowfunding berbeda lagi dengan investor, karena sifatnya lebih ke donatur atau sumbangan.

Namun lagi-lagi jangan di salah artikan antara sumbangan dan crowfunding karena artinya juga tidaklah sama. Jika sumbangan lebih ke perasaan ikhlas, memberi karena rasa kasihan atau sebagainya.

Pada crowfunding justru orang-orang donatur ini sangat antusias dan senang sekali untuk memberikan dananya ke anda.

Awal kemunculan Crowfunding

Crowdfunding

Semuanya berawal dari fans fanatik yang sangat antusias sekali dengan hal baru yang unik atau yang menjadi kegemarannya. Sebut saja seperti startup yang ingin membuat produk baru dan benar-benar belum pernah ada sebelumnya sehingga terbilang unik.

Atau bisa juga fans fanatik penggila anime atau manga Jepang yang ingin supaya hasil karyanya bisa tetap hidup. Sebab seperti kita ketahui bahwa bayaran animator atau anime jepang ini terbilang rendah.

Dan pada beberapa kasus bisa berhenti di tengah jalan karena kekurangan dana. Contoh, suatu anime yang seharusnya bisa memunculkan season 2, namun anime tersebut harus terhenti hanya di season satu saja.

Adapun alasan kenapa berhenti di season satu saja bukan karena alur cerita yang sudah tamat. Tetapi melainkan tidak ada dana untuk menggarap kelanjutan ceritanya di season 2 dan seterusnya.

Nah, sebagai fans fanatik dalam komunitas nya tentu tidak akan tinggal diam dan akan melakukan penggalangan dana guna anime kesukaannya itu bisa berlanjut.

Dan orang yang memberikan dana tersebut sama sekali tidak keberatan untuk memberikan pendanaan dengan jumlah besar meskipun dirinya tidak akan mendapatkan timbal balik apa-apa yang berbanding terbalik dengan investor.

Para fans fanatik ini tidak mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan yang ada, mereka sudah puas asalkan anime kesukaannya itu tetap berlanjut.

Masalah seperti inilah yang akhirnya memunculkan sistem crowfunding yang kini menjadi sumber pendanaan populer. Karena semakin populer dalam mendukung pendanaan, kini istilah crowfunding juga makin meluas.

Jadi pada beberapa kasus model crowfunding sekarang hampir mirip dengan model pendanaan investor atau bahkan juga berupa pinjaman tertentu.

Memang agak membingungkan sekarang karena artinya sudah lebih luas, namun agar tidak bingung maka setidaknya anda sudah mengerti awal kemunculan crowfunding seperti cerita tadi.

Keuntungan Crowfunding

Ada beberapa keuntungan crowfunding yang akan anda dapatkan. Yang pertama tentu dana tersebut bukan merupakan pinjaman yang harus anda kembalikan dalam tempo tertentu. Sehingga anda tidak perlu khawatir seperti saat pinjam uang dari bank.

Keuntungan kedua yaitu anda bisa mendapatkan dana tanpa harus membagi kepemilikan perusahaan kepada pemberi dana. Sebab mereka bukan investor, melainkan lebih ke donatur yang antusias dengan ide cemerlang anda.

Meskipun demikian beberapa startup tetap memberikan produknya secara gratis kepada para pemberi dananya. Produk tersebut tentu spesial dan berbeda dari produk reguler saat bisnis sudah berjalan nanti.

Macam-macam website crowd funding

Karena sudah semakin populer dan mendunia maka sekarang sudah banyak macam website crowfunding yang bisa anda kunjungi. Entah itu ingin mendapat sumber pendanaan atau justru anda yang ingin memberi dana guna mendapatkan produk unik yang belum pernah ada sebelumnya.

1. Kickstarter

Kickstarter

Salah satu rekomendasi situs crowfunding terbaik pertama yang bisa anda kunjungi yaitu kickstarter.com. Situs crowfunding ini bahkan sudah ada sebelum situs crowfunding lokal mulai bermunculan.

Melalui situs kickstarter ini anda bisa menemukan berbagai produk menarik yang sedang dalam proses pendanaan. Contohnya saja seperti anime, komik, novel, teknologi, game, dan beberapa produk lain yang terbilang baru.

Atau jika anda yang sudah punya ide cemerlang ingin membuat suatu produk juga bisa memulai menggalang dana dari situs kickstarter.

Adapun situs kickstarter ini sudah bersifat internasional, berbagai orang telah mengenal situs ini. Jadi apabila anda sebagai startup ingin menggalang dana maka gunakan saja situs bagus ini.

2. Indiegogo

indiegogo

Selain kickstarter ada juga situs yang bernama Indiegogo. Web crowfunding ini bisa anda kunjungi langsung dengan menggunakan alamat https://www.indiegogo.com/.

Indiegogo hadir sebagai website crowfunding terbaik yang bisa anda coba untuk menggalang dana. Terlebih jika anda sudah punya ide untuk buat suatu produk menarik yang sifatnya global maka bisa gunakan situs Indiegogo ini untuk mendapatkan modal.

Misalnya saja anda ingin membuat game atau animasi, atau suatu produk fisik yang unik. Melalui situs Indiegogo, anda bisa dapatkan dana dengan cepat dan mudah asalkan konsep dan produknya menarik.

Perusahaan crowfunding asal negeri paman sam ini telah ada sejak tahun 2007, jauh sebelum perusahaan lain muncul. Jadi tidak heran jika sekarang sudah ada banyak sekali berbagai macam konsep bisnis unik yang sedang menggalang dana.

Akhir kata

Nah, itu tadi pembahasan mengenai apa itu crowfunding beserta beberapa contoh situs terbaiknya. Jika anda sedang mencari pendanaan untuk bisnis startup maka bisa gunakan metode crowdfunding yang sudah dijelaskan tadi.

Dan sebagai tips tambahan supaya bisa mendapat dana yang anda butuhkan dengan cepat maka sebaiknya sudah membuat konsep nya secara matang.

Sampaikan dengan detail segala sesuatu ide bisnis yang akan anda buat melalui platform seperti Indiegogo dan kickstarter. Dengan demikian maka orang-orang yang melihat proposal anda akan tertarik dan tidak segan-segan akan langsung memberikan dana sesuai yang anda butuhkan.

Leave a Comment