Cara Menjadi Reseller Shopee

Cara Menjadi Reseller Shopee – Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak yang besar di setiap aspek kehidupan kita. Setiap aktivitas maupun pekerjaan yang kita lakukan semuanya bergantung pada internet. Sebagai contoh, di era pandemi seperti sekarang, kita diharuskan melakukan semua pekerjaan dari rumah, seperti sekolah dan kerja. Sampai-sampai, muncul istilah baru di tengah masyarakat, yaitu wfh (work from home).

Berbicara mengenai pekerjaan, di masa pandemi seperti sekarang banyak orang yang kehilangan sumber penghasilannya. Namun, di sisi lain kondisi ini justru menimbulkan banyak pekerjaan baru, seperti berjualan online, trading, menjadi content creator, dan masih banyak lagi. Salah satu pekerjaan yang banyak diminati masyarakat di masa pandemi saat ini adalah berjualan online, yaitu dengan menajadi reseller maupun dropshipper. Karena kedua pekerjaan tersebut dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selagi kita memiliki hp ataupun laptop.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menjadi reseller Shopee. Mulai dari apa itu pekerjaan reseller, kelebihan dan kekurangannya, cara mendaftarkan diri menjadi reseller Shopee, dan masih banyak lagi. Apabila Anda tertarik untuk menjadi seorang reseller, artikel ini sangat cocok untuk Anda baca.

Apa itu Reseller?

apa itu reseller

Reseller dapat diartikan sebagai seseorang yang membeli barang dari supplier dan kemudian menjualnya kembali ke konsumen dengan keuntungan yang telah ditetapkan. Lantas, apa bedanya dengan supplier dan dropshipper? Perbedaannya yaitu, supplier adalah seseorang atau sebuah perusahaan yang memproduksi barang mentah yang kemudian oleh rumah produksi, barang mentah tersebut dijadikan barang siap pakai. Sementara dropshipper adalah orang yang menjual produk dari reseller dengan cara menjual foto sebuah produk tanpa melakukan penyetokan barang.

Jadi, perbedaan ketiganya terdapat pada perannya, supplier berperan dalam memproduksi barang mentah yang kemudian oleh rumah produksi dijadikan barang siap pakai. Reseller berperan dalam mendistribusikan (menjual) barang dari supplier, sedangkan dropshipper menjual barang dari reseller. Tentu ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun kali ini kita akan fokus membahas mengenai reseller.

Kelebihan Reseller

kelebihan reseller

Kita telah mengetahui apa itu reseller dan perbedaannya dengan  supplier dan dropsipper. Sebelum Anda mengetahui cara menjadi reseller Shopee dan memutuskan untuk menjadi seorang reseller, terlebih dahulu Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan untuk menjadi seorang reseller agar Anda lebih siap. Berikut ini adalah kelebihan seorang reseller:

1. Bebas menjual produknya dengan leluasa.

Hal ini dikarenakan para supplier biasanya memiliki stok barang sehingga dapat menjual produknya dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk foto. Reseller juga dapat bebas menentukan keuntungan yang akan diperoleh karena tidak terikat pada pihak mana pun.

2. Reseller dapat lebih cepat dan tanggap dalam melayani konsumen.

Karena reseller memiliki stok barang yang akan dijualnya, sehingga mereka dapat memastikan ketersediaan barang dengan cepat untuk memberi kepastian mengenai ketersediaan barang kepada konsumen. Selain itu, apabila ada konsumen yang mengeluh terhadap kekurangan sebuah barang yang mereka jual, reseller dapat lebih cepat dalam mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan produk yang dijual.

3. Dapat meningkatkan dan memperbesar bisnis yang mereka jalankan.

Reseller memegang kendali penuh terhadap barang mereka, akibatnya apa pun yang terjadi pada produk mereka, sepenuhnya adalah tanggung jawab reseller. Ini akan berdampak pada perkembangan bisnis yang mereka jalankan. Karena memegang kendali penuh atas barang yang dijualnya, mereka memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan reputasi bisnisnya.

Kekurangan Reseller

Kita telah mengetahui apa itu reseller dan perbedaannya dengan  supplier dan dropsipper. Sebelum Anda mengetahui cara menjadi reseller Shopee dan memutuskan untuk menjadi seorang reseller, terlebih dahulu Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan untuk menjadi seorang reseller agar Anda lebih siap. Berikut ini adalah kekurangan seorang reseller:

1. Membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa bisanya reseller memiliki stok barang yang akan dijualnya, otomatis untuk menjadi seorang reseller membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membeli stok barang yang akan dijualnya.

2. Mengerjakan banyak hal.

Seorang reseller harus siap untuk melakukan banyak hal sendiri seperti pemasaran, pengemasan, pengiriman, dan komunikasi terhadap konsumen.

3. Rentan mengalami risiko kerugian.

Apabila ada kecacatan atau kerusakan pada stok barang yang akan dibeli, sepenuhnya menjadi tanggung jawab reseller. Tentunya, hal ini sangat merugikan seorang reseller karena memegang kendali penuh akan barang yang dijualnya, jika terjadi kerusakan barang saat pengiriman, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab seorang reseller.

Setelah kita mengetahui apa itu reseller, selanjutnya kita harus mengetahui cara menjadi reseller. Untuk menjadi seorang reseller, kita dapat memanfaatkan e-commerce sebagai wadah kita untuk berjualan. Salah satu e-commerce yang kami sarankan dan telah banyak orang tahu adalah Shopee. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara menjadi reseller Shopee

Cara Mendownload dan Mendaftarkan Diri di Shopee

Download Shopee Reseller

Hal yang paling pertama dan paling utama dalam sebelum Anda menjadi reseller Shopee adalah Anda terlebih dahulu harus mengunduh Shopee di perangkat yang Anda miliki. Untuk itu, kami telah menuliskan langkah-langkah untuk mengunduh Shopee di berbagai perangkat yang Anda miliki dan cara mendaftarkan diri Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka website resmi Shopee di https://shopee.co.id atau Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store maupun di App Store.
  2. Setelah Anda mengunduh aplikasi Shopee atau membuka website resminya, klik Daftar dan isi seluruh informasi yang diminta oleh pihak Shopee.
  3. Kemudian, masukkan nomor hp yang ingin Anda sambungkan ke aplikasi Shopee, lalu klik kirim kode verifikasi.
  4. Setelah itu, anda memasukkan kode verifikasi yang anda terima.
  5. Masukkan username dan password yang ingin anda gunakan untuk akun Shopee Anda.
  6. Kemudian, klik Daftar.
  7. Lalu, Anda akan diminta untuk memverifikasi email yang akan Anda daftarkan. Setelah Anda memverifikasi email, Anda akan disuruh untuk melakukan login ulang dan disuruh untuk mengisi alamat, nomor rekening, dan data-data lainnya.
  8. Setelah Anda mengikuti langkah pertama sampai ketujuh, Anda telah resmi terdaftar di Shopee.

Cara Menjadi Reseller di Shopee

reseller

Anda telah mengetahui seluk beluk untuk menjadi reseller, saatnya untuk mengeksekusi rencana Anda untuk menjadi seorang reseller. Berikut telah kami sajikan informasi terkait cara menjadi reseller Shopee.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk apa yang Anda ingin jual di marketplace
  2. Setelah mengetahui barang apa yang akan Anda jual, Anda harus membuka toko di Shopee.
  3. Kemudian, langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari barang yang akan Anda jual melalui supplier atau ke reseller
  4. Setelah Anda menemukan reseller atau supplier sesuai dengan barang yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya adalah berdiskusi dengan mereka untuk mendapatkan harga yang lebih murah bagi reseller.
  5. Langkah selanjutnya adalah masukkan foto produk Anda di toko Shopee Anda.
  6. Langkah terakhir adalah jangan lupa untuk terus update produk-produk lain di toko Anda agar semakin terlihat menarik dan beragam.

Jika Anda masih bingung terkait prosedur untuk berjualan di Shopee, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, Anda harus masuk ke profil toko Shopee. Linknya: shopee.co.id.
  2. Kemudian, login dengan akun yang Anda miliki.
  3. Setelah Anda login, pilih opsi Pengaturan Toko.
  4. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisikan identitas toko dan deskripsinya.
  5. Setelah Anda mengisi identitas toko Anda, langkah selanjutnya pilih opsi simpan.
  6. Tambahkan produk yang dilengkapi dengan foto produk, deskripsi, serta jasa pengiriman.
  7. Kemudian, langkah terakhir adalah promosikan produk Anda, dan setelah menerima pesanan jangan lupa untuk mengemas dan mengirimkan produk kepada konsumen.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi terkait cara menjadi reseller Shopee. Harapannya informasi dari artikel ini dapat sedikit membantu anda untuk menjadi reseller di Shopee. Setelah Anda menjadi reseller di Shopee jangan lupa untuk selalu mengutamakan kepuasan konsumen, karena kepuasan konsumen adalah hal yang terpenting dalam melakukan transaksi jual beli. Sekian informasi yang kami sampaikan dan terima kasih telah membaca artikel kami.

Leave a Comment