Cara Menjadi Dropshipper

Cara Menjadi Dropshipper – Saat anda membaca artikel ini, mungkin anda sedang berencana untuk menjadi seorang dropshipper. Jika iya, maka artikel ini memang ditulis untuk anda. Disini kami akan membahas secara detail mulai dari apa itu dropship, apa saja keuntungan menjadi seorang dropshipper dan bagaimana cara menjadi dropshipper pemula yang sukses.

Apa Itu Dropship?

apa itu dropship

Dropship merupakan sebuah bisnis jual beli online dimana penjual tidak perlu memiliki stok produk yang dijual, melainkan hanya menyalurkan produk dari supplier menuju buyer. Penjual juga tidak perlu bersusah payah untuk mengirimkan produk yang dijual kepada buyer, tetapi pemasok sendirilah yang akan mengirimkan produknya. Jadi dropshipper hanyalah berperan sebagai penyalur dari supplier menuju buyer.

Jika anda adalah seorang pemula yang belum pernah melakukan bisnis apapun sebelumnya. Merasa tidak memiliki modal yang cukup dan takut akan mengalami kerugian. Maka menjadi seorang dropshipper adalah pilihan yang tepat jika anda menginginkan penghasilan tambahan dengan modal 0 rupiah. Selain itu menjadi dropshipper bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan hanya bermodalkan smartphone.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Keuntungan menjadi dropship

Banyak keuntungan yang didapat ketika  anda memutuskan untuk menjadi seorang dropshipper. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan membuat anda semakin yakin untuk menjadi seorang dropshipper :

1. Tidak perlu modal

Menjadi seorang dropshipper tidak memerlukan modal karena anda tidak perlu membeli produk awal. Anda bisa melakukan pemesanan produk kepada supplier apabila sudah ada calon pembeli dan setelah calon pembeli melakukan pembayaran kepada anda. Kemudian anda bisa melakukan pembelian kepada supplier dengan uang yang anda terima tersebut.

2. Tidak memerlukan gudang untuk stok produk

Sebagai dropshipper anda tidak perlu memiliki gudang penyimpanan karena barang akan dikirimkan langsung dari supplier menuju buyer.

3. Tidak memiliki resiko kerugian

Anda jelas tidak perlu memikirkan kerugian karena sebagai seorang dropshipper anda tidak perlu mengeluarkan modal awal.

4. Tidak perlu repot mengurus pengiriman barang

Keuntungan lain sebagai seorang dropshipper adalah anda tidak perlu harus bersusah payah mengirimkan produk kepada pembeli karena hal ini juga sudah diurus oleh pihak supplier.

5. Waktu dan tempat fleksibel

Keuntungan yang terakhir adalah anda dapat bekerja sebagai seorang dropshipper di manapun dan kapanpun selagi ada smartphone dan kuota internet.

Cara Menjadi Dropshipper Pemula Yang Sukses

Cara Menjadi Dropshipper Pemula Yang Sukses

Setelah mengenal apa itu dropshipper dan keuntungan menjadi dropshipper, sekarang waktunya kami akan membahas cara menjadi dropshipper yang sukses bagi pemula.

1. Memilih jenis produk yang memiliki banyak peminat

Menentukan jenis produk merupakan hal terpenting dan tersulit ketika anda akan memulai sebuah bisnis. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan produk yang akan dijual. Pastikan anda memilih produk yang diminati banyak orang dan memiliki mangsa pasar yang luas. Anda bisa memilih produk seperti produk fashion karena fashion memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa di era sosial media seperti saat ini.

2. Mencari supplier yang tepat dan bertanggung jawab

Sebagai seorang dropshipper sangat penting bagi anda untuk mencari supplier yang tepat karena supplier akan menentukan kesuksesan bisnis anda. Jika anda merasa bingung kemana harus mencari supplier yang tepat, anda bisa mencarinya melalui marketplace-marketplace di Indonesia . Di sana anda dapat melihat review dari pelanggan dari berbagai aspek tentang reputasi supplier sehingga anda dapat menyimpulkan apakah supplier tersebut dapat menjadi partner bisnis yang tepat atau tidak.

Carilah supplier yang berada di area sekitar tempat tinggal anda sehingga anda dapat bertemu langsung untuk bernegosiai  dan berdiskusi menyusun berbagai macam strategi agar pelanggan merasa puas dan penjualan anda semakin meningkat.

 3. Membuat website profesional untuk toko anda

Buatlah website yang menarik untuk toko online anda. Website yang bagus akan semakin menambah kepercayaan calon buyer terhadap toko online anda. Melalui website ini anda dapat dengan mudah meyakinkan calon buyer untuk membeli produk anda. Di sini anda dapat membangun brand untuk produk yang anda jual sehingga nilai jual produk anda bisa semakin tinggi dan anda semakin untung. Jika anda berhasil memberikan kesan yang bagus tentang produk anda, toko anda akan semakin mudah dikenal dan akan dicari oleh pelanggan.

4. Menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan aman

Tips selanjutnya mengenai cara menjadi dropshipper yang sukses adalah dengan cara menyedikan sistem pembayaran yang mudah dan aman bagi pelanggan anda. Jika anda seorang pemula dan tidak ingin ribet dengan penyediaan sistem pembayaran ini. Ada bisa membuka toko online anda melalui marketplace-makretplace yang tersedia di Indonesia seperti shopee, lazada, tokopedi, JD id dan lain sebagainya karena marketplace-marketplace tersebut telah menyediakan sistem pembayaran yang lengkap dan anda hanya perlu membayar biaya admin.

5. Gunakan strategi urgensi dan limited edition

Promosi adalah langkah jitu yang dapat anda lakukan untuk mengundang konsumen agar berbelanja di toko anda. Anda dapat menggunakan metode promosi kelangkan dan urgensi. Metode ini terbukti dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk anda meskipun mereka sedang tidak membutuhkan produk tersebut.

Metode kelangkaan atau limited edition juga dapat anda coba untuk menaikkan penjualan anda. Suatu barang akan dipandang lebih berharga ketika jumlah mereka terbatas dan sangat saying untuk dilewatkan. Metode ini juga dapat memacu konsumen untuk segera membeli produk anda sebelum kehabisan.

Metode urgensi adalah metode berpacu dengan waktu. Konsumen akan dipaksa untuk berpacu dengan waktu untuk mendapatkan promo diskon. Dengan terbatasnya waktu konsumen akan semakin terpacu untuk membeli produk yang diinginkan.

Rekomendasi Marketplace Untuk Dropship

Rekomendasi Marketplace Untuk Dropship

Selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai beberapa marketplace yang akan sangat mempermudah pekerjaan anda sebagai seorang dropshipper.

1. Shopee

Shopee merupakan marketplace terbesar di Indonesia. Anda dapat mengunduh aplikasi shopee dengan mudah di play store maupun apps store di smartphone anda. Berikut merupakan link aplikasi resmi Shopee.

2. Tokopedia

Marketplace lainnya sangat populer di Indonesia adalah tokopedia. Tokopedia merupakan marketplace terpercaya dan anda juga dapat mengunduh aplikasi tokopedia melalui play store maupun apps store di smartphone anda. Berikut merupakan link aplikasi resmi Tokopedia.

3. Lazada

Anda tidak perlu khawatir ketika berjualan di lazada karena pengguna lazada di Indonesia juga sudah sangat banyak. Sehingga peluang anda untuk mendapatkan buyer pun semakin besar. Berikut merupakan link aplikasi resmi Lazada.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kami mengenai cara menjadi dropshipper bagi pemula. Menjadi seorang dropshipper merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan mengingat pengguna e-commerce di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia untuk saat ini. Bagi anda yang menginginkan penghasilan tambahan dengan waktu bekerja yang fleksibel dan dapat dilakukan di manapun menjadi seorang dropshipper merupakan hal yang patut untuk anda coba.

Apapun itu, ketika anda ingin menggeluti sebuah binis hal yang wajib anda miliki adalah niat dan tekat yang bulat serta kegigihan dan kesabaran. Karena tidak ada kesuksesan dalam hal apapun yang dapat dicapai secara instan dan kunci kesuksesan untuk menjalankan sebuah bisnis adalah kejujuraan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk segera memulai bisnis menjadi seorang dropshipper yang sukses ya sahabat Milesia!

Leave a Comment