Cara Dropship di Shopee

Cara Dropship di Shopee – Anda ingin melakukan bisnis online tetapi bingung mau mulai dari mana? Padahal, bisnis online saat ini sudah berkembang pesat lho. Lihatlah ketika saat ini berbagai marketplace seperti Shopee sudah marak pembeli. Mereka lebih senang berbelanja online dibandingkan harus ke toko-toko fisik.

Nah, salah satu sistem yang berlaku pada dunia bisnis online ini adalah dropship. Dropship (Drop shipping) adalah suatu sistem yang mana seseorang bisa berjualan tanpa perlu membeli stok barang terlebih dahulu. Pelakunya yaitu dropshipper. Orang ini tidak akan menyimpan stok barang, melainkan cukup meneruskan order dan detail pengiriman barang (jika ada) ke supplier yang menjual barang tersebut.

Apa bedanya dropshipper dengan reseller? Yang membedakannya hanya perihal perlu atau tidaknya stok barang, yang mana ini kembali lagi ke butuh modal atau tidaknya. Ternyata, dropship mudah banget lho, tidak perlu modal untuk menyetok barang, melainkan langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja, bahkan diizinkan atas nama toko mereka sendiri. Nah, bagi Anda yang mau mencoba dropship melalui Shopee, yuk simak informasi selengkapnya mengenai cara dropship di Shopee!

Shopee

Shopee

Sebelum Anda mengetahui cara dropship di Shopee, Anda harus mengenal aplikasi Shopee terlebih dahulu. Shopee adalah suatu marketplace terpopuler yang berkantor pusat di Singapura hingga pada akhirnya meluas ke Indonesia. Marketplace yang satu ini pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015 dengan status consumer to consumer, hingga pada akhirnya beralih ke model business to consumer. Hingga saat ini, Shopee tersebar di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Saat ini, diketahui puluhan juta orang telah mengunduh dan berlangganan Shopee. Selain itu, Shopee juga bermarkas pusat di Jakarta Barat dengan lebih dari 100 orang karyawan tergabung di sana. Hingga sekarang, bisnis Shopee ini tergolong sukses karena konsistensinya untuk menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman dan takkan terlupakan.

Saat ini, Shopee telah menawarkan puluhan kategori produk, seperti pakaian pria dan wanita, handphone dan aksesorisnya, produk kecantikan, komputer dan aksesorisnya, pakaian bayi dan anak, produk khusus ibu dan bayi, sepatu pria dan wanita, tas pria dan wanita, jam tangan, pakaian muslim, barang-barang elektronik, aksesoris pakaian seperti kacamata, produk kesehatan, hobi dan koleksi, fotografi, makanan dan minuman, alat-alat olahraga dan outdoor, otomotif, voucher, buku dan alat tulis, bahkan ada juga souvenir. Dengan adanya beberapa kategori seperti itu, Shopee jelas digemari oleh masyarakat luas karena apa saja tersedia di dalamnya.

Keunggulan Shopee

Keunggulan Shopee

Anda pasti penasaran ‘kan, apa sih keunggulan yang dapat Anda dapatkan dari Shopee? Berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihan dari Shopee.

  • Barang dapat dijual secara cepat, hanya dalam waktu setengah menit.
  • Penjual dapat dimudahkan dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur foto, apalagi bisa diunggah foto barang tersebut hingga mencapai 9 foto. Hal ini dimaksudkan agar calon pembeli bisa melihat dengan lebih jeli tentang barang apa yang ingin dibelinya.
  • Terdapat fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai transaksi selesai, sehingga memudahkan penjual dalam memeriksa transaksi jual-beli online.
  • Terdapat varian motif, warna, hingga ukuran dalam beberapa produk yang ditawarkan, dan Anda dapat memilihnya dengan mudah sebelum melakukan checkout sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila tidak sesuai.
  • Terdapat layanan gratis ongkir.
  • Shopee juga menyediakan layanan terbaru seperti pembayaran tagihan listrik PLN dan juga ShopeeFood, jasa pesan-antar makanan yang mirip dengan Gofood dan Grabfood.
  • Tampilan aplikasinya dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah meskipun Anda baru pertama kali mencoba aplikasi tersebut.
  • Terdapat fitur Live Chat yang memudahkan pembeli dalam berbicara langsung dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi, misalnya jika ingin menawar harga akan produk yang ingin dibelinya.

Cara Dropship di Shopee

cara dropship di shopee

Nah, bagaimana cara dropship di Shopee tanpa harus menyediakan stok barang terlebih dahulu? Berikut ini cara dropship di Shopee sebagai pedoman Anda jika ingin berbisnis.

  1. Lakukan persiapan berikut ini: tentukan barang yang ingin dijual dengan melakukan riset terlebih dahulu dan juga cari supplier yang tepat. Carilah supplier yang memiliki star seller yang tinggi, serta perhatikan banyaknya komentar positif yang ada.
  2. Buka aplikasi Play Store atau App Store, lalu unduh apilkasi Shopee
  3. Buatlah akun Shopee dengan mengikuti segala petunjuknya hingga selesai. Perlu diperhatikan, berilah nama toko yang menarik dan unik agar dapat menarik lebih banyak pengunjung bahkan mereka lebih betah belanja di toko Anda.
  4. Aktifkan status Gratis Ongkir dengan menyiapkan foto dan KTP elektronik yang aktif dan jelas agar langsung diproses oleh Shopee.
  5. Masukkan data bank serta alamat supplier. Tujuannya agar pencairan dana dapat dilakukan ketika produk laku terjual. Selain itu, kewajiban Anda sebagai dropshipper adalah memasukkan alamat supplier di toko Anda, karena akan sangat berpengaruh terhadap ongkir yang ditanggung pembeli.
  6. Unggah foto dan deskripsi produk secara lengkap. Usahakan agar foto yang diunggah terlihat jelas dan tidak ada watermark dari toko online

Langkah tersebut bisa Anda lakukan jika supplier Anda tidak berada di Shopee. Namun, jika ternyata supplier-nya sama-sama menggunakan Shopee dengan Anda, Anda harus melakukan order secara manual ke supplier-nya.

Kemudian, jika Anda menginginkan resi secara langsung dari penjual Shopee, caranya sebagai berikut:

  1. Pilih produk yang ingin dijual kembali di supplier
  2. Lakukan checkout pesanan tersebut
  3. Isi data alamat pembeli dengan lengkap, kemudian pilih dropshipping.
  4. Jika perlu, tambahkan catatan pesanan tersebut.

Tips Sukses Dropship di Shopee

Tips sukses dropship di shopee

Terkadang, dalam hal bisnis dropship ini seringkali mendapat tantangan yaitu karena banyaknya penjual yang ada di Shopee, sehingga Anda harus memutar otak memikirkan hal ini agar dapat bersaing dengan lebih baik di Shopee. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar sukses menjalankan dropship di Shopee.

  1. Cari supplier yang menjual aneka ragam barang dan/atau stok banyak produk dengan ragam yang sama.
  2. Lakukan survei pasar dari produk yang akan Anda jual, yaitu harus banyak dicari dan juga apakah banyak penjual yang sudah menjualnya, serta cek lagi harga yang dijual seller Setelah itu, Anda bisa memberikan harga yang kompetitif.
  3. Perbanyak variasi produk yang ingin Anda jual, karena pembeli lebih menyukai toko dengan variasi produk yang banyak, misalnya dalam hal warna, ukuran, aksesoris, dan sebagainya.
  4. Modifikasi foto produk agar tidak terlalu sama dengan supplier, misalnya gunakan foto original Anda dan juga berikan watermark nama toko online diri sendiri pada gambar sehingga orang-orang akan berpikir bahwa itu produk Anda sendiri.
  5. Manfaatkan fitur promosi Shopee, misalnya flash sale dan iklan-iklan lainnya.
  6. Buat voucher toko agar penjualan di toko Anda semakin meningkat, melalui fitur “Voucherku”. Nanti Anda bisa mengisikan semua informasi yang dibutuhkan pada kolom “Informasi Voucher” lalu mencentang kotak “Berlaku untuk semua produk”. Beres deh.
  7. Promosikan toko online melalui media sosial yang Anda miliki, agar dapat menjangkau pembeli yang lebih luas lagi daripada melalui akun Shopee saja.

AKHIR KATA

Itulah informasi mengenai cara dropship di Shopee. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi Shopee, Anda bisa mengunduhnya melalui link Android & iOS. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca artikel dari Milesia.id. Kami berharap Anda menikmati kunjungan Anda dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di Milesia.

Leave a Comment