BRI Ceria

BRI Ceria – Apakah Anda merupakan seseorang yang membutuhkan pinjaman dana untuk hal-hal mendesak? Jikalau demikian, maka Anda bisa mencoba aplikasi pinjaman online seperti Ceria. Nah, Ceria ini merupakan aplikasi yang dirilis oleh BRI dengan fitur cicilan tanpa kartu kredit dan bunga yang cukup murah.

Ceria ini merupakan salah satu pembuktian dari BRI yang mulai memperluas pelayanannya selain berfokus pada pinjaman skala mikro dan pedesaan, terutama di bisnis Financial Technology.

Ceria dapat Anda gunakan sebagai tempat melakukan pembayaran baik melalui e-commerce ataupun online travel. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan pengajuan berbagai fasilitas secara mudah dan cepat.

Bagi Anda yang ingin merasakan pinjaman online lewat bank ternama di Indonesia, Anda bisa mencoba aplikasi BRI Ceria yang sepertinya masih ramai diperbincangkan masyarakat. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai BRI Ceria.

Interface BRI Ceria

Interface BRI Ceria

Ketika Anda mendengar kata Bank BRI, pasti identik dengan warna biru ataupun putih. Namun, ketika Anda membuka aplikasi Ceria, nuansanya sangat berbeda dari biasanya, yaitu bernuansa ungu. Terutama ketika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda akan diyakinkan dengan tiga kelebihan utama dari aplikasi Ceria, yaitu dapat berbelanja online tanpa kartu kredit, dapat mengajukan limit kredit hingga 20 juta hanya dalam waktu 1 menit, serta terdapat berbagai promo menarik yang dapat Anda nikmati.

Nantinya, di bagian bawah, Anda akan diminta untuk membuat akun atau masuk ke dalam aplikasi tersebut jika sudah memiliki akun. Setelah itu, layanan Ceria bisa Anda gunakan sepenuhnya. Berikut ini interface dari aplikasi tersebut.

Fitur BRI Ceria

Lalu, apa saja yang disediakan aplikasi Ceria untuk memenuhi kebutuhan Anda? Berikut ini berbagai fitur yang bisa Anda nikmati seutuhnya.

  1. Produk pinjaman yang dapat diajukan secara online dengan tenor 1 hingga 12 bulan.
  2. Bunga per tahun sekitar 17,04%
  3. Limit kredit dapat diajukan mulai dari 500 ribu hingga 20 juta rupiah.
  4. Kemudahan dalam membayar angsuran melalui autodebet dari rekening yang telah Anda daftarkan.
  5. Bisa berbelanja sepuasnya dan bisa dibayar nanti untuk tiga marketplace mitranya Ceria, yaitu Tokopedia, Dinomarket, dan Panorama JTB.

Kelebihan BRI Ceria

Secara umum, berikut ini kelebihan dari aplikasi BRI Ceria yang dapat Anda nikmati ketika menggunakannya:

  1. Pengajuan sangat mudah dan dapat dilakukan secara gratis dan online tanpa harus datang ke kantor terdekat.
  2. BRI Ceria tidak membutuhkan tanda tangan basah yang membuat pihak BRI harus repot-repot datang ke lokasi Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tanda tangan digital (digital signature) sehingga dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan persetujuan dari permintaan peminjaman dana Anda.
  3. Tidak perlu kartu kredit ataupun jaminan apa pun untuk melakukan pengajuan pinjaman
  4. Limit kredit tersedia hingga 20 juta rupiah, dengan tenor hingga 1 tahun.
  5. Bunga yang ditawarkan sangat bersaing alias kompetitif dan dengan bunga yang rendah yaitu 1,42% flat Tentu saja hal ini menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan pinjaman online yang lain.
  6. Limit kredit akan kembali seperti semula jika setelah diberikan pinjaman Anda sudah membayar tagihan tersebut.
  7. Proses persetujuan limit hanya membutuhkan waktu sekitar 10-30 menit
  8. Tidak ada biaya administrasi tiap bulannya sehingga segala transaksi dapat dilakukan secara aman.
  9. Karena terdaftar di OJK, maka aplikasi ini pasti tergolong aman untuk digunakan.

Cara Menggunakan BRI Ceria

Cara Menggunakan BRI Ceria

Sebelum Anda menggunakan aplikasi BRI Ceria, silahkan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di Google Play Store. Untuk saat ini, aplikasi tersebut hanya ada di Play Store berbasis Android. Setelah selesai terunduh dan ter-install, Anda bisa melakukan beberapa langkah yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Cara Melakukan Registrasi di Aplikasi Ceria

  1. Bukalah aplikasi Ceria di ponsel Anda
  2. Anda akan diarahkan menuju halaman paling awal, klik “Register” di bagian kiri paling bawah
  3. Masukkan nomor ponsel Anda yang aktif, jika sudah klik ‘Saya Telah Membaca dan Menyetujui Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ceria’.
  4. Jika sudah selesai, klik ‘Sign Up’.
  5. Kemudian, di layer gadget Anda akan muncul informasi mengenai Syarat dan Ketentuan, di-scroll sampai ke bawah lalu klik tombol ‘Saya Setuju’.
  6. Anda akan dikirimkan kode OTP melalui SMS, jika sudah diterima silahkan lanjutkan dengan masukkan kode OTP tersebut.
  7. Jika sudah berhasil, buatlah nomor PIN Anda berisi 6 angka, dan jangan lupa dikonfirmasi. Hindari menggunakan angka berulang. Nantinya PIN tersebut harus Anda ingat setiap saat Anda ingin melakukan transaksi apa pun di aplikasi.
  8. Selamat, akun CERIA sudah terbentuk!

BRI CERIA

2. Cara Mengajukan Pinjaman Dana di Ceria

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana, pastikan bahwa Anda merupakan nasabah tabungan Bank BRI, memiliki e-KTP, berusia minimal 21 tahun, berpenghasilan minimal 3 juta rupiah, dan memiliki gadget Android minimal versi 4.0 serta jaringan internet yang stabil. Jika sudah terpenuhi untuk semua syarat tersebut, lakukan beberapa Langkah berikut ini:

  1. Lakukan ‘login’ terlebih dahulu dengan akun yang telah Anda daftarkan.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi, lalu klik tombol ‘Ajukan Limit Kredit’.
  3. Akan muncul beberapa hal yang diperlukan untuk pengajuan limit. Plih semua, lalu klik ‘Lanjutkan Pengajuan’.
  4. Masukkan nomor e-KTP, 4 digit terakhir kartu ATM beserta tanggal kadaluarsanya. Jika sudah, klik ‘verifikasi’ sebagai tanda bahwa sistem akan melakukan verifikasi terkait rekening nasabah BRI Anda.
  5. Isilah data pribadi Anda, keluarga, dan keuangan Anda dengan benar dan sebaik-baiknya.
  6. Lakukan pengambilan gambar e-KTP Anda.
  7. Setelah semua data terisi, klik tombol ‘Saya telah mengatakan telah mengisi data-data di atas secara baik dan benar’ hingga muncul tanda centang, lalu klik ‘Kirim’.
  8. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke proses digital scoring untuk memproses permintaan Anda.
  9. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi di email yang telah Anda daftarkan supaya Anda tahu apakah pengajuan limit Anda ditolak atau tidak. Lalu klik tombol ‘Lanjutkan Pengajuan’.
  10. Jika disetujui, maka selamat karena Anda telah mendapatkan limit kredit!
  11. Terakhir, klik ‘Terima Penawaran’, dan Anda tinggal mengajukan nominal yang diinginkan.

aplikasi bri ceria

3. Cara Melakukan Transaksi di Merchant

  1. Pilih barang yang ingin Anda beli, baik di Tokopedia, Dinomarket, maupun Panorama JTB.
  2. Jika sudah, maka Anda akan diarahkan ke pemilihan metode pembayaran, pilihlah menu ‘Ceria’.
  3. Pilih jangka waktu pembayaran serta nominal pembayaran untuk tiap bulannya. Jika detail terkait pembayaran telah sesuai dengan keinginan Anda maka dapat dilanjutkan dengan klik tombol ‘Lanjutkan’.
  4. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor HP Anda yang masih aktif.
  5. Dengan itu, transaksi di merchant dengan metode pembayaran Ceria telah berhasil dilakukan, dan silahkan tunggu proses pengiriman barang Anda.

4. Cara Membayar Tagihan di Ceria

Lalu, bagaimana cara membayar tagihan di Ceria? Sebenarnya mudah saja, karena dari rekening BRI Anda akan otomatis ter-autodebet alias simpanan di rekening Anda berkurang sesuai dengan tagihan Anda selama 10 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Akhir Kata

Itulah informasi selengkapnya mengenai BRI Ceria yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan pinjaman dana secara online. Semoga bermanfaat. Jika Anda berminat, silahkan unduh aplikasi tersebut di link berikut:

Download Aplikasi BRI Ceria (Android)

Leave a Comment