Armageddon Casing

Armageddon Casing – Sebenarnya, apakah CPU komputer Anda butuh casing? Sebetulnya, casing CPU komputer, bisa juga disebut computer cabinet, computer chassis, atau computer case, adalah suatu wadah berbentuk kotak yang berfungsi melindungi dan mengorganisasi semua komponen internal komputer Anda agar terhindar dari kerusakan.

Umumnya, benda ini terbuat dari stainless steel, plastik, ataupun tempered glass, terutama untuk casing CPU game, tentu dengan desain, ukuran, dan warna yang berbeda-beda.

Apa saja komponen yang dilindungi oleh CPU? Cukup banyak lho, yaitu motherboard, prosessor sebagai otaknya komputer beserta kipasnya, RAM, harddisk, tempat CD/DVD, VGA card, sound card, dan power supply.

Tentu saja CPU ini dibilang vital, karena terdapat tempat penyimpanan data, penampung data sementara, tempatnya semua perintah, pengolahan audio, pengolahan grafis, dan pembagi daya. Oleh karena itu, casing CPU merupakan hal yang harus Anda miliki.

Bagi Anda yang tertarik dengan casing komputer, Anda perlu mengetahui info lebih lanjut mengenai hal ini, termasuk pula mengenai Armageddon Casing yang bisa Anda miliki sesegera mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi Casing CPU Komputer

Fungsi Casing CPU Komputer

Secara umum, berikut ini fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk memilih dan menggunakan casing CPU komputer, di antaranya:

  1. Pelindung berbagai komponen yang ada di dalamnya. Bayangkan jika tidak ada casing, semua komponen terutama processor otomatis akan rentan terhadap kerusakan karena adanya kotoran, benturan, cairan, atau bahkan gangguan listrik.
  2. Pemberi nilai estetika, tidak hanya rapi saja, terutama jika Anda menggunakan casing CPU gaming berbahan tempered glass dan/atau dilengkapi dengan lampu LED.
  3. Pengurangi kebisingan, karena biasanya beberapa komponen seperti power supply dan VGA terkadang dapat mengganggu ketenangan Anda karena seringkali menimbulkan suara.
  4. Pendingin, karena casing didesain memiliki airflow untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap berjalan dengan baik, sehingga suhu semua komponen stabil serta overheat dapat dikurangi.

Jenis-Jenis Casing CPU Komputer

Jenis-Jenis Casing CPU Komputer

Kemudian, apa aja jenis casing CPU yang bisa Anda pilih? Ketahuilah informasi lebih lanjut mengenai jenis-jenis casing yang lebih lengkap, yang mana semuanya punya fungsinya masing-masing.

1. Casing Desktop

Casing ini biasanya merupakan jenis yang utama dan sering dijumpai. Bentuknya datar dan persegi Panjang berukuran 40 x 60 cm. Biasanya casing desktop diletakkan di atas meja dalam posisi tidur dan cocok jika digunakan di ruang yang berukuran kecil, serta konstruksi dibuat lebih kokoh sehingga Anda dapat meletakkan monitor di atasnya.

2. Casing Tower

Sesuai dengan Namanya, casing ini bentuknya vertikal dan didesain untuk workstation dan server berperforma tinggi. Casing Tower biasanya diletakkan di atas lantai atau bisa juga di atas meja computer. Berdasarkan jumlah drive bay (slot penempatan harddisk, CD-DVD ROM, dan sebagainya) dan tingginya, casing jenis ini dapat dibagi menjadi Mini Tower (ukuran 30-40 cm dengan 2-3 drive bay), Medium/Mid Tower (45-60 cm, 2-4 drive bay), dan Full Tower (lebih dari 75 cm, 6-10 drive bay). Setiap jenis ini difungsikan sesuai dengan kebutuhan Anda, dan dapat lebih menguntungkan karena suhu yang tidak cepat panas serta ruang yang lebih besar dan luas.

3. Casing Slimline

Casing ini berbentuk seperti tower namun bentuknya agak tipis/slim namun konstruksinya tetap dibuat kokoh. Casing slimline dapat diposisikan dalam posisi tidur dan diletakkan monitor di atasnya.

4. Casing Rack Mount

Casing yang satu ini hanya ditujukan untuk solusi server atau jaringan, dan tidak bisa Anda gunakan seperti biasa. Bentuknya tipis dan pipih horizontal yang dapat disusun layaknya sebuah rak lemari.

5. Casing Home Theatre PC

Casing ini merupakan tempat akomodasi sistem komputer sebagai pusat media di mana perangkatnya merupakan kombinasi dari sebagian atau semua kemampuan PC dengan program aplikasi yang tentunya mendukung musik, video, foto, dan audio.

6. Casing Gaming

Casing ini biasanya berukuran lebih besar dan luas karena menyesuaikan dengan hardware yang digunakan untuk game, di mana biasanya casing gaming ini dapat bertahan lebih lama dan mampu bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan benar. CPU ini dapat memengaruhi berbagai aspek game seperti streaming, bitrate/kecepatan frame, dan berbagai unsur gameplay lainnya.

Nah, sudah tahu jenis casing yang sekiranya pas buat Anda? Perlu diperhatikan juga tipe dari casing tersebut, misalnya ATX, ITX, dan sejenisnya.

Tips Memilih Casing CPU Komputer Gaming

Tips Memilih Casing CPU Komputer Gaming

Mungkin Anda masih bingung tentang cara memilih casing yang tepat, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dijadikan referensi kamu dalam memilih casing CPU komputer sesuai kebutuhan Anda, termasuk buat Anda yang senang bermain game.

  1. Cari tahu apa yang Anda perlukan dari casing CPU, misalnya kemampuan untuk melakukan streaming, pengeditan video, atau aplikasi-aplikasi professional, serta kecepatan dan jumlah inti. Namun sebelum itu, pertimbangkan untuk apa Anda menggunakan casing
  2. Pelajari cara kerjanya di sistem gaming Anda, misalnya jumlah inti/core di mana semakin tinggi jumlahnya maka semakin mampu menangani beban kerja yang semakin banyak. Selain itu kecepatan clock/frekuensi (GHz) juga membantu menangani beban kerja terutama karena game. Namun, jangan terlalu terpaku dengan angka, sehingga Anda harus mencermati informasi yang disampaikan dengan baik.
  3. Pertimbangkan fitur tahmbahan, seperti grafis terintegrasi, fitur khusus laptop, overclocking, dan sebagainya.
  4. Tentukan Prosesor yang tepat untuk Anda, tergantung dari angka, core/thread, kecepatan clock, dan ukuran cache.
  5. Periksa benchmark. Caranya yaitu cari permainan yang akan dimainkan, serta model prosesor yang telah Anda pertimbangkan, dan evaluasi performa casing CPU yang Anda gunakan untuk memastikan bahwa casing CPU tersebut memang layak untuk digunakan. Selain itu, bisa dibandingkan pula dengan CPU/perangkat keras yang lain.
  6. Terakhir, sesuaikan dengan kebutuhan, terutama performa yang ingin Anda rasakan ketika bermain game. Namun sekali lagi, performa akan berkaitan dengan budget yang harus Anda keluarkan demi pengalaman bermain yang lebih baik.

Armageddon Casing

Armageddon casing

Armageddon adalah suatu perusahaan yang khusus menyediakan produk gaming yang berpusat di Singapura. Nah, apa saja produk casing PC yang disediakan oleh Armageddon? Berikut ini produk Armageddon Casing yang bisa Anda beli dan nikmati:

  1. Armageddon Nimitz TR5000, casing jenis ATX dengan lapisan tempered glass. Casing ini harganya diketahui tidak terlalu mahal serta dapat mendukung enam kipas berukuran 120 mm. Selain itu, casing PC ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan nuansa warna-warni RGB. Namun sayangnya, hanya tersedia sedikit saja slot driver bays yang tersedia di casing
  2. Armageddon Nanotron T1X, casing PC jenis mid tower bernuansa warna RGB yang sangat cocok untuk digunakan karena memiliki side panel dan bagian depan bawah yang transparan dan berbahan akrilik. Bentuk yang diadopsi sudah cukup untuk menampung semua komponen gaming Anda, seperti audio port, USB, dan sebagainya. Harganya pun terjangkau. Keunggulan lain dari casing PC ini adalah adanya tempat untuk menaruh kabel yang dapat memudahkan manajemen kabel Anda.
  3. Armageddon Vulcan v1x, casing PC bernuansa hitam-putih dengan sisi transparan namun ahrganya terjangkau. Tersedia dengan dua varian warna, yaitu hitam dan putih dengan bonus LED berwarna merah dan biru, dengan disediakan sekitar 2-3 drive bay.

Jika Anda ingin mencari produk seputar Armageddon Casing lebih jauh lagi, Anda bisa mengunjungi official shop berikut:

Armageddon di Tokopedia

Armageddon di Shopee

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai Armageddon Casing serta informasi seputar Casing PC yang dapat Anda beli dan gunakan sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment