Aplikasi Titik Koordinat

Aplikasi Titik KoordinatAplikasi titik koordinat pengertian dan cara menggunakannya. Berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat kini bisa mempermudah orang yang ingin mencari lokasi secara akurat dan cepat.

Sebut saja ingin mencari alamat rumah teman, atau mencari lokasi restoran terdekat dan tempat-tempat lainnya. Semuanya itu bisa anda temukan secara mudah melalui peta digital yang kini hadir dalam beberapa aplikasi.

Salah satu aplikasi titik koordinat yang paling banyak digunakan saat ini yaitu google maps. Ada banyak sekali fitur pada aplikasi pemetaan buatan google ini untuk mempermudah para penggunanya mencari lokasi.

Dengan fitur canggihnya, anda bahkan bisa melihat rute terdekat beserta estimasi waktu perjalanan serta jalur alternatif lainnya.

Titik koordinat dapat memberitahukan anda lokasi secara akurat tanpa perlu khawatir tersesat selama perjalanan. Dengan demikian anda bisa langsung pergi ke tempat tujuan lebih cepat karena sudah mengetahui lokasi titik koordinatnya lebih dahulu.

Mengenal lebih dalam kegunaan aplikasi titik koordinat

Mengenal lebih dalam kegunaan aplikasi titik koordinat

Kehadiran aplikasi titik koordinat yang serba guna ini tentunya dapat membantu banyak orang untuk menyelesaikan berbagai masalah modern saat ini.

Contohnya saja untuk mempromosikan lokasi bisnis anda agar bisa diketahui oleh banyak orang. Melalui aplikasi titik koordinat, anda bisa mendaftarkan lokasi kantor atau rumah anda agar orang lain bisa dengan mudah menemukannya.

Dengan beberapa fitur pendukungnya anda bahkan juga bisa memberikan rute terbaik yang bisa ditempuh oleh orang yang ingin menuju ke lokasi titik tersebut.

Dan bagi perusahaan atau pemerintahan juga pastinya sangat terbantu sekali dengan aplikasi semacam ini untuk melakukan pemetaan secara akurat.

Macam-macam aplikasi titik koordinat

1. Google Maps

google maps

Bicara soal aplikasi titik koordinat maka sudah pasti nama Google maps menjadi urutan pertama yang akan kita bahas. Salah satu produk google terkenal ini secara default sudah satu paket saat pembelian HP android.

Jadi tidak heran jika google maps lah yang paling banyak digunakan saat ini dibanding aplikasi serupa lainnya. Dan tidak hanya itu saja, aplikasi google maps bisa menjadi favorit banyak orang juga karena keberhasilan dari pihak developer yang tidak lain adalah google sendiri.

Aplikasi peta digital ini memiliki banyak sekali fitur pendukung yang dapat anda gunakan menyesuaikan kebutuhan. Setiap penggunanya bisa melakukan pencarian lokasi titik koordinat secara akurat dan cepat.

Tidak hanya area Indonesia saja tetapi juga seluruh bumi ini bisa anda telusuri dengan titik koordinat google maps dan informasi tambahan yang lengkap.

Produk aplikasi maps ini juga terintegrasi dengan mesin pencarian google yang bisa mempermudah anda untuk melakukan pencarian lokasi komersial. Contohnya saja seperti tempat wisata, hotel, rumah makan, restoran, cafe dan lainnya secara akurat dan up to date.

2. Geo Tracker – GPS tracker

Geo Tracker - GPS tracker

Berikutnya ada aplikasi yang bernama Geo Tracker – GPS tracker yang cocok untuk anda pakai selama bepergian. Aplikasi Geo Tracker ini memang terlihat sederhana sekali, namun soal keakuratan peta sudah tidak perlu diragukan lagi.

Apabila anda sedang melakukan perjalanan jauh ke tempat yang asing bersama dengan rombongan maka bisa gunakan aplikasi ini. Apa lagi jika menggunakan kendaraan yang terpisah maka biar bisa mengetahui jejaknya anda bisa gunakan Geo Tracker ini.

Sesuai dengan namanya, Geo Tracker berfungsi untuk meninggalkan jejak atau melihat jejak perjalanan dari pengguna lain. Terutama pada daerah yang benar-benar baru anda kunjungi pertama kali seperti daerah terpencil atau luar negeri.

Bersama dengan teman anda maka bisa saling memberikan sinyal agar tidak ada yang tersesat dan semuanya bisa tetap pada satu jalan.

3. Glympse

Glympse

Aplikasi Glympse ini juga bisa menjadi pilihan untuk anda gunakan sebagai share lokasi kepada orang kenalan anda. Terutama jika anda yang mempunyai pekerjaan dengan lokasi baru dan selalu berpindah-pindah.

Gunakan saja aplikasi Glympse ini bersama dengan rekan kerja anda maka lokasi akan mudah ditemukan karena sudah ada titik koordinat yang pasti.

Aplikasi ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu hanya sekitar 17 MB saja dengan syarat minimal sudah menggunakan Android versi 4.4 atau versi yang lebih baru.

Jika tertarik menggunakan Glympse, anda bisa langsung menemukannya dari google play store dan menggunakannya secara gratis.

4. GPS Essentials mictale.com

GPS Essentials mictale.com

Untuk pengguna HP android, anda bisa gunakan aplikasi GPS Essentials dari developer mictale.com yang bisa melihat titik koordinat maps.

Aplikasi bagus ini memiliki banyak fitur menarik yang masih berhubungan dengan lokasi titik koordinat. Salah satu fitur menarik dari aplikasi GPS Essentials ini yaitu terdapat kompas digital dengan tampilan yang menarik.

Kompas ini tentunya tidak hanya sekedar hiasan saja pada layar HP, tetapi mempunyai fungsi kompas sesungguhnya yang bisa menunjukkan arah utara dan selatan.

Selain itu aplikasi ini juga bisa anda pakai untuk melihat rute perjalanan dengan setiap titik koordinat yang akurat sekali. Adapun rute yang sudah anda lihat tersebut bisa disimpan untuk dilihat kembali.

Hampir seperti dengan google maps, pada GPS Essentials juga memiliki banyak fitur pendukung. Contohnya seperti informasi lengkap mulai dari jarak, hingga estimasi waktu perjalanan yang akan anda tempuh jika melalui rute tersebut.

Hingga artikel ini ada, aplikasi GPS Essentials ini telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna aktif dan telah mendapatkan rating bintang yang mendekati 5.

5. Offline Map Navigation

Offline Map Navigation

Umumnya aplikasi GPS harus dalam kondisi online ketika sedang digunakan. Namun berbeda dengan aplikasi yang bernama Offline Map Navigation.

Tanpa butuh koneksi internet, aplikasi Offline Map Navigation ini tetap bisa anda gunakan untuk melihat titik koordinat dari maps.

Aplikasi bagus ini mampu memberikan informasi nama jalan dengan sangat akurat dan up to date. Jika ingin mencari lokasi seperti supermarket, hotel, restoran, dan bahkan rumah sakit terdekat bisa anda ketahui melalui aplikasi GPS ini.

Selain itu aplikasi offline Map Navigation juga memiliki fitur lain seperti kompas untuk menunjuk arah utara selatan, sugesti rute terdekat, dan fitur menarik lainnya.

Keunggulan juga terlihat pada tampilan maps 3D nya yang dapat mempermudah anda untuk mengetahui lokasi tujuan secara lebih jelas.

Cara menggunakan aplikasi titik koordinat Google Maps

Silahkan buka aplikasi google maps terlebih dahulu dengan menggunakan HP android. Setelah terbuka langsung ketik saja titik koordinat pada kontak pencarian yang telah tersedia.

Google sendiri menyediakan tiga format yang bisa anda coba. Dikutip dari situs resmi google

Pertama yaitu dengan Derajat, menit, dan detik Contoh : 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E
Kedua dengan, Derajat dan menit desimal Contoh : 41 24.2028, 2 10.4418
Ketiga denga, Derajat desimal Contoh : 41.40338, 2.17403

Setelah memasukkan dengan benar maka secara otomatis akan muncul titik koordinat pada layar HP anda.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai aplikasi titik koordinat pengertian dan cara menggunakannya. Anda bisa mencobanya langsung dengan menggunakan salah satu aplikasi yang telah kita bahas tadi.

Leave a Comment