Aplikasi Perekam Layar Laptop

Aplikasi Perekam Layar Laptop – Ini dia rekomendasi aplikasi perekam layar laptop yang bisa anda pakai untuk kualitas gambar dan suara terbaik. Aplikasi ini cocok sekali buat anda yang sedang ingin merekam layar laptop untuk membuat video tutorial atau konten gaming.

Terutama untuk anda yang sehari-harinya bekerja sebagai konten kreator maka pastinya sangat butuh sekali aplikasi perekam layar ini.

Sebab dengan menggunakan aplikasi khusus perekam layar, hasilnya pasti akan jauh lebih baik ketimbang merekam layar dengan menggunakan kamera.

Selain itu audio atau suara dari game atau software yang sedang anda jalankan juga akan terdengar lebih jelas jika menggunakan aplikasi perekam layar laptop.

Saat ini sudah banyak beredar berbagai macam aplikasi perekam layar laptop yang bisa anda pilih salah satunya. Dan berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar laptop yang memiliki kinerja bagus.

Aplikasi perekam layar laptop

1. Bandicam

Bandicam

Bandicam bisa menjadi software laptop andalan bagi para konten kreator yang ingin merekam layar untuk pembuatan video tertentu.

Terdapat beberapa fitur pendukung dari aplikasi bandicam yang bisa mempermudah penggunaan saat merekam layar. Contohnya saja seperti fitur keyboard shortcut untuk record, pause, dan stop.

Sehingga pada bagian tertentu anda bisa melakukan pause untuk tidak merekam dan kemudian bisa melanjutkan kembali atau bisa juga langsung stop.

Aplikasi ini cocok sekali untuk anda yang berprofesi sebagai youtuber gamer. Resolusi yang dihasilkan dari software bandicam juga bisa menyesuaikan resolusi dari layar laptop anda.

FullHD hingga 4K tersedia yang bisa anda atur sendiri pada menu settings. Untuk tipe file hasil dari perekaman videonya, tersedia dalam dua pilihan yaitu MP4 dan AVI.

Selain bisa untuk merekam video, Bandicam juga bisa mengambil gambar dari layar yang sedang tampil saat itu juga.

Gunakan hotkey yang secara default yaitu F11, dan bisa anda ganti juga tombol hotkey nya melalui menu settings.

Keunggulan Bandicam juga dapat terasa sekali berkat adanya fitur pengatur kualitas gambar serta FPS. Secara default mode perekaman sebesar 30 FPS, dan jika sedang merekam dengan gerakan cepat maka anda bisa meningkatkan hingga 120 FPS.

Dengan demikian hasil video perekaman layarnya bisa tetap terlihat jelas tanpa terjadi blur atau buram sama sekal. Namun semakin tinggi nilai FPS nya maka ukuran file juga semakin besar.

Karena itu gunakan saja sesuai kebutuhan agar bisa mendapat hasil perekaman yang bagus.

2. Filmora

filmora

Jika tidak suka dengan Bandicam maka masih ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan software Filmora. software screen recorder yang bernama FIlmora ini bisa anda pakai untuk berbagai kebutuhan.

Entah itu untuk merekam game atau untuk menunjukkan video tutorial lainnya bisa tetap menghasilkan kualitas gambar yang jernih.

Selain itu untuk urusan codec audio pada software filmora juga sudah memiliki performa yang bagus. Sehingga ketika sedang memutar musik atau merekam suara mic dari suara anda yang berbicara tidak akan sampai terdengar pecah.

Filmora juga memiliki sejumlah fitur pendukung seperti beberapa pilihan efek visual, teks, serta bisa di edit setelah merekam nanti.

Namun dibalik keunggulan Filmora ternyata juga memiliki kekurangan yaitu terdapat watermark yang akan muncul pada hasil akhir video.

Jadi anda harus sudah puas dengan adanya watermark Filmora yang muncul pada hasil dari video perekaman layar yang telah anda buat.

Dan jika ingin watermark itu dihilangkan maka anda bisa coba yang versi berbayar. Sebab software perekam layar yang bernama Filmora ini memang tersedia dalam dua pilihan.

Gratis dengan watermark atau berbayar tanpa watermark.

3. HitPaw Screen Recorder

HitPaw Screen Recorder

Jika anda ingin memilih software perekam layar laptop yang tampilannya sederhana maka bisa gunakan HitPaw Screen Recorder. Software HitPaw ini sanggup merekam layar untuk pembuatan video yang menarik.

Mode record, pause, dan stop sudah pasti bisa anda kendalikan dengan mudah. Anda juga bisa merekam live streaming dengan mengandalkan software perekam layar ini.

Terdapat berbagai keunggulan yang bisa langsung anda rasakan jika menggunakan software HitPaw Screen Recorder ini. Fitur pengatur besararan layarnya dapat membantu anda apakah ingin seluruh layar direkam atau hanya pada bagian tertentu saja.

Software HitPaw ini memang cocok sekali untuk merekam berbagai kebutuhan seperti kebutuhan gaming atau untuk mengabadikan meeeting online.

Adapun kekurangan dari aplikasi perekam layar laptop ini hampir sama dengan aplikasi perekam yang lain. Kekurangan terletak pada versi gratis, sebab pada versi free trial akan memunculkan watermark yang cukup mengganggu ketika orang yang sedang menonton.

Dan tentu saja jika ingin watermark itu dihilangkan maka anda harus menggunakan versi yang berbayar.

4. Action!

Action

Tidak kalah menariknya, software yang bernama Action! ini juga bisa anda pakai dalam laptop anda untuk merekam layar resolusi FUllHD.

Adapun hasil dari video perekaman layar ini menggunakan format MP4 atau AVI yang bisa anda pilih salah satunya sesuai selera masing-masing.

Seperti kita ketahui bahwa tipe file berformat MP4 atau AVI adalah yang paling umum. Jadi jika hasil perekaman layar ini ingin anda edit lagi dengan software lain seperti dari produk Adobe, maka sudah pasti bisa kompatibel dan berjalan dengan baik.

Fitur screenshotnya juga bisa anda pakai sewaktu-waktu apabila butuh untuk berbagai keperluan. Keunggulan juga terlihat pada fitur pendukung live Youtube yang bisa anda pakai untuk merekam dengan kualitas terbaiknya.

Jadi apabila anda sedang live dan ingin merekam maka tinggal gunakan saja software Action! yang berjalan pada laptop anda.

Satu-satunya kekurangan dari software Action! yaitu hanya bisa berjalan pada sistem operasi buatan windows (7,8,10,11). Sedangkan untuk pengguna linux dan macOS masih belum tersedia sehingga belum bisa menggunakannya.

5. ShareX

ShareX

Apabila anda ingin memakai software perekam layar laptop yang gratis dan juga bebas watermark, maka tinggal gunakan saja ShareX.

Software perekam layar yang satu ini terbilang sangat simpel sekali, namun memiliki performa yang terbatas. Sehingga tidak cocok untuk merekam game karena bisa terputus-putus.

ShareX lebih cocok untuk merekam tampilan layar yang jarang bergerak dan lebih banyak merekam suara.

Cara merekam layar laptop di windows

Dari berbagai Aplikasi perekam layar laptop yang telah kita bahas tadi semuanya bisa berjalan baik pada OS Windows 7, 8, dan 10.

Cara menggunakannya juga cukup simpel meskipun beda software beda juga lokasi tombol dan penamaannya. Namun pada umumnya anda tinggal cari saja tombol record, atau start, atau tombol dengan lingkaran merah.

Akhir kata

Demikian pembahasan mengenai Aplikasi perekam layar laptop yang bagus untuk anda pakai. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah pasti aman dan dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows mulai dari versi 7 hingga 10.

Semoga untuk anda yang sedang mencari aplikasi untuk merekam layar bisa gunakan salah satu dari aplikasi yang telah kita bahas tadi, semoga bermanfaat dan terima kasih. Jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di Milesia.id!

Leave a Comment