Aplikasi Kasir

Aplikasi Kasir – Apakah Anda pernah mendengar aplikasi kasir online? Mungkin ketika Anda menjumpai toko-toko yang sudah modern atau bahkan di kafe-kafe tertentu, mungkin mereka sudah menggunakan teknologi yang seperti itu.

Aplikasi Kasir Online

Aplikasi kasir online ini adalah alat pembayaran elektronik pertama di dunia sejak 1973 lalu dengan sebutan cash registers hingga pada akhirnya dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet sejak awal tahun 2000.

Software kasir online, atau yang biasanya disingkat POS, biasanya digunakan untuk mempermudah transaksi atau pembuatan laporan penjualan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha tertentu dengan sistem yang terstruktur dan tercatat.

Mungkin POS ini tidak hanya terhubung di bagian kasir saja, tetapi dapat terhubung dengan jajaran lain seperti gudang, penjualan, akuntansi, hingga ke manajemen.

Karena penggunaannya yang bisa digunakan oleh siapa saja, maka hal ini dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan dengan cepat, serta meningkatkan brand dari bisnis Anda.

Mengapa Anda harus menggunakan software kasir online? Karena dapat membantu Anda bekerja lebih baik dan cepat mulai dari register hingga transaksi selesai, sehingga pembeli akan terasa lebih nyaman.

Selain itu, sistem ini juga dapat memberikan laporan yang lengkap secara real-time serta data yang akurat, apalagi jika dibantu oleh teknologi cloud yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Mungkin bagi Anda yang baru mau memulai bisnis, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir online. Namun, adakah yang direkomendasikan? Maka dari itu, mari simak informasi berikut mengenai dua aplikasi kasir online terpercaya yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis Anda.

MokaPOS

MokaPOS

Moka adalah suatu aplikasi POS berbasis cloud yang dapat membantu perkembangan usaha Anda (terutama UMKM), tidak hanya dengan mengoptimalkan operasional bisnis, tetapi juga memperluas akses ke lebih banyak pelanggan agar semakin banyak yang merasakan kemudahan dalam melakukan operasi penjualan.

Keuntungan Menggunakan MokaPOS

Moka juga dapat mempermudah analisis bisnis karena adanya konsolidasi laporan transaksi penjualan baik di tempat maupun secara online dan real-time. Yang bisa Anda lakukan yaitu membuat kategori barang-stok-harga, membuat laporan bisnis, melakukan transaksi pembayaran, dan sebagainya. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini?

  1. Semua hal terkait transaksi penjualan hingga mencakup harga promo akan ter-update secara cepat/real-time, kapanpun dan dimanapun Anda berada.
  2. Anda dapat melakukan monitor terkait tersedianya stok bahan baku di gudang, sehingga jika hampir kehabisan bahan, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk membeli stok baru.
  3. Anda juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, terutama dengan adanya Loyalty Program yang mudah, cepat, dan otomatis, jadi tidak hanya mencatat pesanan pelanggan saja.
  4. Menghindari kesalahan input karyawan usaha, karena dari Moka Anda akan tau siapa karyawan yang sedang bertanggung jawab melayani transaksi dari tiap pelanggan Anda dengan adanya pencatatan yang sistematis, rapi, dan otomatis.
  5. Anda juga dapat menerima pembayaran secara nontunai baik via Gopay, OVO, DANA, Link Aja, WeChat Pay, Akulaku, dan Kredivo.

Namun, untuk menikmati semua keuntungan secara maksimal, Anda harus berlangganan Moka yang mana harus merogoh kocek sekitar 249 ribu per bulan, jika Anda berlangganan selama 1 tahun. Jika tidak ingin demikian, Anda tetap dapat berlangganan dengan membayar hanya 299 ribu per bulan. Dengan berlangganan, Anda berhak mendapatkan dua sistem aplikasi kasir yaitu basic feature dan back office.

Jika Anda baru akan memulai penggunaan aplikasi Moka, pastikan Anda menggunakan device yang sesuai (disarankan tablet), setelah itu Anda perlu mengunduhnya di Android/iOS Anda, atau tinggal membuka website https://www.mokapos.com.

Lalu, buatlah akun MokaPOS dan mengaktifkan e-wallet dengan menyiapkan KTP dan NPWP, dan mengisi data diri Anda. Setelah selesai, lengkapi akun Anda di Backoffice, dan Anda dapat langsung menggunakannya, misalnya dengan mengisi library; mengatur inventory, data pelanggan, akses karyawan, aplikasi Moka, hingga langsung mengoperasikannya untuk bisnis Anda!

Bagaimana? Menarik bukan? Jika tertarik menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu app kasir online Anda, silakan langsung diunduh melalui link di bawah ini:

Download MokaPOS Android

Download MokaPOS iOS

Qasir

Qasir

Aplikasi ini dikembangkan oleh dua orang yang bernama Novan Adrian dan Rachmat Anggara dari PT Solusi Teknologi Niaga sejak Oktober 2015 lalu. Saat ini, aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari 500.000 orang. Qasir juga menargetkan pelaku usaha UMKM skala mikro jenis apapun dengan alasan mereka belum begitu tersentuh akan teknologi. Berbagai hal yang bisa Anda lakukan di Qasir adalah mencatat segala transaksi, mengelola stok produk, monitor keuangan, dan melakukan pembayaran secara digital.

Keuntungan Menggunakan Qasir

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa Anda dapatkan jika Anda kemudian beralih menggunakan Qasir?

  1. Fitur yang disediakan sangat lengkap dan sempurna, sehingga tak ada lagi alasan bagi para pengusaha UMKM untuk tidak mengelola usahanya.
  2. Anda dapat mengelola produk dan penjualan dengan mudah karena sistem yang terbilang disederhanakan meskipun Anda memiliki banyak outlet cabang di seluruh Indonesia.
  3. Dapat digunakan secara online maupun offline pada semua smartphone
  4. Aplikasi ini mendukung QRIS sehingga dapat menerima semua pembayaran nontunai hanya dengan scan QR Code.
  5. Laporan transaksi penjualan dapat diakses secara real-time oleh semua pelaku usaha dari mana saja.
  6. Terdapat beberapa fitur tambahan yang akan membantu Anda, yaitu produk favorit, pencarian riwayat transaksi, catatan tambahan, kelola diskon, harga grosir, nomor antrian, label pembayaran, cetak tiket pesanan, uang muka, struk ringkas, logo usaha, struk tambahan, opsi tambahan, dan sebagainya.

Namun, terdapat beberapa fitur yang membuat Anda harus berlangganan terlebih dahulu, misalnya dapat memberikan poin khusus dengan adanya fitur poin loyalitas, dapat memilih cara monitor laporan usaha secara bebas dan lengkap, bebas mengatur hak akses setiap pegawai dengan adanya Otorisasi Pegawai, memantau absensi pegawai dari mana saja secara bebas (masuk-pulang), serta membuat website usaha. Dengan semua fitur tambahan itu, Anda harus membayar sekitar 300 ribu per tahun atau bisa juga berlangganan Rp33.250,00 per bulan.

Untuk memulai menggunakan aplikasi Qasir, Anda bisa membuat akun melalui website ataupun lewat Android Anda.

Jika Anda membuat akun via website, kunjungi website resminya lalu gunakan fitur ‘Daftar Qasir’ untuk mendaftarkan toko Anda. Isi data yang diminta, termasuk data usaha Anda (nama pemilik, nomor HP, email, PIN) dan subdomain (alamat web toko Anda: namatoko.qasir.id). Setelah itu, Anda klik tombol ‘Mulai berjualan dengan Qasir’, dan tunggu beberapa saat hingga Anda dapat mulai berjualan dengan dibantu Qasir.

Jika Anda membuat akun via smartphone, unduh aplikasi tersebut di Google Play Store/Android Anda, setelah itu Anda bisa langsung mengeklik tombol ‘Daftar Sekarang’. Sama seperti tadi, Anda akan diminta untuk mengisi data usaha Anda (nama usaha, alamat usaha, website toko, nama pemilik, email, no HP, PIN 6 digit). Setelah selesai, Anda harus melakukan aktivasi melalui email/no HP Anda. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga akun Anda telah berhasil diaktifkan dan Anda dapat langsung berjualan di Qasir.

Bagaimana? Menarik bukan? Jika tertarik menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu app kasir online Anda, silakan langsung diunduh melalui link di bawah ini (khusus Android):

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.innovecto.etalastic&hl=en&gl=US

Jangan lupa kunjungi website resminya di https://qasir.id.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi kasir online terpercaya yang dapat Anda manfaatkan sebagai pembantu transaksi Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel menarik lainnya di Milesia.id.

Leave a Comment