DINAMIKA

Begini Cara Lindungi Pekerja dari Risiko Penularan Covid-19

Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 maupun korban meninggal dunia. Hingga pukul 15.30 WIB kemarin (22/3), tercatat 514 kasus covid-19 dari berbagai daerah di tanah air. Angka ini diprediksi terus melonjak.

Sektor usaha dan Pemerintahan di berbagai daerah mulai meliburkan karyawannya guna menghindari potensi penularan Covid-19. Tidak seluruhnya memberlakukan Work From Home, termasuk sector usaha mikro yang jadi urat nadi kalangan ekonomi bawah. Pengamatan Milesia.id di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, warung-warung kecil masih buka. Termasuk minimarket yang menyediakan kebutuhan harian.

Pengamatan Milesia.id dua pekan terakhir di Selatan Jakarta, tepatnya Kota Depok, ratusan minimarket berjaringan masih buka, meskipun status Kota Depok sudah dinyatakan darurat Covid-19. Ditambah dengan warung-warung kecil yang juga masih buka jumlah mereka jadi ribuan.

Rupanya, tak sedikit diantara pengelola usaha kecil yang masih belum mahfum dengan prosedur standar perlindungan diri dan karyawan dalam mencegah penularan Covid-19. Padahal mereka sangat rentan tertular melalui lalu lintas jual beli.

dr. Lelitasari Danukusmo,MKK (Dok.Pribadi)

Menurut ahli Kesehatan dan Keselamatan di tempat Kerja (K3) dan Occupational Health Consultan dr. Lelitasari Danukusumo,MKK ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk melindungi pekerja yang berhadapan langsung dengan konsumen. Karena kita tidak pernah tahu apakah ada konsumen yang carrier COVID 19 yang potensial menulari pekerja.

  1. Berikan edukasi singkat mengenai apa itu COVID 19, bagaimana penularannya, bagaimana pencegahannya kepada pekerja.
  2. Siapkan masker untuk tim yang bekerja berhadapan langsung dengan konsumen. Pakai saat melayani konsumen.
  3. Siapkan hand sanitizer di meja kasir, lakukan cuci tangan setiap kali selesai melayani konsumen.
  4. Siapkan desinfektan untuk membersihkan meja kasir secara berkala. Lakukan setiap kali selesai melayani konsumen. Termasuk membersihkan mesin EDC (debit card) dan peralatan lain di meja kasir yang mungkin tersentuh konsumen. Untuk di bank termasuk membersihkan pulpen yang disediakan di meja teller.
  5. Pel lantai secara berkala menggunakan cairan desinfektan, campuran pemutih dan karbol dengan perbandingan 1 : 3 kemudian campur dengan air dengan perbandingan 1 : 3
  6. Bersihkan secara berkala gagang pintu dan area disekitarnya yang tersentuh orang.
  7. Monitor suhu badan pekerja setiap hari. Karena thermogun saat ini sulit diperoleh bisa gunakan thermometer telinga. Jika tidak ada bisa gunakan thermometer digital biasa, tapi selalu bersihkan dengan alkohol di bagian ujungnya setiap selesai digunakan. Jika suhu lebih dari 37,5 derajat celcius sebaiknya diistirahatkan di rumah.

Semoga dengan melakukan langkah-langkah tersebut bisa mencegah penularan COVID 19, terutama pada pekerja di toko ritel, rumah makan, juga perbankan. Perundang-undangan Ketenagakerjaan RI menyatakan, setiap pekerja berhak untuk dilindungi keselamatan dan kesehatannya.(*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close