DINAMIKAUncategorized

ASRI Galang Dana Padamkan Karhutla

 

Oleh : Efan Juniansyah *)

anak muda tampak berlarian sembari membawa ranting pohon. Lainnya membawa karung goni. Terdengar suara letupan diiringi dengan gumpalan asap yang cukup tebal muncul dari sela rimbunnya semak belukar di atas bukit. Di saat yang sama, sejumlah ibu-ibu dan beberapa pria lanjut usia hanya bisa berdiri sambil menunjuk ke atas bukit yang mulai pekat oleh telikung asap, tanpa bisa berbuat apa apa.

Jika Anda bukan lansia dan cukup tangguh, apa yang akan dilakukan untuk membantu memadamkan kebakaran? Berdiam diri dan membiarkan petugas memadamkan api? Atau update status di sosial media? Berdoa berharap lekas turun hujan? Atau bahkan acuh tak acuh? Toh, bukan kebun pribadi juga yang terbakar..

Penyerahan bantuan ASRI _ Kitabisa.com (IST-ASRI/Milesia.id)

Menjawab dari pertanyaan di atas, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), lembaga non profit di Kalimantan Barat yang selama ini intens dengan isu-isu lingkungan dan pemberdayaan kesehatan masyarakat pedalaman, mencoba menggalang dana untuk mengatasi karhutla berkerja sama dengan Kitabisa.com.

Selama ini, ASRI meyakini, bahwa kesehatan manusia tergantung pasa kesehatan alamnya. Mereka mengembangkan konsep Kesehatan Planetari (Planetary Health). Pendekatan interdisipliner dan transdisipliner dalam memahami aspek kesehatan manusia secara menyeluruh. Meletakkan efek perubahan lingkungan, termasuk yang ditimbulkan oleh sistem politik, ekonomi dan sosial, sebagai faktor yang saling berkelindan.

Berkat dukungan banyak pihak, kerja keras dan komitmen ASRI berbuah manis. Catatan Milesia.id, hingga akhir 2017, Klinik ASRI telah menerima 73.736 kunjungan dari 41.875 pasien. Dan sejak Juni 2018, tercatat 1.177 pasien BPJS telah memilih klinik ASRI sebagai fasilitas kesehatan tingkat satu. Klinik ASRI juga sudah melayani pasien fisioterapi dan sudah mengantongi izin operasional apotek. Program kesehatan lainnya adalah Pengobatan Keliling, Pembagian Kacamata, Keluarga Berencana Gratis, Ambulans, Imunisasi, dan Edukasi Kesehatan. Dan ini uniknya! Klinik ASRI menerima pembayaran jasa layanan kesehatan non tunai menggunakan bibit pohon!

Kali ini, ASRI dan Kitabisa.com mencoba merangkul para donatur yang peduli akan dampak buruk kebakaran hutan, namun tidak mempunyai kemampuan untuk ikut serta dalam memadamkam kebakaran di lapangan.

(IST-ASRI/Milesia.id)

Donasi yang terkumpul melalui crowdfunding yang telah dikenal reputasinya itu, akan didonasikan ke para pejuang pemadam kebakaran hutan. Mereka adalah Manggala Agni, BNPB Kabupaten Kayong Utara, TANAGUPA, dan beberapa dusun dan desa yang hutan di sekitar pemukiman mereka yangg ikut terbakar.

Adapun barang-barang yang akan diserahterimakan meliputi alat pemadam kebakaran, masker N95, vitamin, susu dan sejumlah barang penunjang kegiatan dan kesehatan para pejuang pemadam kebakaran karhutla.

ASRI dan kitabisa.com juga menyerahkan bantuan kepada satu Sekolah Dasar yang ikut menjadi korban si jago merah. Bantuan yang diserahkan berupa tenda untuk belajar darurat siswa, papan tulis, meja belajar, dan beberapa buku pelajaran.

Yayasan ASRI dan masyarakat Kayong Utara melalui  Kitabisa.com, bersyukur dan berterimakasih kepada para donatur dan khalayak luas yang sudah ikut berjuang dalam mengupayakan udara bersih melalui pemadaman karhutla.

*) Pegiat Konservasi dan Kesehatan Publik, aktif di Yayasan Alam Sehat Lestari, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

(Efan Juniansyah/ASRI/milesia.id)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close