Milescoop

KINARYA Kolaborasi Garap Film Blockchain

Kolaborasi produksi film tentang blockchain dan IT di Jawa Tengah bakal digarap Koperasi Kinarya, koperasi yang fokus pada bisnis kreatif sektor perfilman. Hal itu dikemukakan Ivonny Zakaria, Ketua Koperasi Kinarya, Bima Kartika, Kabid. Kelembagaan Dinkop Prov.  Jawa Tengah, Anis Saadah, HC., CEO InnoCircle Initiative dan Firdaus Putra, HC., Komite Eksekutif ICCI menerangkan, mengungkap hal tersebut ke media dalam konferensi persnya di Purwokerto, Selasa (6/8).

“Film yang akan dibuat di Jawa Tengah ini merupakan bagian dari rencana produksi 17 film di beberapa provinsi di Indonesia.  Bagi Kinarya, film adalah lokomotif yang menarik gerbong sektor ekonomi lainnya. Ketika kami memproduksi film di satu wilayah, ini sekaligus untuk mengakselerasi ekonomi lokal di sana. Contohnya adalah film “Impian 1000 Pulau” di Pulau Seribu yang telah kami rilis tahun 2018 di CGV. Hasilnya, selepas film tayang, ekonomi lokal di sana tumbuh,” papar Ivonny Zakaria.

Untuk proyek film di Jawa Tengah, Koperasi Kinarya menggandeng InnoCircle Initiative sebagai tim produsernya. InnoCircle yang akan menentukan kota/kabupaten di mana film diproduksi, juga melakukan rekrutmen untuk kebutuhan crew. “Para crew ini dari kalangan mahasiswa dan siswa SMA. Mereka akan kami latih terlebih dulu. Kami sudah mencoba pola ini di “Impian 1000 Pulau” dan berhasil”, terang Annis Saadah bersemangat.

Bima Kartika dari Dinkop Provinsi Jawa Tengah menyambut baik inisiatif itu. “Ini hal baru bagi gerakan koperasi. Lewat film juga kita bisa mengenalkan koperasi dengan cara yang lain. Sangat inovatif. Kami mendukung sekali kolaborasi ini,” terang Bima.

Anis Saadah, HC., CEO InnoCircle Initiative juga mengapresiasi upaya baru ini. “Bagi milenial, mereka akan menemukan wajah koperasi yang sama sekali baru. Bukan koperasi yang melulu simpan pinjam, toko atau produksi, namun koperasi dengan genre baru yang bergerak di sektor industri kreatif. Tim InnoCircle siap untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan dalam proses produksi tersebut. Dan tim juga sangat semangat” Imbuh Annis.

“ICCI sangat menyambut baik inisiatif ini. Kami akan mengupayakan ekosistem yang baik antar para pihak dalam upaya memproduksi film itu”, terang Firdaus Putra, HC., Komite ICCI.

Proses rekrutmen rencananya akan mulai dilakukan Agustus hingga September mendatang. Pada waktu yang sama, juga akan dilakukan penelitian dan survai di sejumlah kota dan kabupaten tempat film akan diproduksi. “Parameternya sederhana, ada zona ekonomi baru yang bisa dikembangkan lewat film ini. Dan tentu saja kalau bisa mudah diakses sehingga mempercepat dalam produksinya”, terang Ivonny Zakaria.

Tertarik berkolaborasi atau ambil bagian dalam produksi film ini? Silahkan hubungi InnoCircle Initiative di Kopkun Swalayan Lt. 2, Jl. HR. Boenyamin No. 16-17 Bancarkembar, Purwokerto Utara. Atau selengkapnya bisa klik https://film.innocircle.id. []

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close