Planet Satwa

Hari Kucing Sedunia, Selamat Ultah, Miaaww..!

Oleh : Milza Permatasari *)

IST-Milza P

Dengan cekatan, kucing itu melompati pagar setinggi 1 meter lalu berlari kencang. Sekitar 3 jam kemudian dia kembali lagi. Di mulutnya terperangkap seekor tikus. Tikus itu tidak dimakan namun hanya dimainkan saja. Jika tikus itu berlari, si kucing mengejarnya, menggigitnya lalu membawa kembali ke tempat semula. Begitu seterusnya.

Leah (10 th) (Milza.P/Milesia.id)

Meski terlihat hanya mempermainkan tikus namun taring dan kuku si kucing serius menancap di tubuh tikus. Akhirnya tikus itu menyerah dan mati. Setelah tikus mati dan tidak bergerak lagi, sang kucing kehilangan minat bermain lalu pergi begitu saja meninggalkan jasad si tikus. Siapa sangka kucing itu sudah berusia 11 tahun..!

Krauk krauk kriuk kletak...”, demikian suara yang terdengar dari mulut seekor kucing yang sedang makan pelet kucing. Terlihat nikmat sekali dia makan. Sesekali dia berhenti mengunyah, melihat kiri kanan lalu meneruskan kembali makan sampai dirasa kenyang. Setelah makan, dia mencari tempat nyaman lalu menjilat-jilat kaki dan tubuhnya. Mungkin jika diibaratkan manusia, aksi kucing menjilati tubuhnya laksana orang yang cuci tangan. Siapa sangka kucing yang makan pelet itu sudah berusia 18 tahun.

Tabel konversi usia kucing (IST. Milza.P/Milesia.id)

Jadi, seberapa panjang usia kucing? Jika kita melihat tabel usia kucing maka kucing yang berusia 11 tahun itu sama dengan usia manusia, sekitar 60 tahun. Sedangkan kucing yang berusia 18 tahun sama dengan usia manusia 88 tahun. Bahkan, seekor kucing di Inggris baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke 30 tahun. Wow, bisa setua itu ternyata…

Kucing Tua, Bisa Baperan Bisa Juga Santuy..

Kucing dengan usia tua tentunya tidak serta merta gerakannya seperti halnya manusia. Bisa saja kondisi psikologisnya berubah meski tetap terlihat gagah. Misalnya ada kucing yang mudah marah, mencakar bahkan menggigit meski hanya dicolek sedikit. Ada juga kucing tua yang pasrah dan santuy meski diuwel-uwel bolak-balik, yang jika sudah keterlaluan lalu marah dengan hanya mengeluarkan suara menggeram.

Gaya dolo yuk..! (Milza.P/Milesia.id)

Cantiqa, misalnya,  kucing betina berusia 18 tahun yang hanya kehilangan 1 taring atas. Lainnya masih lengkap pada posisinya. Untuk makanan, Cantiqa lebih suka bentuk kering (pelet) meski suka juga makan ikan rebus. Untuk pelet, Cantiqa lebih suka yang segar. Atau baru dikeluarkan dari wadahnya. Jika ada sisa, maka dia tidak mau makan, sehingga perlu diberi makan secukupnya saja.

Menurut Nana yang merawat Cantiqa, kucing cantik itu lahir 3 bersaudara. Dua saudaranya sudah mati. Perawatan Cantiqa juga cukup mudah karena bulunya pendek sehingga cukup disikat saja. Kecuali jika bulunya terlihat kotor maka perlu dilap dengan lap basah. Sejak kecil, Cantiqa juga tidak pernah main jauh dari rumah. Hanya sebatas teras dan akan kembali masuk rumah jika dirasa sudah cukup “makan angin”. Sesekali Nana membuat pesta ulang tahun untuk Cantiqa yang dihadiri oleh teman-teman kucing lainnya yang juga dirawat Nana.

 

Gus Nur SI Kucing Buta

Gus Nur (Milza.P/Milesia.id)

Lain lagi dengan Gus Nur si kucing buta. Baru-baru ini ia merayakan ulang tahun ke-6 dengan pesta yang cukup meriah dan dihadiri tamu-tamu undangan, yaitu selain dari kucing, manusia dan juga pasukan K9. Merayakan ulang tahun kucing kesayangan dengan pesta jelas bukan monopoli Gus Nur. Pernah bahkan, penyayang kucing yang merayakan  ulang tahun kucingnya dengan pesta besar. Mulai dari memasang tarub (tenda) sampai dengan dangdutan.

Kucing memang satwa kesayangan yang lazim dimiliki banyak orang di seluruh dunia sejak ribuan tahun. Ia seringkali dianggap sebagai bagian dari anggota keluarga.Semua kisah kucing-kucing tua, sebenarnya banyak terjadi di seluruh dunia. Namun mungkin hanya beberapa saja yang diketahui kisahnya melalui media.

Tanggal 8 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kucing Sedunia. Bukan saja ini sebagai hari memorial para penyayang kucing namun juga sebagai pengingat bahwa kucing telah hadir di sekitar manusia dan didomestikasi ribuan tahun lalu, yang awalnya untuk diambil manfaatnya  sebagai pengusir hama tikus. Semakin maju peradaban, kucing lebih diposisikan sebagai teman dan bagian dari manifestasi cinta dan penghormatan manusia terhadap salah satu ciptaan Tuhan. Meski saat ini kucing sudah banyak yang “berteman” dengan tikus, namun kucing tetap dibutuhkan kehadirannya. Bayangkan jika dunia tidak ada kucing, mungkin tidak ada kisah Tom and Jerry, Garfield, Kliban Cat, sampai Doraemon..

Adakah yang punya kucing tua? Berapa usianya? Coba bandingkan dengan tabe di atasl. Yang jelas, sayangilah mereka. Jika tidak suka kucing, biarkan mereka pergi. Jangan menyakiti mereka. Demikian pesan dari para penyayang satwa. Siap laksanakan! Miaw…

*) Milza Permatasari, Emak kucings  dan  Founder Planet Satwa, Jakarta

(Budi Sulistyo/Milza.P/Milesia.id)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close