Mileslitera
Trending

Dee Lestari Luncurkan ‘Di Balik Tirai – Aroma Karsa’

Sukses dengan novel Aroma Karsa yang meraih penghargaan IKAPI Award Book of The Year 2018, Dee Lestari kembali menyuguhkan karya terbarunya, Di Balik Tirai – Aroma Karsa, pada pertengahan 2019.

Menjadi karya nonfiksi pertamanya, Di Balik Tirai – Aroma Karsa mengungkap beragam riset, proses kreatif, latar keputusan kreatif yang diambil, serta teknik penulisan yang digunakan Dee dalam setiap karyanya. Dalam buku ini pula, pembaca akan diajak untuk mengintip dapur lahirnya karya-karya fiksi Dee secara detail, yang dalam hal ini adalah novel Aroma Karsa.

Dewi Lestari, sebelumnya dikenal dengan novel-novel bergaya sains-futuristik macam serial Supernova dengan pembaca-pembaca fanatiknya, sekaligus menjadi novelis perempuan seangkatan Ayu Utami yang lebih dahulu menelurkan novel bestseller berjudul Saman.

Seperti diketahui, Aroma Karsa dikenal pembacanya sebagai novel kisah petualangan dalam pencarian bunga Puspa Karsa. Menampilkan karakter Raras Prayagung, perempuan berkursi roda. Raras dikisahkan sebagai seorang pengusaha kosmetik yang terobsesi dengan Puspa Karsa, dengan aroma mistis bunga nan sakti, yang konon dapat mengendalikan kehendak manusia.

Raras terlibat dalam perburuan Puspa Karsa, yang identifikasinya tidak mengacu pada pencandraan yang anatomis, melainkan mengacu pada karakter wanginya. Di sini keunikannya. Bayangkan, berapa kuntum kembang yang harus diendus untuk menelusuri jejaknya. Dalam kelindan kisahnya, hadir tokoh Jati Wesi dan Tanaya Suma, dua profil berbeda latar belakang yang disatukan oleh kesamaan dalam hal ketajaman mengendus aroma.

Banyak pertanyaan soal kepenulisan yang selama ini diajukan kepada saya dan akhirnya bisa saya jelaskan (dan tunjukkan) lewat buku Di Balik Tirai. Inilah buku pertama yang mengurai dan mendedah proses kreatif saya saat berkarya. Karya nonfiksi pertama saya: Di Balik Tirai #AromaKarsa. Dilengkapi hampir 200 foto, buku ini akan mengulas proses kreatif, riset, dan kiat menulis dari perjalanan penulisan #AromaKarsa secara mendetail,” tulis Dee Lestari pada laman Instagram pribadinya yang disampaikan kepada Milesia.id melalui surel, Rabu (19/9). Selamat, Dee..!

(Kelik Novidwyanto/ Milesia.id)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close