MilestravelTravel
Trending

Menikmati Eksotisme Alam di “Grand Canyon” van Jogja

Oleh : Desy Wiji Lestari*

MILESIA.ID, JOGJA – Pernahkah bermimpi mengunjungi Grand Canyon Amerika? Sebuah ngarai besar, tebing-terjal, yang diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona, Amerika Serikat.

Konon, ngarai ini diciptakan oleh Sungai Colorado yang memotong selat sepanjang 446 km, dengan kedalaman lebih dari 1.600 m.

Keindahan alam Grand Canyon yang menakjubkan seolah menjadi ‘agenda wajib’ bagi para petualang untuk menjajalnya.

Tapi, apa jadinya jika Grand Canyon ternyata juga ada di Indonesia? Jika Amerika punya Grand Canyon dengan ukiran sungai Colorado-nya, maka Bantul juga mempunyai bukit Selopamioro dengan pesona sungai Oyo-nya.

Selopamioro Adventure Park

MILESIA.ID/IST – Kawasan Perbukitan di Grand Canyon KW.

Adalah SPARK (Selopamioro Adventure Park), sebuah destinasi wisata baru di Yogyakarta. Berlokasi di Jetis, RT 04, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Orang yang pernah berkunjung ke tempat ini menjulukinya Grand Canyon van Jogja, karena kemiripan citra alamnya dengan Grand Canyon di Amerika.

Lokasi SPARK dapat ditempuh melalui jalan darat dengan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Jogja, ke arah selatan. Yaitu melalui Jalan Imogiri Barat lurus ke Selatan hingga km 15, kemudian mengambil arah ke Siluk arah Panggang.

Setelah menemui SMP Negeri 2 Imogiri kemudian belok ke arah timur. Lurus menyusuri jalanan beraspal hingga menemui jalanan bercor semen. Mulai dari lokasi ini, kita bisa menyaksikan aliran sungai Oyo.

MILESIA.ID/DESY – Menyusuri Oyo di Selopamioro Adventure Park.

Menyusuri sungai Oyo, kita akan disuguhi pemandangan sawah dan perbukitan di kanan kiri. Kita juga akan disambut senyum ramah para petani yang giat menggarap sawah ladangnya. Sebagaian besar masyarakat Selopamioro, Imogiri memang bermata pencaharian sebagai petani.

Medan menuju lokasi SPARK sebenarnya cukup datar, namun tetap harus berhati-hati, karena sebagian sisi jalan yang menghadap aliran sungai, belum dilengkapi dengan pembatas jalan.

Ketika sampai di lokasi wisata, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun, alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar jasa parkir saja.

Lokasinya yang masih hijau, serta dikelilingi rindangnya pohon jati, membuat SPARK nampak teduh dan asri,  meski saat cuaca panas sekalipun. Sehingga sangat cocok untuk rekreasi maupun sekedar berswafoto.

Menyusuri Eksotisme Kali Oyo

MILESIA.ID/DESY – Lokasi Selopamioro Adventure Park (SPARK).

Resmi dibuka pada Mei 2018, Selopamioro Adventure Park mengusung konsep yang sama dengan Taman Glugut dan Taman Pelangi Bembem yang lebih dulu hadir dengan wisata susur sungainya. SPARK juga menyajikan wisata air dengan memanfaatkan aliran sungai Oyo.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan 5 ribu rupiah per orang, kita sudah bisa menyusuri sungai Oyo selama 30 menit, dengan menggunakan kano maupun perahu karet ala rafting.

Tapi yang harus diperhatikan, meski airnya tenang, keselamatan tetap menjadi prioritas utama. Selama menaiki kano maupun perahu karet, semua penumpang diwajibkan mengenakan pelampung dan mematuhi arahan instruktur.

Bagi yang berminat menyusuri sungai menggunakan kano maupun perahu karet, disarankan untuk segera registrasi, karena biasanya  antrian akan mengular.

Selain wahana air, untuk menambah kenyamanan pengunjung, SPARK juga menyediakan gazebo mini dengan bentuk unik, yang bisa menampung sekitar 7 hingga 8 orang.

MILESIA.ID/DESY – Gazebo bambu di Selopamioro Adventure Park.

Ada juga bangku yang terbuat dari bambu, yang bisa dijadikan pilihan untuk sekedar bersantai, sembari menikmati indahnya barisan perbukitan nan eksotis, bak ngarai besar di negeri Paman Sam.

Montase deretan perbukitan dan kali Oyo mampu menyajikan nuansa keindahan yang meneduhkan mata. Eksotisme itu semakin kuat terutama kala senja tiba. Pendar cahaya mentari nan redup menyorongkan bayangan bukit-bukit cadas di kejauhan. Tidak mengherankan jika kawasan ini sering disebut sebagai Grand Canyon-nya Bantul.

Untuk mendukung trendmark itu, beberapa fasilitas penunjang pun telah tersedia. Mulai dari toilet umum, mushola, hingga warung kuliner yang menjajakan aneka camilan dan minuman ringan dengan harga yang terjangkau dan tentunya pas di kantong.

So, siapkan diri kalian dalam petualangan seru menyusuri wisata air Sungai Oyo, dan nikmati eksotisme alam ala Negeri Paman Sam di Selopamioro Adventure Park…!

(Milesia.id/ Desy Wiji Lestari)

*) Pemerhati sosial, lama berkecimpung di dunia pendidikan sebagai pengajar. Saat ini menjadi karyawan di Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close