Milestyle

“Kiat Hidup Sehat dan Organik dengan Urban Farming”

Raut muka anak-anak SD itu tampak gumun. Mengerumuni Robi, seorang narasumber yang sedang mempresentasikan materi ditengah kelas. Sepertinya, paparan Robi mampu menghipnotis anak-anak untuk tetap konsentrasi. Takjub.

IST- Edukasi urban farming dan micro greens (Milesia.id)

Robi baru saja membagi ilmu andalannya, menanam benih sayuran dalam wadah kecil. Dan mata anak-anak itu semakin terbelalak heran melihat contoh tanaman yang sudah jadi. Satu nampan penuh ditumbuhi tanaman dalam ukuran mini. Micro Greens itulah istilah yang digunakan Robi untuk menamai tanaman mininya.

Bagi sebagian orang, istilah micro greens mungkin masih asing di telinga. Padahal, itu sudah dikenalkan oleh MSTech sejak 2009. MSTech merupakan perusahaan  yang bergerak di bidang pertanian organik Milenial. Bisa dipraktekkan  dilahan luas mapun sempit.

IST-micro greens (milesia.id)

Melalui pengembangan dan penguasaan teknologi formulasi dan inovasi pupuk alami serta metode bertani modern yang mampu menjawab permasalahan pertanian tradisional atau konvensional. Termasuk masalah lahan kritis,  penurunan produktivitas  pangan, kelangkaan pupuk, penggunaan pestisida sintetis terus-menerus,hama penyakit yang semakin kebal meningkat, dll.

MSTech mengenalkan urban farm yang terdiri dari Aquaphonic, vertical garden dan micro greens. Semua berkonsep pertanian organik perkotaan milenial zaman now. Dari lahan yang sempit dan terbatas, bisa dipanen sayur, ikan, dan lingkungan organik nan asri di dalam rumah , teras, dapur, dan atap rumah.

Konsep yang menarik tentunya ditengah-tengah kondisi carut-marut perkotaan yang memimpikan hunian asri serta bisa bercocok tanam.

MSTech juga memproduksi dan memformulasi pupuk organik dan zat pengatur tumbuh alami.  Produk inilah yang digunakan untuk budidaya organik. Pupuk alami lengkap berkelas premium hasil dari inovasi-formulasi yang cocok untuk semua jenis tanaman, mengandung beberapa mikroba pengurai, unsur hara makro dan mikro, pencegah hama dan jamur.

Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) produksi MSTech berfungsi memaksimalkan pertumbuhan dan produksi atau pembuahan untuk berbagai jenis tanaman. Memacu tunas, akar, bunga, dan buah sehingga lebih cepat, besar, dan banyak.

Owner MSTech

Robaeli Ndruru (Robi) sebagai pencetus sekaligus owner MSTech saat ditemui Milesia pada awal Oktober menjelaskan, bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan Maporina (masyarakat pertanian organik Indonesia), LSP Pertanian Organik Indonesia, APTa (proses MoU), UPN, SDNP3, BPSDMP, dll.

IST- Robi (kaus hijau) di antara peserta workshop (Milesia.id)

Jebolan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris ini memang tertarik dengan dunia pertanian sebagai panggilan hatinya. Menurutnya ilmu itu bisa dintegrasikan. Kolaborasi ilmu inilah yang membawa MSTech berkembang seperti sekarang ini.

Pria 39 tahun ini juga menjadi fasilitator dan asesor kompeten pertanian organik dengan sertifikat dari BNSP. MSTech menerima pelatihan, konsultasi, serta menyediakan bibit dan sarana produksi pendukungnya. semua dapat dijumpai di kantornya, Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Banyak entitas masyarakat yang belajar disini.

Micro Greens Solusi Sehat ala MSTech

Salah satu andalan urban farm MSTech adalah Micro Greens. Yang memiliki arti sayur mungil penuh nutrisi. Kesehatan merupakan salah satu investasi masa depan yang berharga. Sehat, cantik, segar bersinar dapat diperoleh dengan konsumsi mikro greens ini.

IST-Milesia.id

Kelebihannya, umur panen 14 hari, nutrisi 4-5 kali dari sayur dewasa, banyak mengandung vitamin dan mineral. Lahan berupa tray, cahaya baik dan cukup, sayur yang dihasilkan segar dan sehat. Tak kalah penting, biaya murah, mudah dan simple dalam prakteknya.

Manfaat konsumsi micro greens bagi tubuh kita diantaranya, mengobati flu dan batuk (yang tak kunjung sembuh), mengandung zat besi melimpah, mengandung pospor dan kalsium, mencegah penyakit alzeimer dan dimensia, meningkatkan kecerdasan otak anak, menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik bercahaya, dan masih banyak manfaat lainnya.

Cara mengolahnya tak perlu pusing-pusing karena disini juga disampaikan pasca panennya. Bagi penyuka lalapan sayur, mikro greens cocok untuk disantap segar dengan tambahan bumbu sesuai selera kita, cukup simpel, bukan?

Dengan banyaknya sistem budidaya tanaman yang berkembang dewasa ini, sudah tidak menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan untuk tidak menanam sayuran sendiri. Tinggal pilih sesuka kita mau metode yang seperti apa. Dan sajian sayur segar bernutrisi tinggi pun siap santap  setiap hari. Tanam, petik, makan sehat!

(Milesia.id/Anny Widi Astuti)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close