BusinessMilebisnis
Trending

JUCO2018, Event Bergengsi Peminat Usaha! Hadiri, 27-28 Oktober di “Loop Station” Jogja!

MILESIA.ID, JOGJA – Bagi kalian yang tertarik dengan dunia usaha, bersiaplah menyambut sebuah event bergengsi di kota Jogja.

JUCO2018 alias “Jogja UKM Collaborexpo 2018” sebuah event akbar besutan pegiat UKM se-Yogyakarta. Acara ini bakal digelar Sabtu-Minggu, 27-28 Oktober 2018 di Loop Station Nol KM Jogja.

Digawangi oleh para relawan yang tergabung dalam komunitas Serikat Saudagar Nusantara (SSN) DIY, acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Mengusung tagline “Ajang Jiwa Muda Melejitkan Usaha”, JUCO2018 menyasar siapa saja yang memiliki semangat besar untuk terus berkembang dan melejitkan potensi usaha.

Event yang mulanya ditargetkan hanya untuk skala provinsi DIY saja, nyatanya disambut antusias oleh khalayak, bahkan gaungnya menggema sampai Nasional.

Semangat Kolaborasi

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – “Jogja UKM Collaborexpo 2018”

Lalu, sebenarnya apa semangat yang diusung oleh panitia JUCO2018 sehingga membuat event ini begitu bombastis? Pertanyaan ini menjadi tanda tanya banyak pihak, tak terkecuali bagi Rendy Saputra, Ketua Umum Serikat Saudagar Nusantara (SSN).

“Sebenarnya semangat JUCO itu apa sih?” tanya Rendy saat ditemui dalam sebuah acara di Balikpapan.

Ia sendiri heran, acara JUCO2018 nyatanya telah menjadi perbincangan teman-teman UKM se-Indonesia, menyebar dari berbagai lintas komunitas. Hal inilah yang membuat dirinya penasaran dan semakin bersemangat untuk segera hadir pada acara bergengsi itu.

Menanggapi berbagai rasa penasaran dan pertanyaan dari banyak pihak, Rifqi Hendra selaku ketua panitia mengaku sebenarnya tidak ada alasan khusus yang mendasari gegap gempitanya semangat JUCO.

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – Panitia JUCO2018 mengedepankan semangat kolaborasi.

“Acara ini murni dilaksanakan sebagai lanjutan dari ratusan seminar bisnis yang sudah diikuti para pelaku UKM,” terangnya.

Menurutnya, panitia JUCO ingin menghelat sebuah acara yang mengedepankan kolaborasi. Maka dibentuklah rangkaian acara Expo UKM, yang dipadukan dengan Coaching Bisnis, Talkshow, dan Community Gathering. Intinya, para pelaku UKM harus berani praktek pemasaran, dan praktek berjejaring.

The Right Man, In The Right Place

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – Para pembicara yang expert di bidangnya.

Satu rahasia yang diterapkan oleh panitia JUCO2018 ialah, the right man-in the right place. Ini murni kejelian yang dimiliki sang ketua panitia untuk menempatkan para jajarannya sesuai dengan kompetensi orang-perorang.

Rifqi, sebagai Ketua panitia yang memang mempunyai latar belakang Event Organizer, mampu  melihat dengan jelas skill yang dimiliki rekan-rekannya.

Para pelaku UKM yang memiliki jaringan luas, ditempatkan pada bagian sponsorship. Mereka yang rajin, dan tertib administrasi mendapat tugas untuk pengurusan rekening panitia. Sementara mereka yang kreatif dan penuh ide diberikan tanggung jawab untuk mengurusi publikasi.

Order-order lain juga diserahkan kepada para relawan dengan kepiawaian khusus. Jurus ini terbukti berhasil.

Andi Warsito, selaku ketua SSN Sleman mengungkapkan, “Udah kayak event gede aja. Temen-temen bergerak gesit walau secara sukarela, namun bobot hasilnya oke punya!”

Kerja Kolektif yang Cerdas

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – Tim JUCO2018

Walau semua dilakukan secara sukarela, hasil yang dicapai oleh panitia bukan hal yang sembarangan. Terlihat dari kedalaman konsep dan partisipasi berbagai pihak yang membanjiri JUCO 2018.

Dari sisi pembicara misalnya. Sudah terkonfirmasi 11 expert dari berbagai disiplin ilmu dan daerah asal, yang akan membagikan hal bermanfaat kepada seluruh pengunjung. Mereka ini antara lain:

  1. Suryadin Laodang (Dosen Jualan)
  2. Hendarin Mai Utomo (Tokopedia)
  3. Ressy Chandra (Bukalapak)
  4. Latif Setiawan (Instagram Expert)
  5. Rosa Akhirunnisa (Fashion Influencer)
  6. Abdullah S Murti (Big Data)
  7. Iqbal Faiz (Public Speaker)
  8. Abi Darwis (Business Leverage)
  9. Valindra Andi (Internet Marketer Specialist)
  10. Weliyan Tanoyo (Marketplace Specialist)
  11. Surgana (SEO Expert)

Di sisi lain, JUCO2018 juga kedatangan peserta yang rela jauh-jauh dari Balikpapan untuk membuka stand pada acara EXPO UKM. Ada juga yang datang dari Kota Bogor dan menawarkan diri untuk bergabung menjadi MC pada saat acara.

Cerita tak kalah juga seru datang dari sponsorship. Bermacam brand ternama berani mengajukan diri untuk mendukung kesuksesan acara. Ada yang rela menyumbang pemasangan baliho di titik-titik strategis di Yogyakarta, ada yang memberikan bantuan dana, bahkan ada yang mensupport cara transaksi ketika acara berlangsung, dipadukan dengan berbagai promo yang menarik.

Siap Menggebrak !

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – JUCO2018

Untuk menyelaraskan berbagai dukungan positif dari banyak pihak, panitia sudah menggelar Technical Meeting (TM) pada 11 Oktober lalu. 30 peserta expo mendapatkan pengarahan teknis dari panitia, dan pihak sponsor.

Acara TM diadakan langsung di Loop Station Nol KM Jogja sebagai lokasi acara. Peserta diharapkan sudah bisa membayangkan venue acara untuk mempersiapkan booth dan strategi penjualan masing-masing.

Untuk meluaskan penyebaran informasi JUCO2018, panitia akan melakukan Press Conference pada tanggal 17 Oktober nanti.

MILESIA.ID/ AHMAD MUTAQIN HABIBI – JUCO2018

Bagi khalayak yang berminat, dipersilakan menghubungi contact person: 01327521988 (WA only) atau di @jogjaukmcollaborexpo.  

Panitia berharap event ini dapat disambut baik dan mendapat dukungan penuh dari para peserta dan calon pengunjung. Dengan bobot acara yang sangat bagus, dan tepat dilaksanakan pada Hari Sumpah Pemuda, JUCO2018 akan cocok menjadi ajang pemantik semangat berwirausaha bagi seluruh warga Jogjakarta.

Jogja UKM Collaborexpo 2018, Ajang Jiwa Muda Melejitkan Usaha!

(Milesia.id/ Ahmad Mutaqin Habibi & Andromeda Noholo, Editor: Kelik Novidwyanto)

 

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close