Mileseducation
Trending

OGHExpo 2018 : Dukungan Bagi Anak Penyandang Autisme

Komunitas Organik Indonesia (KOI) kembali menghelat  Organic, Green and Healthy Expo (OGHExpo), 10-14 Oktober mendatang. Dipusatkan di Atrium 2, Lippo Mall Puri, Jakarta, menghadirkan tak kurang 80 acara menarik dan bermanfaat bagi publik.

IST-KOI

Menawarkan lebih dari  5000 produk, 350 Artisan, 8 Komunitas dan 8 chapter Komunitas Organik Indonesia berbagai daerah, untuk mengisi acara yang memasuki tahun ke delapan itu.

Dipaparkan Christopher Emile dari KOI, pihaknya dalam OGHExpo tahun ini secara spesifik mengangkat tema autisme , “Kami berharap publik bisa memahami anak-anak penyandang autisme dan bisa membantu memberikan dukungan bagi mereka untuk hidup yang leboih baik dan berkualitas bagi mereka, “ ujar Emile kepada Milesia.id.

Dalam rilisnya, KOI menilai Clean Eating merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan pada anak berkebutuhan khusus.

Anak-anak berkebutuhan khusus yang didalamnya termasuk anak-anak penyandang autism, penyandang kanker, dan juga autoimun saat ini jumlahnya sudah sangat mengkhawatirkan di Indonesia bahkan di dunia.

Apa yang diberikan kepada anak-anak belum tentu baik bagi mereka. Seringkali, tanpa sadar orang tua memberikan sayur dan buah tertentu yang mengandung kadar residu pestisida yang tinggi.  Masyarakat juga sering tidak cermat dengan memberikan mereka bahan pangan, tahu dan tempe misalnya,  yang mengandung kedelai hasil rekayasa genetika (GMO) yang mengandung glyphosate yang tidak sehat.

IST-KOI

KOI berpandangan, menghindari bahan-bahan sintetis dikonsumsi oleh anak-anak normal dan terlebih anak-anak berkebutuhan khusus, adalah langkah sederhana terbaik yang bisa dilakukan. Mengubah sedapat mungkin makanan-makanan yang dapat memperberat kerja organ-organ dalam tubuh mereka.

Apa saja yang perlu diperhatikan terkait misi di atas? Saat ini pasar dikepung dengan makanan, minuman dan bahkan produk perawatan kulit yang serba mengandung 4P + 1G (Perasa/Penyedap/Pengaroma – Pengawet – Pewarna – Pemanis Buatan + GMO). KOI melalui OGHExpo mencoba memfasilitasi publik ihwal  bagaimana mencegahnya dan apa alternatif terbaik menggantikannya.

Di event kali ini KOI mengajak MPATI – Masyarakat Peduli Autisme Indonesia untuk bekerjasama membuat kegiatan positif bagi anak-anak penyandang autis sambil mengenalkan kepada masyarakat seluk beluk mengenai autisme itu sendiri. Selain itu, ada juga Komunitas Autoimun – Imunesia, Yayasan Myasthenia Gravis, dan Yayasan Anyo Indonesia yang juga akan turut tampil mengedukasi masyarakat.

Pesta Rakyat Selaras Alam

Mengambil tajuk “Organik, Sehat dan Ramah Lingkungan”, OGHexpo yang digelar setiap tahun ini, memilih memberikan kualitas terbaik bagi masyarakat sekaligus menjaga kelestarian bumi. Mempertemukan konsumen dengan produsen guna mendapatkan  produk dan harga terbaik, sekaligus menjadi ajang interaksi langsung dengan produsen.

IST-KOI

Ribuan produk selaras alam yang berlimpah dan lebih dari 80 program acara berupa workshop, talkshow, mini seminar dan kelas-kelas bermanfaat bagi anak-anak dan keluarga, bisa diikuti di ajang ini.

Pesta rakyat ini punya satu keinginan: mengubah pola konsumsi masyarakat yang serba bahan sintetis menjadi jauh lebih selaras alam.

Dalam acara ini, para petani selaras alam yang menanam tanpa menggunakan bahan-bahan beracun berbahaya, para produsen kecil dan artisan lokal berbagai produk dari bahan pangan, kerajinan tangan hingga perawatan kulit bahan sintetis, berkesempatan menawarkan produknya.

(Milesia.id/Prio P)

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close