MilestravelTravel
Trending

The World Landmarks Merapi Park, “Berkeliling Dunia” dalam Sehari

Oleh : Desy Wiji Lestari*

MILESIA.ID/DESY WIJI – Tempat wisata yang menyuguhkan miniatur dunia ala Yogyakarta.

PERNAHKAH kalian bermimpi keliling dunia, tapi belum jua kesampaian? Kalau ya, tidak ada salahnya kalian kunjungi tempat ini.

The World Landmarks Merapi Park. Sebuah destinasi wisata di lereng merapi yang mengusung konsep taman miniatur dunia dengan sejumlah landmarknya.

Destinasi wisata ini recomended untuk dinikmati bersama keluarga maupun sahabat. Yang pasti, kalian akan dibuat serasa berwisata keliling dunia.

Pesona botanical garden yang indah dan sejuknya udara di kawasan lereng merapi, menyuguhkan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjungnya. Ditambah lagi, dengan hadirnya miniatur bangunan ikonik dunia dari berbagai negara yang membuat tempat ini semakin eye catching.

Taman Miniatur Dunia van Jogja

MILESIA.ID/DESY WIJI – Tak harus ke Inggris, di sini juga ada “Boks Telepon Merah” yang legendaris.

Bukan Jogja namanya, kalau tidak istimewa. Seistimewa tempat ini tentunya. The World Landmarks Merapi Park terletak di Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Lokasinya sangat mudah dijangkau, karena berada satu jalur dengan Museum Gunung Merapi Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dari pusat kota Jogja.

Obyek wisata ini sudah dibuka sejak pertengahan 2017 lalu. Bagi yang ingin berkunjung, cukup membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang, dengan jam buka yang lumayan panjang, dari pukul 09.00 hingga pukul 16.30 WIB.

Sebelumnya, obyek wisata dengan konsep serupa pernah dibuka di Purwokerto, Jawa Tengah, bernama Small World. Dan Small World tumbuh menjadi ikon wisata terpopuler di sana. Sama halnya dengan Purwokerto, taman miniatur dunia di lereng merapi juga dengan sukses menyedot perhatian banyak wisatawan.

MILESIA.ID/DESY WIJI – Miniatur menara Eiffel, Prancis.

Terdapat belasan miniatur keren dan instagramable yang bisa dijadikan spot foto di sini. Dengan teknik pemotretan yang baik, akan membuat hasil jepretanmu jadi makin kece.

Salah satu spot favorit pengunjung adalah menara miring yang menjadi landmark negara Italia. Yup, Menara Pisa. Miniatur ini terlihat indah layaknya bangunan aslinya, lho. Pengen selfie di bawah Menara Eifel kayak di film-film? Tidak perlu buang duit pergi ke Paris, karena di sini pun juga bisa.

Atau berfoto dengan background si merah nan cantik yang populer di negara Inggris? Tidak harus pergi ke negerinya Ratu Elizabeth, kok. Karena di sini juga tersedia Boks Telepon Merah yang akan membuat aksimu jadi makin gaya…!

Bukan hanya itu, miniatur Patung Liberty dari Amrik dan Colloseum yang menjadi daya tarik Kota Roma dengan pertunjukan Gladiatornya pun ikut menyemarakkan tempat ini. Tidak ketinggalan juga, Piramid dari Mesir dan 2 menara jam raksasa. Big Ben yang ikonik di London dan Clock Royal Tower yang berdiri megah di Makkah.

Masih belum puas? Ada wahana lain yang bisa kalian coba. Cowboy Town. Area menunggang kuda dengan mengenakan kostum cowboy ala film legendaris Bonanza. Untuk bisa bergaya ala cowboy, kalian harus merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah untuk biaya menunggang kudanya dan 10 ribu rupiah untuk biaya sewa kostumnya. Cukup murah, kan.

Landmark Elok di Lereng Merapi

MILESIA.ID/DESY WIJI – “The World Landmarks Merapi Park”, mereguk eloknya pesona alam lereng Merapi.

For your information, ni guys, saking ramainya tempat ini, buat kalian yang mau berfoto ria di masing-masing spot, harus siap bersabar mengantri. Terutama saat weekend atau liburan sekolah.

But don’t worry! Hasil fotomu bakal sebanding kok dengan kerja kerasmu. Kalian juga  bisa langsung share di instagram dengan “menjawil” @merapipark.jogja.

Khusus untuk anak-anak, tersedia wahana Kids Water Park. Taman replika satwa dan kartun dunia yang masih berada di area Landmarks Merapi Park. Untuk memasuki area ini, pengunjung dikenakan biaya terpisah, sebesar 10 ribu rupiah per orang. Selain replikanya yang unik dan lucu, taman ini juga menyediakan playground mini dan kolam renang anak dengan ukuran yang cukup luas.

MILESIA.ID/DESY WIJI – “Leyeh-Leyeh”, restoran keluarga dengan konsep makanan rumahan yang bisa dinikmati secara prasmanan.

Berbagai fasilitas umum pun tersedia di sini. Mulai dari toilet, mushola, hingga bangku-bangku taman yang cantik di beberapa sisi area. Bagi pengunjung yang ingin sekedar melepas lelah, tersedia gazebo di tengah hamparan warna warni tanaman bunga, yang akan membuat suasana semakin nyaman.

Perut keroncongan setelah rekreasi seharian? Atau mau sekedar ngopi cantik? Yuk, kita sambangi “Leyeh-Leyeh Resto”. Restoran keluarga dengan konsep makanan rumahan yang bisa dinikmati secara prasmanan (melayani sendiri). Mulai dari makanan selingan, seperti bubur kacang hijau hingga nasi sayur lodeh dengan tempe mendowan, dijamin bikin lidah bergoyang.

MILESIA.ID/DESY WIJI – Cowboy Town, area menunggang kuda dengan mengenakan kostum cowboy.

Begitulah, seharian penuh kita akan dimanjakan dengan eloknya khazanah dunia plus eksotisme alam merapi yang mencegat mata. Semua itu akan memberikan pengalaman berwisata yang mengesankan sekaligus tak terlupakan.

Nah, tunggu apa lagi? Mari kunjungi The World Landmarks Merapi Park, untuk menikmati keindahan miniatur dunia dengan masing-masing landmarknya, sekaligus mereguk eloknya pesona alam lereng Merapi.

(Milesia.id/ Desy Wiji Lestari)

*) Pemerhati sosial, lama berkecimpung di dunia pendidikan sebagai pengajar. Saat ini menjadi karyawan di Pemerintah Kota Yogyakarta. 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close