MilestravelTravel
Trending

Taman Pelangi Bembem, “Surga Wisata Keluarga” dari Bantaran Opak

Melongok Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Oleh : Desy Wiji Lestari*

DARI tahun ke tahun semakin banyak destinasi wisata baru bermunculan di Kabupaten Bantul. Setelah Taman Glugut di Desa Wonokromo, kini muncul lagi wisata alam di bantaran Sungai Opak.

Alternatif tempat wisata yang beragam ini, tentu bisa dijadikan referensi untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Wisata Murah Meriah dan Strategis

Taman Pelangi, itulah sebutan untuk destinasi wisata baru yang terletak di Dusun Bembem RT 02, Trimulyo Jetis Bantul. Mungkin ada kesamaan nama dengan Taman Pelangi “Lampion” di kompleks Monumen Jogja Kembali, Sleman. Tapi Taman Pelangi di Dusun Bembem ini jauh berbeda dengan Taman Pelangi Monjali.

Letaknya strategis, tidak jauh dari jantung kota, atau hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari kota Jogja ke arah Selatan.

IST – Salah satu spot foto dengan latar belakang kali Opak.

Untuk menempuh lokasi ini, kalian harus melewati perkampungan warga yang sedikit padat. Tapi jangan kuatir tersesat, karena sudah dipasang beberapa penunjuk arah yang akan memandu kalian menuju ke sana.

Sedangkan untuk masuk Taman Pelanginya sendiri tidak dikenakan biaya sepeserpun. Hanya cukup membayar parkir seribu rupiah untuk sepeda, 2 ribu rupiah untuk sepeda motor, 5 ribu rupiah untuk mobil, 10 ribu rupiah untuk kol mini, dan 15 ribu rupiah untuk bus.

Berdasarkan informasi dari salah seorang penjaja kuliner, obyek wisata ini dibuka pada bulan Februari 2018 dan dikelola oleh warga setempat. Tapi, mungkin karena lokasinya yang agak tersembunyi, membuat Taman Pelangi ini belum banyak dikenal orang.

Surga Wisata Keluarga

Taman Pelangi Bembem ini memang tidak terlalu luas, tapi indahnya pesona di bantaran Sungai Opak yang membius mata ini akan membuat kalian terpana.

Rimbunan pokok-pokok bambu serta aneka tanaman bunga yang elok berwarna-warni, membuat taman pelangi nampak sejuk dan asri.

Konsep taman keluarga khususnya ajang bermain bagi anak-anak sepertinya menjadi fokus utama Taman Pelangi Bembem ini. Keberadaan playground yang dikemas apik dengan warna-warni yang menarik dijamin akan membuat si kecil puas bermain.

IST – Playground di Taman Pelangi Bembem, ajang bermain yang mengasyikkan bagi anak-anak.

Berbagai fasum juga telah disediakan di sini. Mulai dari toilet sampai tempat ibadah yang siap untuk memfasilitasi pengunjung. And for your information ni guys, sebagian besar fasilitas yang ada di tempat ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan lho. Yup, benar sekali, bahan dasarnya adalah bambu.

Buat kalian yang ingin melepas lelah, gazebo bisa dijadikan pilihan untuk bersantai dan bercengkrama sembari menikmati indahnya alam sekitar.

Di area ini juga disediakan 4 kolam renang yang terdiri dari 3 kolam renang di dalam area taman, dan 1 kolam renang tepat di luar sisi kanan pintu masuk. Eits! Jangan senang dulu, semua kolam renang yang ada di sini ukurannya mini, sehingga hanya cocok untuk anak-anak.

Selain itu ada juga wisata air dengan perahu mesin. Cukup dengan merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah per orang, kalian sudah bisa naik perahu mesin menyusuri Sungai Opak, pulang-pergi sejauh 1,5 km. Sangat murah dan mengasyikkan.

Buat yang hobi kuliner pun tidak perlu kuatir, karena deretan warung yang menjajakan aneka cemilan maupun makanan yang mengenyangkan siap memanjakan lidah, tentunya dengan harga yang terjangkau dan dijamin pas dengan isi kantong.

Buka pagi-pagi pukul 06:00 sampai 22:00 malam, Taman Pelangi Bembem siap memanjakan Anda sekeluarga. Jadi tunggu apa lagi, silakan ajak keluarga, teman, atau saudara untuk berkunjung dan menikmati sebuah masterpiece di bantaran Sungai Opak ini.

(Milesia.id/ Desy Wiji Lestari)

*) Pemerhati sosial, lama berkecimpung di dunia pendidikan sebagai pengajar. Saat ini menjadi karyawan di Pemerintah Kota Yogyakarta. 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close