Milebisnis
Trending

Ikutkursus.com : Kursus Kreatif Gaya Milenial

Pertemukan Pebisnis dan Pencari Kursus dalam Satu Platform

“Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever”

                                                                                                 (Mahatma Gandhi)

Ist – Milesia.id

Tak ada kata terlambat untuk terus belajar, menjadi terampil, dan semakin ahli. Lalu menjadi lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kini, kebutuhan untuk meningkatkan skill dan kompetensi diri semakin tinggi. Terlebih didorong oleh semakin majunya teknologi digital yang diadaptasi berbagai sektor bisnis dan profesi. Kompetisi kerja yang kian ketat, meniscayakan perluasan lapangan kerja dan, terlebih, wirausaha baru berwawasan maju.

Wajar jika satu dekade terakhir bermunculan lembaga pendidikan dan kursus yang kian inovatif dan kreatif. Hingga saat ini, tercatat setidaknya 40 ribu lebih lembaga kursus terakreditasi yang tersebar di 34 provinsi.

Benar, tak semua lembaga kursus mampu menghasilkan SDM bermutu dan berkompeten. Itulah yang memotivasi sejumlah anak muda kreatif menggagas ikutkursus.com. Sebuah startup marketplace digital di bidang pendidikan-pelatihan pertama di Indonesia.  Era Teknologi  Digital 4.0, diidealkan menghasilkan SDM kompeten, berkarakter dan berdaya saing.

Bang Oni (kiri), Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud RI (tengah)/ Milesia.id

“Kami menyiapkan pasar digital pertama provider kursus sekaligus pasar digital rujukan para pencari kursus. Nantinya akan dikembangkan menjadi platform kursus online setiap lembaga kursus,” papar Bang Oni dari ikutkursus.com.

Meskipun belum seumur jagung, inovasi ikutkursus.com layak diacungi jempol. Selama ini, ribuan lembaga kursus bekerja sendiri-sendiri berburu peserta didik. Ada yang kuat dan terus tumbuh, tak sedikit yang rapuh. Kompetisi ketat menjadikan lembaga-lembaga kursus bertarung dengan sesamanya alih-alih bekerjasama saling memperkuat.

“Sejak dirilis Ahad, 12 Agustus lalu, tercatat 30 lembaga kursus berijin operasional yang sudah bergabung,” Imbuh Bang Oni, yang juga owner “Chef Academy, Jogja Culinary School” .

Salah satu member ikutkursus.com (Milesia.id/AHMAD M. HABIBI/Milesia.id)

Keseriusan ikutkursus.com menjadi platform digital bagi pebisnis kursus sekaligus referensi bagi pencari lembaga kursus, ternyata didukung oleh Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.

Mengacu UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 62 ayat (1), setiap satuan pendidikan formal dan nonformal yang didirikan wajib memperoleh izin pemerintah atau pemerintah daerah.

Ikutkursus terbilang kreatif. Prospeknya terbilang kuat senyampang kebutuhan akan lembaga kursus terus tumbuh. Mencoba menjawab  kultur baru kalangan milenial yang enggan repot untuk berburu lembaga kursus yang dicari secara off line.

Kelebihan lainnya, lembaga-lembaga kursus yang bergabung di platform anyar ini terjamin legalitasnya. Semakin bergairah pula meningkatkan mutu lulusannya.(*)

(Ahmad Mutaqin Habibi/Milesia.id)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close