Milebisnis
Trending

Mentoring Bisnis Pekanan : “Optimasi Strategi Jualan Online di Bukalapak”

Misi Bertemu, Bertumbuh, Berbagi

Sleman-Milesia.id –  Usaha Mikro dan Kecil identik dengan usaha rumahan pribadi yang tidak banyak melibatkan orang lain. Banyak hal dilakukan sendiri. Mulai dari pengadaan bahan baku, produksi hingga pemasaran. Namun, di era digital saat ini, keterbukaan informasi menjadikan para pelaku usaha kecil merasa butuh untuk saling berkolaborasi. Setidaknya, untuk saling berbagi informasi dalam sebuah komunitas yang produktif.

Antusiasme kalangan UMKM Sleman (Andromeda Noholo/Milesia.id)

Sleman Berdaya, sebagai komunitas pengusaha kecil di daerah Sleman membaca peluang ini. Setiap pekan di Selasa pagi, Sleman Berdaya mengadakan acara bertajuk Mentoring Bisnis Pekanan (MBP). Gratis, dan terbuka untuk umum.

Di ajang MBP, para relawan Sleman Berdaya menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi yang mumpuni, dan mampu untuk sharing materi kekinian dan dianggap sedang hangat bagi para pelaku usaha kecil.

Andi Warsito, Koordinator Sleman Berdaya menyatakan, animo para UMKM Sleman merespons acara pekanan ini sangat baik. Terlihat dari jumlah peserta yang hadir, rata-rata 30 orang tiap pekannya.

Dedi Sugiarto – kiri (Andromeda Noholo/Milesia.id)

Selasa pagi (14/8) kemarin, misalnya, acara MBP diisi dengan materi “Optimasi Strategi Jualan Online di Bukalapak”. Materi dibawakan oleh Dedi Sugiarto, yang merupakan anggota aktif dari Komunitas Bukalapak Jogkakarta.

Dedi mengaku sudah 10 tahun menggeluti bisnis online. “Tanpa komunitas, saya tidak akan bisa sampai pada titik pencapaian seperti sekarang ini,” tutur Dedi. Pengalamannya itulah yang memotivasi Dedi dengan tulus dan semangat membagikan ilmu bisnis online-nya kepada komunitas-komunitas lain.

Sekarang, semua brand besar memanfaatkan kekuatan komunitas untuk efektifitas pemasaran, dan pengembangan penjualan. Benefit yang dirasakan langsung oleh anggota komunitas ialah kemudahan mendapatkan informasi up to date. Dalam komunitas, informasi lah yang mencari para anggota, dan bukan sebaliknya, anggota yang harus mencari informasi.

Benefit kedua, semakin luasnya jejaring anggota komunitas. Hal ini mempermudah para pebisnis kecil dalam menemukan konsumen maupun mitra usaha. Semua itu sejalan dengan sasaran yang diemban oleh Sleman Berdaya dalam memajukan UMKM Sleman. Bertemu, bertumbuh, berbagi!

(Andromeda Noholo/ Milesia.id)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close