Milesiana

Geliat Jamaah Al Firdaus Mendulang Berkah Ramadhan

Selasa (22/5) lalu,  mendung menggelayut tak menghalangi kerumunan jamaah yang antusias masuk ke pintu masjid Al Firdaus (AF). Mereka mulai dari anak-anak, remaja, hingga kakek nenek.

Gedung AF yang megah dan berarsitektur modern menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah untuk beribadah sembari melepas penat. Masjid AF yang terletak di Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul ini, berdiri di atas lahan 550 meter persegi. Kawasan yang masih asri dengan akses menuju lokasi yang mudah.

Dihari-hari biasa, jamaah yang berkunjung diperbolehkan  menyeduh kopi, teh atau sekedar air putih yang disediakan untuk umum. AF mencoba mengimplementasikan “rahmatan lil ‘alamin” termasuk dalam hal-hal sederhana : menyambut tamu dengan keramahan ekstra.

Ada banyak sosok yang memiliki andil dalam eksistensi Masjid AF.

Satu di antaranya Hj Erti Chozin juga dikenal sebagai owner Musafira Hotel, Yogyakarya.

MILESIA.ID/ANNY WIDI ASTUTI – Ustaz H M Solihuddin SQ MA Alhafizh Pendiri sekaligus pengasuh Ma’had Tahfidz Darul Firdaus.

Ditemui Milesia.id, perempuan dengan senyum teduh dan berwibawa itu berbagi kisah ihwal sejarah pembangunan dan ikhtiar memakmurkan AF. “Dinamai Al Firdhaus, mengacu pada salah satu nama surga Allah SWT. Harapannya, jamaahnya kelak dapat menjadi penghuni surga Al-Firdaus,” terang Erti.

Bagaimana sejarah pembangunannya? “Dimulai awal 2007 setelah gempa besar melanda Yogyakarta, termasuk Bantul pada tahun 2006. Dengan perjalanan yang panjang dan penuh perjuangan sampai akhirmya terlihat seperti sekarang ini. Masjid menjadi seperti sekarang dan siap untuk menerima kedatangan jamaah tamu Allah dengan daya tampung lebih dari 500 jamaah ,” papar Erti semringah.

Menu bukber. Milesia.id/ANNY WIDI ASTUTI

“Dari awal berdirinya, sudah banyak kegiatan yang rutin dilaksanakan. Tiap minggu pagi ada MDA (Majlis Duha Al Firdaus), kajian dakwah rutin. Juga ada tahfidz quran yang sudah meluluskan 3 generasi pencetak tahfidz. Kelas penghafal Al Quran ini dibuka untuk umum dan gratis selama pendidikan,”imbuh Erti.

Terkait kelas penghafal Al Quran merupakan program Ma’had yang bekerjasama dengan Masjid Al-Firdaus.

Menjelang Ramadhan 2018, diadakan bakti sosial pembagian 400 paket sembako dan santunan anak yatim 150 paket.

Ramadhan kali ini, sederet rangkaian acara diadakan secara marathon. Dari buka bersama dengan menyediakan 600 porsi, tarawih bersama, kultum subuh dan  ittikaf.

Iktikaf di masjid 10 malam terakhir Ramadhan dengan disediakan menu sahur gratis sebanyak 250 porsi.

Selain Hj Erti, kemegahan dan kemakmuran masjid AF menjadi seperti sekarang ini juga tak lepas dari peran sosok ustaz muda jebolan Ponpes Tebuireng Jombang yaitu H M Solihuddin SQ MA Alhafizh, yang sedari awal berdirinya masjid mendampingi babat alas pembangunan masjid AF.

Ditemui terpisah, Ustaz Solih menyampaikan kepada Milesia.id bahwa perjuangannya selaku Dewan Pengawas Yayasan Al-Firdaus didukung kerjasama yang harmonis dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) serta peranan majlis taklim ” Khoirunisa” juga “Muslimah Al-Firdaus” sehingga terwujud AF layaknya sekarang, menjadi sebuah masjid yang patut dibanggakan dengan berbagai kegiatan positif di dalamnya, demi kemajuan dan kemakmuran jamaahnya.

Ustaz Solih tercatat juga sebagai Dewan Pembina DKM Masjid Al-Firdaus.

Tidak kurang dari 550 jamaah setiap sore berbondong-bondong mendatangi kajian menjelang buka puasa. Sambil ngabuburit mereka mendapatkan ilmu agama yang bermanfaat disamping mengeratkan ukhuwah islamiyah sesama jamaah AF.

Hj. Erti Chozin dan senyum relawan pengelola. Milesia.id/ANNY WIDI ASTUTI

Ustaz yang  berganti setiap hari baik saat subuh maupun tarawih, membuat jamaah ingin selalu hadir untuk menambah ilmu. Jamaah berasal dari wilayah sekitar Ngoto, Tarudan, Semail, bahkan luar wilayah Ngoto. Seperti saat milesia.id menemui salah satu jamaah, ibu Eka dari Pelemsewu yang  tampak semangat mengaji di AF sambil berbuka puasa bersama.

Panitia MDA – Al Firdaus (Milesia.id/ANNY WIDI ASTUTI)

Ramadhan memang penuh berkah. Dilipatgandakan pahala yang didapat dari semua amal sholeh dalam bentuk apapun,termasuk dari para donatur yang dengan ringan tangan menshodaqohkan sebagian hartanya untuk menjamu para jamaah yang berbuka di sini. Indahnya  berbagi. (Milesia.id/ Penulis: Anny Widi Astuti/ Editor: Prio Penangsang)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close