Mileshistory
Trending

Jejak sang Legendaris Ki Nartosabdo Dalang Terbaik dan Tak Tergantikan

Siapa Sangka Masa Kecilnya seperti Ini

MILESIA.ID, KLATEN – Ki Nartosabdo disebut sebagai dalang terbaik dan tak tergantikan, hal tersebut bahkan diakui oleh dalang-dalang yang populer setelah eranya.

Satu di antaranya Ki Manteb Soedharsono yang sering menghiasi layar kaca sebagai dalang wayang kulit yang memiliki banyak penggemar.

Siapa sangka masa kecil Ki Nartosabdo tak seperti yang dibayangkan.

Ia bukanlah anak orang berada, ia mengawali dengan coba-coba dengan peralatan seadanya milik tetangga.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Rumah Suparlan rumah tempat Sunarto (Ki Nartosabdo kecil) bermain wayang-wayangan.

Hingga akhirnya siapa tak kenal Ki Nartosabdo, terutama bagi penggemar seni tradisional wayang kulit.

Berikut jejak kisah sang maestro dalang Indonesia penelusuran Milesia.id.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Patung sang dalang legendaris di Taman Nartosabdo.

Wedi, Klaten, Jawa Tengah asal kelahiran Sunarto, adalah tempat Nartosabdo muda mengasah bakat seninya sebelum ia menjadi sang maestro dalang Indonesia.

Milesia.id kemudian menjajaki tempat kecil sang dalang yang dijuluki oleh Sekretariat Pewayangan Indonesia sebagai seniman dengan bakat Tri Karsa Budhaya, julukan yang bermakna seniman yang mampu Menggali, Mengembangkan, dan Melestarikan kebudayaan.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Taman Nartosabdo, Anda dapat kunjungi taman ini di Wedi, Klaten, Jawa Tengah.

Di Kampung Bendan, Kalitengah, Wedi, Klaten, Sunarto kecil menghabiskan hari bermainnya di rumah Suparlan.

Di rumah Mitro Sukarno (nama tua Suparlan) yang sekarang kosong itu, Sunarto sering mempertontonkan kepiawaiannya dalam olah seni di hadapan teman-temannya, Nartosabdo kecil sangat hebat bila disuruh bermain kendang.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Patung Ki Nartosabdo di Taman Ki Nartosabdo.

Pekerjaan Partinojo, ayah Sunarto adalah perajin sarung keris, sehingga kehidupan Nartosabdo kecil boleh di kata jauh dari cukup. Namun itu tidak menghalangi Sunarto untuk tetap mengasah bakatnya sebagai seniman.

Di rumah temannya,Suparlan, tersedia wayang yang terbuat kardus dan kelir sederhana serta gamelan terbuat dari tembaga yang kualitas suaranya tak sebagus gamelan yang terbuat dari kuningan.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Suasana sekitar Taman Ki Nartosabdo.

Dengan segala kesederhanaan Sunarto mengasah bakat seni dengan di iringi oleh niyaga dari kawannya sendiri, Sumarmi, Sunarti, Hadi Gino, Mitro Suparlan, Mitro Suwarno, dan Wignyo Nartoyo.

Kelak bakat menabuh kendang Sunarto semakin terasah setelah Sunarto bertemu dengan Ki Sastrosabdo pendiri Ngesti Pandowo.

Lewat ki Sastrosabdo inilah, bakat mendalang Sunarto diasah, sejak itu antara Ki Sastrosabdo dan Sunarto ibarat curiga manjing warangka (keris masuk sarungnya), warangka manjing curiga (sarung keris masuk kerisnya), yang bermakna keduanya adalah satu kesatuan.

MILESIA.ID/ARIS BUDI PRASETYO – Patung Ki Nartosabdo secara utuh, lokasinya 6 kilometer dari Taman Ki Nartosabdo.

Oleh Ki Sastrosabdo, Sunarto dianugerahi nama belakang dengan “sabdo”, sehingga semenjak itu Sunarto berganti nama menjadi “Nartosabdo”.

Nartosabdo dikenal sebagai dalang yang dermawan, sehingga ketika Nartosabdo wafat ia tidak banyak meninggalkan kekayaan.

Setiap kali Nartosabdo pentas dan mendapat honor tambahan, honor tersebut dibagi rata bagi pengrawit, swarawati.

Kampung tempat Nartosabdo kecil menghabiskan hari, kini didirikan Taman Nartosabdo, namun sayang, lokasi ditempat seniman muda ditempa itu, tidak dikemas sebagai lokasi yang dipergunakan untuk meneruskan etos Sunarto dengan segala kesederhanaannya namun mampu mendorong bakatnya menjadi seniman besar.

Taman Nartosabdo hanya sebagai tempat nongkrong dan berwisata kuliner. Enam kilometer dari Taman Nartosabdo, berdiri tegap Patung sang maestro dalang yang menatap kearah kampung di mana dulu ia dibesarkan.

Tatapan yang mengandung harapan pada kelahiran seniman-seniman muda baru yang memiliki bakat Tri Karsa Budhaya. (Milesia.id/Aris Budi Prasetyo)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close