Life StyleMilespop
Trending

Wawancara Eksklusif! Pria Surabaya yang Sukses Bikin ‘Melongo’ Sutradara Avengers: Infinity War

MILESIA.ID – Sobat milenial, sudah nonton trailer Avengers Infinity War? Keren bukan.

Film yang bakal nongol secara serentak di bioskop pada Rabu 25 April 2018 ini bikin banyak orang tak sabar.

Bahkan tiket presale yakni tiket yang dijual agar bisa menonton film ini paling awal ludes dijual dalam kurun waktu enam jam.

Angka penjualan tersebut merupakan rekor terbaru yang sebelumnya telah dipegang pada film Batman v Superman: Dawn of Justice.

Tak salah hanya menonton trailernya saja rasa ngeri sekaligus takjub muncul berbarengan, seolah tak sabar untuk nonton film ini di bioskop untuk merasakan sensasi ketegangan serta kehebohan para superhero.

Apalagi di Infinity War mempertemukan pahlawan-pahlawan Marvel berbagai franchise mulai dari Captain America, Spiderman, Ironman, Thor, Hulk, Guardians of The Galaxy, Dr Strange hingga Black Panther yang bakal melawan sosok hebat Thanos dan bala-balanya.

Di balik menterengnya film ini ada satu hal dari Indonesia yang bikin bangga.

Seorang pria asal Surabaya bahkan dikontak langsung oleh Disney Indonesia untuk membuat souvenir khusus yang berciri khas Indonesia bagi para pemain Avengers: Infinity War.

IST/DOK PRIBADI IS YUNIARTO – Is Yuniarto saat menyerahkan wayang karyanya. Ia berkreasi wayang untuk Avengers: Infinity War. Tampak ia berdampingan dengan surtradara Joe Russo dan dua pemeran Dr Strange serta Nebula.

Seperti diketahui Marvel Studio dibeli Walt Disney pada 2009 sehingga semua superhero ciptaan Marvel menjadi bagian tak terpisahkan dengan Disney.

Apalagi pada 14 Desember 2017 lalu Walt Disney bahkan telah mengakuisisi studio film dan televisi 21st Century Fox sehingga beberapa superhero lainnya seperti X-Men dan Fantastic Four bisa bergabung dengan superhero-superhero lain seperti The Avengers dalam sebuah film untuk ke depannya.

Kembali ke Avengers: Infinity War, pria yang bikin bangga Indonesia adalah Is Yuniarto seorang comic artist.

Milesia.id berkesempatan untuk wawancara langsung via telepon, Jumat (20/4/2018).

Is didaulat untuk turut memeriahkan 10 tahun Marvel di Singapura.

Ia membuat sosok Ironman, Dr Strange dan Nebula dalam bentuk kreatif wayang khas Indonesia.

Is bahkan bikin melongo alias takjub para pemain Avengers: Infinity War seperti Benedict Cumberbatch pemain Dr Strange, Karen Gillan pemeran Nebula hingga sang sutradara Joe Russo yang menerima langsung wayang bikinan Is.

“Mereka bilang wow dan akan memajang di rumah mereka,” kata Is.

Is pun mengaku bersyukur dengan hal ini, peristiwa ini merupakan hal yang luar biasa baginya bisa diberi kesempatan untuk bertemu dan memberi karya pada aktor dan sutradara Hollywood.

Karya Is memang istimewa, ia membuat karakter Ironman, Dr Strange, Nebula bahkan superhero-superhero gabungan di Avengers: Infinity War dalam karakter wayang tradisional khas Indonesia.

Sosok Ironman misalnya ia membuat baju besi dalam bentuk karakter wayang identik dengan ukiran khas ditambah gelang-gelang tokoh pewayangan.

Meski dalam bentuk wayang orang langsung tahu kalau itu sosok Ironman.

IST/DOK PRIBADI IS YUNIARTO – Wayang Ironman buatan Is Yuniarto yang bikin takjub sutradara dan oemain Avengers: Infinity War.

Demikian dengan Dr Strange dalam bentuk wayang, Is memadukan warna dan ukiran menawan dalam wayang tersebut.

Jubah khas warna merah dan biru ia buat dengan ukiran yang menawan bahkan salah satu kemampuan menciptakan dinding energi untuk menahan serangan yakni lingkaran pada tangan juga dibuat dalam bentuk lingkaran berukir khas wayang kulit.

Sementara pada souvenir wayang kumpulan pemain Avengers dengan musuh utama Thanos, sosok Thanos ia gambarkan seperti sosok-sosok wayang raksasa (buto), lengkap dengan batu berkekuatan khusus di tangannya.

Karya Is ini bikin bangga Indonesia lantaran sutradara dan pemain film kelas dunia jadi mengingat Indonesia melalui karya Is dengan wayang kulit tradisi dalam negeri.

Is diundang ke Singapura untuk bertemu langsung sutradara dan pemain Avengers sekaligus penyerahan cinderamata tersebut pada Senin (16/4/2018) lalu.

BERAWAL DARI GARUDAYANA

Trus bagaimana is bisa sampai di sini? Bisa bertemu dengan sutradara dan pemain film beken, mendapat undangan khusus dari Disney di Singapura?

Is Yuniarto lalu bercerita secara khusus pada Milesia.id.

Is memulai kiprahnya sejak lama tapi awal karya di wayang yakni saat tahun 2009 ia menciptakan Garudayana.

Garudayana adalah komik wayang menggabungkan cerita klasik pewayangan yang kemudian ia diubah dengan model gambar kekinian ala manga komik Jepang.

“Garudayana adalah sebuah penggabungan kombinasi atau fusion antara cerita klasik pewayangan dengan bentuk yang modern,” jelasnya.

Komik Garudayana ini merupakan komik serial sudah rilis dan masih bersambung hingga sekarang.

Komik digitaGarudayana bisa dibaca gratis melalui Ciayo.com klik di sini.

IST – Webtoon Garudayana yang bisa diakses gratis secara digital.

Nah dari komik tersebut ia kemudian bereksperimen, kalau Garudayana cerita pewayangan yang dibikin modern, bagaimana kalau dibalik cerita dan tokohnya modern tapi bentuknya klasik, yakni membuat bentuk wayang sesuai ciri khas wayang Indonesia tapi karakter tokohnya modern.

Is sudah sejak 3 tahun melakukan ekperimen, ia mulai tokoh Darth Vader yang ia buat dalam bentuk wayang kulit.

Lalu ia membuat tokoh-tokoh Justice League hingga Black Panther.

Beberapa karakter wayang yang ia buat seperti Superman, Batman, Tchalla, Wonder Woman, Flash, Aquaman, Captain America dan masih banyak karekater-karakter lainnya.

Karya-karya Is bisa dilihat di akun Instagram miliknya @is.yuniarto.

Dari karya-karyanya yang bikin takjub dan jadi viral setelah ia posting di akun Instagram miliknya, Disney kemudian mengontak Is.

Disney lalu menyatakan keinginannya untuk berkolaborasi dengan Is yakni melalui promo Avengers: Infinity War.

Wayang bikinan Is akan menjadi cinderamata untuk aktor dan sutradara di acara 10 tahun Marvel di Singapura.

KOMIK, ACTION FIGURE HINGGA KAUS

Selain keberhasilannya bikin bangga Indonesia, kiprah Is cukup mengejutkan.

Is Yuniarto menjelaskan panjang lebar kesibukannya pada Milesia.id.

Produk atau karya yang ia hasilkan kini bervariasi, mulai dari menciptakan komik, action figure hingga cetak kaus.

Beberapa ia jual secara langsung beberapa merchandise dari komik digital Garudayana.

Bahkan pihak game Mobile Legend, game populer di Indonesia membeli hak lisensi karakter Gatotkaca menjadi salah satu hero di game tersebut.

Karakter Gatotkaca banyak macamnya dan Mobil Legend membeli hak lisensi versi karya Is Yuniaro.

Kini kalau main Mobile Legend bisa menggunakan karakter Gatotkaca.

Karakter tersebut tak hanya dibuat kaus bahkan dibuat juga action figure-nya.

Lalu soal komik buatannya, Is memilih untuk melakukan hal baru yakni dengan tidak mencetak komik secara konvensional dengan kertas lalu dijual di toko-toko.

“Bentuk industri komik secara umum sudah berbeda dari 10 tahun lalu komik dibuat dalam bentuk buku kemudian orang beli ke toko buku. Nah kendalanya adalah susah nyari komik yang dituju, jumlahnya ribuan sering sulit untuk ketemu buku yang yang dimaksud,” imbuhnya.

Kini berbeda, sudah era digital, gunakan webtoon bacanya cukup scroll dan full color.

Mencarinya pun sangat mudah cukup ketik judulnya atau naa karakternya ketemu.

Lah kan bacanya gratis, dapat uangnya dari mana?

Menjawab hal ini Is lalu menunjukkan contoh kalau komik digital yang ia kreasikan tak beda dengan Google, Facebook atau YouTube dalam mencari uang.

Yakni dari iklan, sponsor khusus, dari hak lisensi untuk action figure atau bahkan mungkin karakternya untuk desain di bungkus snack.

Is menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk berkarya dan menunjukkan taringnya.

Merintis itu butuh kerja keras, ketekunan dan kesabaran jangan khawatir soal hasil, kalau sesuatu yang dibuat memiliki nilai hasilnya akan didapat kemudian bahkan membuat bangga bangsa. Terima kasih Is Yuniarto (Milesia.id/Rimawan Prasetiyo)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close