MilestravelTravel
Trending

Alasan Sepele Inilah yang Bikin Pasar Beringharjo Jogja Buka Sampai Malam

MILESIA.ID, YOGYAKARTA – Sobat Milenial sudah tahu ada yang berbeda dengan ‘wajah’ Kota Yogyakarta?

Ya, ada yang berbeda.

Biasanya Pasar Beringharjo sebuah pasar yang jadi salah satu aikon populer Kota Gudeg saat sore hari sudah menunjukkan tanda-tanda usai beraktivitas, tapi kali ini berbeda.

Hari beranjak petang, saat lampu-lampu di sudut Jalan Pabringan mulai menyala justru tak seperti biasa, pintu gerbang utama di sisi Barat Pasar Beringharjo yang biasanya sudah ditutup kini masih terbuka.

Pengunjung masih nampak riuh memadati selasar utama.

Deretan toko yang biasanya tutup sejak pukul 17:00 WIB, belum menandakan tanda-tanda berkemas.

Pasar Beringharjo masih menggeliat bahkan terus terjadi aktivitas jual beli.

Ya, sejak Rabu petang 11 April 2018 lalu launching uji coba Pasar Beringharjo beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Apa alasannya hingga Pasar Beringharjo buka sampai malam?

Ternyata alasannya sepele.

“Pembukaan Pasar Beringharjo sampai malam ini karena desakan wisatawan yang sering kecele,” ujar Wakil Wali Kota Yogya Heroe Poerwadi pada sejumlah awak media di sela launching pengoperasian jadwal baru Pasar Beringharjo.

Milesia.id juga hadir dalam acara tersebut.

Heroe menambahkan, wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta siang hari biasanya sambangi obyek wisata dan malam hari baru mulai belanja di Malioboro.

Hal ini menjadi satu alasan kenapa Pasar Beringharjo beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Pembukaan jam operasional baru di Pasar Beringharjo sampai malam hari masih diujicoba yakni di sisi atrium bagian barat.

Di area ini terdapat 1.535 pedagang.

Informasi yang didapatkan Milesia.id jumlah pedagang yang buka hingga malam di hari pertama launching Rabu (11/4/2018) ada sejumlah 914 pedagang atau sekitar 60 persen dari keseluruhan jumlah pedagang.

MILESIA.ID/KELIK NOVIDWYANTO – Kepadatan pengunjung setelah Pasar Beringharjo beroperasi hingga malam hari.

Heroe Poerwadi menggarisbawahi kalau program jadwal tambahan Pasar Beringharjo yakni buka sampai malam ini sifatnya masih ujicoba.

Menurutnya pemerintah masih akan mengevaluasi, apakah program ini menguntungkan warga Yogya, para pedagang juga wisatawan.

Grafik jumlah pengunjung Pasar Beringharjo pasca-berlakunya penambahan jam opersional akan dijadikan dasar pembuatan kebijakan pemerintah ke depan.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Drs Maryustion Tonang MM di kesempatan yang sama mengatakan pemantauan jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Beringharjo saat malam hari dilakukan di semua pintu masuk yang dibuka.

Disperindag Kota Yogyakarta membuka tiga pintu masuk yaitu di gerbang utama sisi Barat, sisi Timur dan sisi Selatan.

Maryustion berharap, melalui pemantauan jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Beringharjo saat malam hari akan diketahui fluktuasi jumlah pengunjung sehingga Dinas Perindustrian dan Perdagangan memperoleh gambaran untuk menentukan kebijakan yang akan diambil.

Selain jumlah pengunjung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga akan melakukan pemantauan terhadap jumlah pedagang yang buka saat Pasar Beringharjo beroperasi hingga malam hari.

“Fluktuasi jumlah pedagang yang buka juga menjadi bagian penting dari evaluasi yang akan kami lakukan. Pada dasarnya, evaluasi dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Melalui evaluasi tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta dapat menentukan langkah yang akan diambil, termasuk menetapkan pilihan terkait operasional pasar hingga malam hari.

“Bisa saja, pasar akan tetap buka sampai malam hari atau tetap buka dengan berbagai perbaikan,” kata Maryustion.

Pedagang sebenarnya memberikan masukan agar seluruh pintu masuk ke Beringharjo bagian barat bisa dibuka tapi Disperindag belum dapat mengabulkannya karena harus memperhatikan faktor keamanan dan keterbatasan petugas keamanan sehingga hanya tiga pintu saja yang dibuka.

Ia menyebut, pemerintah tidak memaksa pedagang untuk buka sampai malam hari tapi ajakan untuk buka sampai malam hari terus dilakukan untuk mendukung atraksi wisata malam di Yogyakarta.

“Dari pemantauan yang kami lakukan, banyak wisatawan yang merasa senang karena Pasar Beringharjo buka sampai malam. Wisatawan memiliki waktu yang lebih leluasa untuk mencari oleh-oleh,” imbuhnya.

Pasar Beringharjo Yogyakarta mulai melakukan uji coba buka hingga malam hari yaitu sampai pukul 21.00 WIB sejak Rabu (11/4/2018). Selama uji coba, pedagang tidak diminta menambah pembayaran retribusi.

“Saat status uji coba dicabut, maka pedagang akan dikenai tambahan retribusi karena kami pun harus menyediakan fasilitas pendukung seperti penerangan. Pencabutan uji coba akan sangat tergantung dari hasil evaluasi,” jelasnya.

Hasil evaluasi buka malam Pasar Beringharjo di sisi Barat ini akan menjadi bahan acuan untuk rencana penambahan jam operasional Pasar-Pasar di Kota Yogyakarta lainnya. (Milesia.id/ Penulis: Kelik Novidwyanto/ Editor: Rimawan Prasetiyo)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close